Korelasi antara Self-Regulated Learning dengan Kemampuan Pemahaman Matematis Mahasiswa

Authors

  • Angra Meta Ruswana Universitas Galuh
  • Lala Nailah Zamnah Universitas Galuh

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i3.520

Keywords:

kemampuan pemahaman matematis, self-regulated learning, korelasi, Mathematical Understanding Ability, correlation

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan pemahaman matematis mahasiswa yang masih belum maksimal dan juga mahasiswa belum bisa mengatur diri dalam belajar terutama ketika menghadapi tugas sehingga berpengaruh terhadap self-regulated learning mahasiswa. Tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah untuk menelaah dan mendeskripsikan korelasi antara self-regulated learning dengan kemampuan pemahaman matematis mahasiswa. Penelitian dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Galuh pada mahasiswa tingkat I Tahun Akademik 2017/2018. Data hasil penelitian diperoleh dari instrumen tes kemampuan pemahaman matematis dan angket skala self-regulated learning. Analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi dengan menggunakan korelasi product moment. Berdasarkan hasil penelitian, pengolahan data, analisis data dan pengujian hipotesis diperoleh kesimpulan bahwa terdapat korelasi antara self-regulated learning dengan kemampuan pemahaman matematis mahasiswa.   This research was conducted based on the consideration of low mathematical understanding ability and their awareness in accomplishing their assignments. These obstacles influence their self-regulated learning. This study aimed to investigate and to describe the correlation between self-regulated learning with mathematical understanding ability. This study was conducted in the mathematics education program at Galuh University. The population is the first year of students in the academic year 2017/2018. The data was obtained from tests and questionnaires dealing with self-regulated learning. The research design was used in correlation with the Pearson’s product moment analysis. The result showed that there is a positive correlation between self-regulated and mathematical understanding ability. 

References

Al-Syiam, E dan Sundayana, R. (2014). Perbandingan Kemampuan Pemahaman Matematika antara Siswa yang Mendapatkan Pembelajaran

Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Metakognitif. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 3. No. 1. 55-67.

Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Pusat Kurikulum Balitbang Depdiknas.

Gibbons, M. (2002). The Self-Directed Learning Handbook: Challenging Adolescent Student to Excel. San Francisco: John Wiley & Sons, Inc.

Luritawati, I. P. (2018). Pembelajaran Take and Give dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika. 7(2). 179-188.

Minani, A, et. Al. (2016). Mathematical Understanding and Representation Ability of Public Junior High School in North Sumatra. Journal on

Mathematics Education. Vol 7. No 1. 45-58.

Mukhid, A. (2008). Strategi Self-Regulated Learning. Jurnal Tadris, 3(2). 222-239.

Muna, D. N dan Afiansyah, E. A. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa melalui Pembelajaran Kooperatif Teknik

Kancing Gamerincing dan Number Head Together. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 5. No. 2. 169-177.

Pintrich, P.R & Groot, De. (1990). Motivational and Self-Regulated Learning Component of Classroom Academic Performance. Journal of Educational Psychology. 82 (1). 33-40.

Richard, B. R. (2007). Self-Directed Learning: A Process Perspective. International Journal of Self-Directed Learning, 4(1): 53-64.

Song, L & Hill, J. R. (2007). A Conceptual Model for Understanding Self-Directed Learning in Online Environments. Journal of Interactive Online Learning, 6(1): 27-42.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sumarmo, U. (2004a). Kemandirian Belajar, Apa, Mengapa dan Bagaimana Dikembangkan pada Peserta Didik. Laporan Penelitian UPI. Tidak

diterbitkan.

Sumarmo, U. (2010b). Pendidikan Karakter, Berpikir dan Disposisi Logis, Kritis, dan Kreatif dalam Pembelajaran Matematika. Makalah pada

perkuliahan Evaluasi Matematika 2011 SPS UPI: Tidak Diterbitkan.

Yamin, M. (2013). Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta: Referensi (GP Press Group).

Zimmerman, B. J dan Pons, M. M. (1990). Student Differences in Self-Regulated Learning: Relating Grade, Sex, and Giftedness to Self-Efficacy and Strategy Use. Journal of Educational Psychology, 82(1).51-59.

Downloads

Published

2018-09-30

How to Cite

Ruswana, A. M., & Zamnah, L. N. (2018). Korelasi antara Self-Regulated Learning dengan Kemampuan Pemahaman Matematis Mahasiswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 381–388. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i3.520

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.