Digibook and Novice Teachers’ Mathematical Belief

Authors

  • Puji Lestari Universitas Siliwangi
  • Supratman Universitas Siliwangi
  • Komara Universitas Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v12i3.826

Keywords:

belief matematis, guru pemula, media Digibook, mathematical belief, novice teacher, Digibook media

Abstract

Belief matematis yang dipahami sebagai keyakinan terhadap mata pelajaran matematika, kenyataannya sangat berpengaruh dalam proses pembelajaran matematika, khususnya terhadap hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis belief matematis guru pemula dalam mengajar dan belajar matematika, ditinjau dari media Digibook yang telah dikembangkan. Sebanyak 9 guru pemula dengan belief matematis pada aspek belajar matematika yang berbeda menjadi subjek dalam penelitian ini. Penelitian ini termasuk pada deskriptif kualitatif dengan pengambilan data berupa media Digibook yang dikembangkan oleh subjek, angket belief matematis yang sebelumnya telah divalidasi dan wawancara semi terstruktur.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru pemula dengan keyakinan belajar level platonis meyakini bahwa dalam belajar matematika, pemahaman akan konsep merupakan inti dari belajar. Hal ini berdampak pada cara mereka mengajar, meyakinkan siswa bahwa matematika bukan hanya prosedur. Bagi guru pemula dengan keyakinan belajar problem solving, belajar merupakan proses mengeksplorasi pengetahuan dan media pembelajaran berperan sebagai alat bantu, alat komunikasi dan alat pengembangan berfikir matematis. Hasil penelitian ini mengimplikasi bahwa guru pemula dengan semangat belajar dan mengajarnya serta keinginan dalam mengembangkan media pembelajaran mampu menghasilkan media Digibook yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan siswanya.

Mathematical beliefs, which are understood as beliefs about mathematics subjects, are in fact very influential in the process of learning mathematics, especially on student learning outcomes. The purpose of this study was to analyze the mathematical beliefs of novice teachers in teaching and learning mathematics, in terms of the Digibook media that has been developed. A total of 9 (nine) novice teachers with mathematical beliefs in different aspects of learning mathematics were taken as the participants of this study. This study was a descriptive qualitative using Digibook media developed by the participants and a mathematical belief questionnaire that has been previously validated and semi-structured interviews as data collections.  The results of this study showed that novice teachers with platonic level learning beliefs believed that in learning mathematics, understanding concepts was the core of learning. This affected the way they teach, convincing students that math was not just a procedure. For novice teachers with problem solving learning beliefs, learning was a process of exploring knowledge and learning media acts as a tool, a communication tool and a mathematical thinking development tool. The results of this study implied that novice teachers with their passion for learning and teaching and the desire to develop learning media were able to produce Digibook media in accordance with the characteristics and needs of their students.

References

Aprilia, I. S., & Diana, H. A. (2023). Pembelajaran CORE Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Taruna Terpadu Bogor. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 83-92.

Defi, S. L., Parta, N., Permadi, H. (2021). Penguasaan Konsep Matematika Siswa Smp Ditinjau Dari Keyakinan Epistemologis Tentang Matematika Dan Kecerdasan Emosional. Jurnal AKSIOMA, 10(3), 1963-1972.

Elyana, D., Astutiningtyas, E. L., & Susanto, H. A. (2023). Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Garis Singgung Lingkaran. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 93-106.

Endang, M. (2000). Review Keyakinan dan Konsepsi Guru: Suatu Sintesis dari Berbagai Penelitian. Buku Alba G. Thompson: San Diego University.

Fauzi, F. A., Ratnaningsih, N., & Lestari, P. (2022). Pengembangan Digibook Barisan dan Deret Berbasis Anyflip untuk Mengeksplor Kemampuan Berpikir Komputasional Peserta Didik. Jurnal Cendikia, 6(1), 191-203.

Hasanudin, H., & Maryati, I. (2023). Kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas v pada materi akar pangkat tiga. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(2), 193-204.

Herawati, T., Hidayati, W. S., & Iffah, J. D. N. (2023). Students' Higher Order Thinking Process in Solving Math Problems by Gender. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 255-266.

Khoerunnisa, S. N., Ratnaningsih, N., & Lestari, P. (2021). Pengembangan Digibook Trigonometri Berbasis Flip PDF untuk Mengeksplor Kemampuan Koneksi Matematis Peserta Didik. Jurnal Cendikia, 5(3), 3082-3096.

