Mathematics Pre-Service Teachers’ Understanding on Oughtred and His Inventions

Authors

  • Muchamad Subali Noto Universitas Swadaya Gunung Jati
  • Anisyah Pratiwi Putri Universitas Negeri Padang
  • Yulyanti Harisman Universitas Negeri Padang
  • Lukman Harun Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v12i2.776

Keywords:

Matematika, Oughtred, Penemuan, Sejarah, Slide Rule, History, Invention, Mathematics, Slides Rules

Abstract

Penemuan William Oughtred berupa alat peraga yang disebut slide rule membuat matematika terus berkembang. Slide rule membantu para ilmuwan dan teknisi dalam melakukan perhitungan matematika kompleks, serta membuka jalan perkembangan teknologi baru.  Tujuan penelitian untuk memotivasi, memberikan informasi, dan mengetahui pengetahuan mahasiswa calon guru mengenai matematikawan Oughtred dan penemuannya. Penelitian berjenis kualitatif dengan metode literature review dan studi kasus. Literatur review didapatkan dari beberapa jurnal yang berhubungan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menelaah, menganalisis, dan mengelompokkan sehingga diperoleh kesimpulan. Studi kasus didapat dari wawancara terhadap subjek penelitian, yaitu 10 mahasiswa prodi pendidikan matematika. Instrumen berbentuk wawancara terbuka. Setiap mahasiswa diberikan pertanyaan mengenai pengetahuan tentang William Oughtred dan penemuannya. Analisis data dilakukan dengan meta analisis dan analisis tematik. Hasil penelitian menunjukan terdapat tiga kategori respon mahasiswa pendidikan matematika terhadap topik wawancara. Kategori tersebut yaitu Know History Oughtred, Forget History Oughtred, dan Indifferent to History Oughtred.

William Oughtred's invention in the form of a teaching aid called the slide rule made mathematics continue to develop. Slide rules help scientists and technicians perform complex mathematical calculations and pave the way for new technological developments. The research aims to motivate, provide information, and find out the knowledge of prospective teacher students about the mathematician Oughtred and his findings. Qualitative research used literature review and case study methods. Literature reviews were obtained from several related journals. Data collection techniques are carried out by examining, analyzing, and grouping conclusions obtained. Case studies were obtained from interviews with research subjects, namely 10 students in a mathematics education study program. The instrument is in the form of an open interview. Each student is given questions regarding knowledge about William Oughtred and his discoveries. Data analysis was performed by meta-analysis and thematic analysis. The results showed that there were three categories of mathematics education students' responses to the interview topic. These categories are Know History Oughtred, Forget History Oughtred, and Indifferent to History Oughtred.

References

Afrianti, T., Wurdijinem, & Kustianti, S. (2018). Kemampuan Siswa dalam Memahami Bahan Ajar Sejarah Kemampuan Siswa dalam Memahami Bahan Ajar Sejarah. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 8–18.

Amboro, K. (2020). Sejarah Publik dan Pendidikan Sejarah Bagi Masyarakat. Jurnal Historis: Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(1), 29–40.

Amirullah. (2017). Pentingnya Sejarah dalam Pembinaan Karakter Bangsa dan Pembangunan Nasional. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Himpunan Ilmu-Ilmu Sosial, 141–148.

Arieana, Y. (2018). Kesadaran Pembelajaran Sejarah Bagi Generasi Millenial. 1, 70–71.

Arisandi, S. (2019). Deskripsi Kesulitan Siswa dalam Memecahkan Masalah pada Materi Operasi Hitung Perkalian. 51.

Asmara, Y. (2019). Pembelajaran Sejarah Menjadi Bermakna dengan Pendekatan Kontektual. Kaganga:Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial-Humaniora, 2(2), 105–120.

Bellis, M. (2014). Sejarah Aturan Slide.

Ben. (2014). Sejarah Perkembangan Alat Hitung.

Darsono. (2019). Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Mata Pelajaran Sejarah dengan Metode InquiryDarsono. (2019). Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Mata Pelajaran Sejarah dengan Metode Inquiry. 209–224. 209–224.

Dirgantoro, K. P. S. (2017). the Use of Graphic Calculator in Mathematics Learning : Is It Still. 106–117.

Efendi, A., Fatimah, C., Parinata, D., & Ulfa, M. (2021). Pemahaman Gen Z Terhadap Sejarah Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 9(2), 116–126.

Fadhturrahman, F., Purnama, I. M., & ... (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik kelas X dalam Materi Trigonometri. Matematika, 2021, 283–292.

