Media Petualangan Aljabar Berbasis Permainan Edukasi untuk Siswa SMP
DOI:
https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i3.733Keywords:
Media, Permainan Edukasi, Petualangan Aljabar, Educational Games, Algebraic AdventureAbstract
Revolusi industri 4.0 di bidang pendidikan ditandai dengan dihasilkannya media pembelajaran digital. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran Petualangan Aljabar untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Bentuk Aljabar. Penelitian menggunakan model analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Petualanagn Aljabar adalah media permainan edukasi interaktif berbasis android dan windows. Petualangan Aljabar terdiri dari materi dan soal berbentuk permainan yang dikemas dalam 3 level kesulitan yaitu mudah, sedang, dan sulit. Materi Bentuk Aljabar meliputi unsur-unsur dan penyederhanaannya, operasi hitung dan soal cerita bentuk aljabar. Validitas media mencapai 90% kemudian diimplementasikan kepada 61 peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Ampel, Boyolali. Hasil yang diperoleh adalah media Petualangan Aljabar memenuhi aspek praktis 97% dan aspek efektif 88%. Berdasarkan LKPD yang dikerjakan diperoleh rata-rata pemahaman peserta didik adalah 84 dan mencapai KKM sebesar 84%. Hasil ini menunjukkan media Petualangan Aljabar dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Bentuk Aljabar.
The industrial revolution 4.0 in the field of education is marked by the production of digital learning media. This study aims to develop an Algebra Adventure learning media to improve student learning outcomes in the Algebraic Forms material. The research uses analysis, design, development, implementation, and evaluation models. Algebra Adventure is interactive educational game media based on android and windows. Algebra Adventure consists of material and questions in the form of games that are packaged in 3 levels of difficulty namely easy, medium, and difficult. Algebraic Form Material includes elements and their simplifications, arithmetic operations, and the algebraic form of the story. The media validity reached 90% and then it was implemented on 61 seventh-grade students of SMP Negeri 1 Ampel, Boyolali. The results obtained are that the Algebra Adventure media fulfills the practical aspect of 97% and the effective aspect of 88%. Based on the LKPD that was done, the average understanding of students was 84 and reached the KKM of 84%. These results indicate that Algebra Adventure media can be used to improve student learning outcomes on Algebraic Forms material.
References
Afifah, N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Algebra Operation Board untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Bentuk Aljabar Kelas VII MTs Negeri 1 Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019. Semarang: Universitas Islam Negeri Walisongo.
Andika, A. Y., & Oki, A. (2018). Permainan Peta Harta Karun Zonira sebagai Media Pembelajaran Aljabar Kelas VIII SMP. Yogyakarta: Universitas BSI.
Anitah, S. (2012). Media Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka.
Dewi, A., & Novisita, R. (2018). Pengembangan Alper Aljabar untuk Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Salatiga. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana. Jurnal MAJU, 5(1), 147-157.
Hanafi. (2017). Konsep Penelitian R&D Dalam Bidang Pendidikan. Banten: UIN Sultan Maulana Hasanuddin.
Hidayah, I. N., & Fathimatuzzahra. (2019). Development of Math Comic Learning Media on The Subject of Algebra Expressions for Seventh Grade of Junior High School Students. Malang: Universitas Negeri. Journal of Physics, 1-7.
Huan, A. Y., dkk. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle pada Materi Operasi Aljabar. Kediri: Universitas Nusantara PGRI Kediri. Journal of Science and Education (JSE), 1(1), 8-14.
Karsidi, Ravik. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Kemendikbud. (2020). Pusat Penilaian Pendidikan. Jakarta: Kemendikbud.
Muklis, dkk. (2019). Matematika SMP/MTS Kelas VII Semester 1. Yogyakarta: Penerbit Intan Pariwara.
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. United States of America: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.
Pambudi, E. Y., & Yunianta, T. N. H. (2020). Pengembangan Media Bus Race Algebra Pada Materi Bentuk Aljabar Untuk Siswa Kelas VII SMP. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1) 8-22.
Pratama, R. A. (2017). GAMBAR (Game Aljabar) In Learning Algebra. Balikpapan: Universitas Balikpapan.
Ramdani, I. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistic Indonesia (PMRI) Untuk Memfasilitasi Pencapaian Liteasi Matematika Siswa Kelas VII. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Rosyid, A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berupa Mobile Game Ninja Aljabar Berbasis Edutainment Kelas VIII SMP. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan.
Rozak, A. (2020). Pengembangan Game Up Down pada Materi Aljabar SMP. Malang: IKIP Budi Utomo.
Saputro, T. A., dkk. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Construct 2 Pada Materi Aljabar Kelas VII. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana. Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika, 2(1), 1-8.
Sari, H. M., & Afriansyah, E. A. (2020). Analisis Miskonsepsi Siswa SMP pada Materi Operasi Hitung Bentuk Aljabar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 439-450.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan (Research and Development). Bandung: Penerbit Alfabeta.
Utami, D. W., & Mampouw, H. L. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Al-Smart Untuk Materi Operasi Pada Bentuk Aljabar. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana. Seminar UMP 421-427.
Wahyono, J., & Yunianta, T. N. H. (2018). Pengembangan Aplikasi Mobile Learning untuk Pembelajaran Matematika Materi Operasi Aljabar Siswa SMP. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.
Yusri, A. Y. (2017). Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah pada Peserta Didik Kelas VIII SMP DDI Sibatua Pangkajene. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 407-418.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.