Kim, C. M., Kim, M. K., Lee, C. J., Spector, J. M., & DeMeester, K. (2013). Teacher beliefs and technology integration. Journal Teaching and Teacher Education, 29(1), 76–85.

Kim, K. & Roth, G. (2011). Novice Teachers and Their Acquisition of Work-Related Information. Current Issues in Education, 14(1).

Lestari, S. (2018). Peran Teknologi Dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Jurnal Edureligia, 2(2), 94-100.

Lestari, P., Ratnaningsih, N. & Dewi, S.V. (2022). Designing Digibook math to develop computational thinking: A case study from vocational students. IP Conference Proceedings 2566, 020014. https://doi.org/10.1063/5.0114194

Liviananda, F. & Ekawati, R. (2019). Hubungan Keyakinan Siswa Tentang Matematika dan Pembelajarannya dengan Kemampuan Matematika. Jurnal Mathedunesa, 8(2), 357-364.

Marbán, J. M., & Mulenga, E. M. (2019). Pre-service Primary Teachers’ Teaching Styles and Attitudes towards the Use of Technology in Mathematics Classrooms. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(2), 253-263. https://doi.org/10.29333/iejme/5649

Muhtarom, M., Juniati, D., Siswono, T. Y. E., & Rahmatika, I. (2018). Teachers’ and students’ beliefs in mathematics at State Senior High School 5 Semarang. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(1), 64–72.

Muhtarom., Juniati, D., Siswono, T.Y.E. (2019). Examining prospective teacher beliefs and pedagogical content knowledge towards teaching practice in mathematics class: A case study. Journal Mathematics Education, 10(2), 185-202.

Novikasari, I. (2016). Tiga Tipe Keyakinan Matematika Guru. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY: 377-380.

Nurmi, A., Hanula, M., Maijala, H., & Pehkonen, E. (2003). On Pupils'self Confidence In Mathematics. Retrieved From Gender Comparison. International Group for the Psychology of Mathematics Education, Paper presented at the 27th International Group for the Psychology of Mathematics Education Conference Held Jointly with the 25th PME-NA Conference (Honolulu, HI, Jul 13-18, 2003), v3 p453-460.

Oktaviyanthi, R., & Sholahudin, U. (2023). Phet Assisted Trigonometric Worksheet for Students’ Trigonometric Adaptive Thinking. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 229-242.

Rahayu, D. V., Muhtadi, D., & Ridwan, I. M. (2022). Pedagogical Content Knowledge Guru dalam Pembelajaran Matematika Daring. Jurnal Mosharafa, 11(2), 281-292.

Rahayu, N. S., Liddini, U. H., & Maarif, S. (2022). Berpikir Kreatif Matematis: Sebuah Pemetaan Literatur dengan Analisis Bibliometri Menggunakan Vos Viewer. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 179-190.

Rahmaniah. (2022). Peran Serta Teknologi Pendidikan di Era Globalisasi. Seri Publikasi Pembelajaran Vol. 1 No. 1 (2022): Isu-Isu Kontemporer-AKBK3701.

Robbani, I. A., & Sumartini, T. S. (2023). Kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari motivasi belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(2), 185-192.

Sari, R. F., & Afriansyah, E. A. (2022). Kemampuan berpikir kreatif matematis dan belief siswa pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 275-288.

Setiawan, A., Putria, A., & Suryani, N. (2019). Media pembelajaran inovatif dan pengembangannya. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Setyawan, D., & Rahman, A. (2013). Eksplorasi Proses Konstruksi Pengetahuan Matematika Berdasarkan Gaya Berpikir Construction Process Exploration Of Mathematics Knowledge Based On Thought Patterns. Jurnal Sainsmat, 2(2), 140-152.

Siregar, B. H., Kairuddin, K., Mansyur, A., & Yusoff, N. S. M. (2023). Innovation in The Development of an Electronic Practicum Book of IT-Based Learning Media Oriented to The Team-Based Project. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 243-254.

Tamba, K. P. (2021). Hubungan keyakinan dan noticing dari calon guru sekolah dasar mengenai asesmen matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 461-472.

Downloads

Published

2023-07-30

How to Cite

Lestari, P., Supratman, & Komara. (2023). Digibook and Novice Teachers’ Mathematical Belief. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(3), 545–556. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v12i3.826

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 30 31 32 33 34 35 

You may also start an advanced similarity search for this article.