Firdaus, & Rizki, D. (2021). Pentingnya Sejarah bagi Generasi Muda. Osf Preprints.

Fuentes, M. M. M. (2017). Pengaruh Media Blok Dienes pada Penjumlahan Mata Pelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Siwa Kelas I Sd Negeri Barrang Lompo Kecematan Kepulauan Sangkarrang. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar: Universitas Muhammadiyah Makassar.

Hardjasaputra, A. S. (2015). Sejarah Dan Pembangunan Bangsa. Jurnal Artefak, Vol 3(1), 1–4.

Hartati, E. (2018). Pembelajaran Sejarah Indonesia Berbasis Peristiwa-Peristiwa Lokal Di Kalimantan Tengah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 9(1), 39–50.

https://doi.org/10.37304/jikt.v9i1.5

Hermanto, R. (2016). Peningkatan Berpikir Kritis pada Mata Pelajaran Sejarah Melalui Pendekatan Pembelajaran Konstruktivistik. Jurnal Pendidikan Sejarah, 5(1), 1.

https://doi.org/10.21009/jps.051.01

Keguruan, F., Ilmu, D. A. N., Studi, P., Matematika, P., & Sriwijaya, U. (2018). Matematika Abad 17.

Lempas, F. R., Sugiarso, B. A., Elektro, T., Sam, U., & Manado, R. (2019). Rancang Bangun Game Action 3D Pengenalan Sejarah Perang Tombulu Melawan Spanyol. Jurnal Teknik Informatika, 14(4), 435–446.

Mirhan. (2014). Pentingnya Rekonstruksi Sejarah. Adabiyah, XIV(1), 96–103.

Mustashrikha, S. Al, & Arisandy, D. (2018). Simbol-simbol dalam Matematika.

Nofindra, R. (2019). Ingatan, Lupa, dan Transfer dalam Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Rokania, 4(1), 5–10.

Nurul Umamah, Sumardi, E. S. W. (2017). Pengembangan Cerita Sejarah Gayatri Sri Rajapatni Perempuan Pembangun Imperium Majapahit pada mMata Pelajaran SMA. Journal Pendidikan Dan Humaniora.

Oughtred, W., Napier, J., Gunter, E., Museum, M. T., Kalkulator, H. P., Gunter, E., Oughtred, W., Oughtred, W., Oughtred, W., Coggeshall, H., & Roget, P. M. (1859). Sejarah Peraturan Slide Logaritma William Oughtred Kemudian Aturan Slide.

Padmanabhan, T., Padmanabhan, V., Padmanabhan, T., & Padmanabhan, V. (2019). The Indo-Arabic Numerals. The Dawn of Science: Glimpses from History for the Curious Mind, 69-78.

Rulianto, R. (2019). Pendidikan Sejarah Sebagai Penguat Pendidikan Karakter. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 4(2), 127–134. https://doi.org/10.23887/jiis.v4i2.16527

Saputro, R. A. (2022). Memperkuat Identitas Nasional Melalui Pembelajaran Sejarah Pada Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional …, November, 37–45.

Septiyaningsih, I. . (2016). Pengaruh Pemanfaatan Penugasan Berbasis Proyek Tentang Sejarah Kota Lama. Indonesian Journal of History Education, 4(1), 17–24.

Susilawati, W. (2017). Sejarah & filsafat matematika.

Susilo, A. (2021). Kesadaran Sejarah Siswa terhadap Nilai-Nilai Keteladanan Kiai Ahmad Dahlan: Studi di Sekolah Menengah Atas Kota Lubuk Linggau. Tarikhuna: Journal of History and History Education, 3(2), 241–256.

Suswandari. (2016). Pembelajaran Sejarah dalam Upaya Penguatan Karakter dan Identitas Bangsa. Kuliah Umum Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Muhammadiyah Purwokerto, November, 1–12.

Syahputra, M. A. D., Sariyatun, S., & Ardianto, D. T. (2020). Peranan Penting Sejarah Lokal sebagai Objek Pembelajaran untuk Membangun Kesadaran Sejarah Siswa. Historia: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, 4(1), 85–94.

Wijayanti, A. (n.d.). Sejarah Matematika Awal Matematika Modern Abad Ke-17. 1–23.

Downloads

Published

2023-04-30

How to Cite

Noto, M. S., Putri, A. P., Harisman, Y., & Harun, L. (2023). Mathematics Pre-Service Teachers’ Understanding on Oughtred and His Inventions. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 191–202. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v12i2.776

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 32 33 34 35 36 37 

You may also start an advanced similarity search for this article.