Pengembangan Soal Statistika Model PISA untuk Melatih Kemampuan Literasi Statistika Siswa

Authors

  • Nielda Junika Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Nur Izzati Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Linda Rosmery Tambunan Universitas Maritim Raja Ali Haji

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i3.632

Keywords:

literasi statistika, pengembangan soal, PISA, soal statistika

Abstract

Pencapaian prestasi matematika siswa di Indonesia masih rendah, terlihat dari hasil studi PISA pada tahun 2015. Salah satu faktornya dikarenakan siswa kurang terlatih menyelesaikan soal berkarakteristik seperti soal PISA. Dibutuhkan suatu pengembangan soal yang mampu memberi ruang pada siswa untuk melatih kemampuan literasi matematis yang salah satunya yaitu kemampuan literasi statistika. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan soal statistika model PISA yang berkualitas untuk melatih kemampuan literasi statistika siswa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development dengan Model 4D (Four D). Subjek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas VIII (8) B SMP Negeri 1 Bintan tahun pelajaran 2018/2019. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu instrumen untuk mengukur kevalidan soal dan lembar hasil uji coba. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data hasil validasi soal dan hasil uji coba. Penelitian ini menghasilkan tujuh (7) butir soal yang berkualitas yaitu valid, reliabel, daya pembeda dan tingkat kesukaran yang baik. Soal ini mampu menarik minat, memotivasi dan memberikan stimulus kepada subjek uji coba untuk memunculkan kemampuan literasi statistika siswa.

References

Afriansyah, E. A. (2016). Enhancing Mathematical Problem Posing via Realistic Approach. International Seminar on Mathematics. Science, and Computer Science Education MSCEIS.

Arifin, Z. (2016). Evaluasi pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Bagiyono. (2017). Analisis Tingkat Kesukaran dan Daya Pembeda Sial Ujian Pelatihan Radiografi Tingkat 1. Widyanuklida, 16(1), 1–12.

Dewi, S. S. S., & Afriansyah, E. A. (2018). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Pembelajaran CTL. JIPMat, 3(2), 145-155.

Kemdikbud. (2016). Hasil survei PISA: peningkatan capaian indonesia termasuk empat besar.

Kemdikbud. (2017). Matematika SMP/MTS kelas VIII semester 2. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Lestariningsih, L., Nurhayati, E., & Cicinidia, C. (2020). Jenis Proses Berpikir Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Literasi Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 83-94.

Mulyatiningsih, E. (2014). Riset terapan bidang pendidikan & teknik. Yogyakarta: UNY Press.

Muzaki, A., & Masjudin, M. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 493-502.

NCTM. (2000). Principles and standars for scool matematics. United States of Amerika: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.

OECD. (2019). PISA 2018 results.

OECD. (2018). PISA 2015 draft mathematics framework.

Prabawati, M. N., Herman, T., & Turmudi, T. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Masalah dengan Strategi Heuristic untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 37-48.

Purnomo, S. (2016). Pengembangan Soal Matematika Model Pisa Konten Space And Shape Untuk Mengetahui Level Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Berdasarkan Analisis Model Rasch. Tesis Magister Thesis tersedia di Digital Ripository Universitas Jember.

Rafianti, I., & Setiani, Y. (2018). Profil kemampuan literasi kuantitatif calon guru matematika. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 11(1), 63-74.

Riduwan. (2015). Skala pengukuran variabel-variabel penelitian. Jawa Barat: Alfabeta.

Stacey, K. (2011). The PISA view of mathematical literacy in Indonesia. Journal on Mathematics Education (IndoMS-JME), 2(2), 95–126.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumintono, B., & Widhiarso, W. (n.d.). Aplikasi pemodelan rasch pada assessment pendidikan. Cimahi: Trim Komunikata.

Thirafi, G. (2017). Analisis tingkat literasi statistik pada siswa kelas IX MTs. Al-aziziyah Putra Gunung Sari tahun pelajaran 2016/2017. Artikel Skripsi tersedia di Docplayer Universitas Mataram.

Wardhani, S. & R. (2011). Instrumen penilaian hasil belajar matematika SMP: belajar dari PISA dan TIMSS. Yogyakarta: PPPPTK.

Downloads

Published

2020-09-30

How to Cite

Junika, N., Izzati, N., & Tambunan, L. R. (2020). Pengembangan Soal Statistika Model PISA untuk Melatih Kemampuan Literasi Statistika Siswa . Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 499–510. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i3.632

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.