The Use of Collaborative Problem Solving on Mathematical Representation in Solving One Variable Linear Equation Problem in Junior High School

Authors

  • Lisa Amelia Universitas Sriwijaya
  • Indaryanti Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v12i3.832

Keywords:

Collaborative Problem Solving, Kemampuan Representasi Matematis, PLSV, Mathematical Representation Ability

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa pada materi Persamaan Linier Satu Variabel (PLSV) setelah diterapkan model Collaborative Problem Solving (CPS). Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan analisis data secara kuantitatif dan kualitatif sesuai dengan indikator representasi matematis. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 6 Indralaya Utara di kelas VII.1 dengan melibatkan sebanyak 16 siswa sebagai subjeknya. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes tertulis berupa soal uraian dan hasil wawancara dengan siswa. Teknik analisis data yang digunakan meliputi memeriksa tes uraian merujuk pada indikator representasi matematis yaitu visual, simbolik dan verbal. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis berdasarkan pedoman penskoran yang merujuk pada indikator representasi matematis. Hasil analisis data selanjutnya dikelompokkan menjadi tiga kategori yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan bahwa kemampuan representasi matematis siswa pada materi persamaan linier satu variabel setelah diterapkannya model CPS berada dikategori sedang dengan nilai rata-rata sebesar 59,687 dan skor rata-rata untuk indikator representasi visual yaitu sebesar 71,093, representasi simbolik 60,156, dan verbal 35,937.

This study aimed to look at and describe students' mathematical representation abilities in the One Variable Linear Equation (PLSV) material after applying the Collaborative Problem Solving (CPS) model. The research method used was descriptive with quantitative and qualitative data analysis according to the indicators of mathematical representation. This research was conducted at SMP Negeri 6 Indralaya Utara in class VII.1 involving 16 students as participants. Data collection was carried out by giving written tests in the form of description questions and the results of interviews with students. The data analysis technique used included examining the description test referring to indicators of mathematical representation, namely visual, symbolic and verbal. The data were then analyzed based on scoring guidelines that refer to indicators of mathematical representation. The results of the data analysis were later categorized into three categories, namely high, medium, and low. Based on the results of data analysis, it was found that students' mathematical representation abilities in the material of one-variable linear equations after the implementation of the CPS model were in the moderate category with an average score of 59.687 and an average score for visual representation indicators that was 71.093, symbolic representation 60.156, and verbal 35.937.

References

Albab, I. U., Saputro, B. A., & Nursyahidah, F. (2017). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa melalui collaborative analysis of sample student responses. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 35-44.

Annajmi, S., Lusi, D., & Afri, E. (2019). Pengaruh penggunaan Lembar Aktivitas Siswa Berbasis Metode Penemuan Terbimbing terhadap Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1).

Arfah, A. A., & Basuki, B. (2022). Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Himpunan dan Kemandirian Belajar. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 111-120.

Assaibin, M., & Syah, A. (2021). Pengaruh Model Collaborative Problem Solving dengan Strategi Writing In Performance Taks (WIPT) terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Journal Peqguruang: Conference Series, 1(2), 2686–3472. https://doi.org/10.35329/jp.v3i2

Damayanti, R., & Afriansyah, E. A. (2018). Perbandingan kemampuan representasi matematis siswa antara contextual teaching and learning dan problem-based learning. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 7(1), 30-39.

Fuad, M. N. (2016). Representasi Matematis Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Persamaan Kuadrat Ditinjau dari Perbedaan Gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(2), 145–152. https://doi.org/10.15294/kreano.v7i2. 5854

Herdiman, I., Jayanti, K., Pertiwi, K. A., & Naila N., R. (2018). Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP pada Materi Kekongruenan dan Kesebangunan. Jurnal Elemen, 4(2), 216. https://doi.org/10.29408/jel.v4i2.53

Hidayat, F., & Lestari, P. (2022). Kemampuan Representasi Matematis Siswa Berbantuan Aplikasi Wingeom pada Masa Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 509-520.

Hijriani, L., Rahardjo, S., & Rahardi, R. (2018). Deskripsi Representasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal PISA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(5), 603-607.

Huda, U., Musdi, E., & Nari, N. (2019). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika. Corresponding Author, 22(1).

Marliani, S., & Puspitasari, N. (2022). Kemampuan representasi matematis siswa pada materi kesebangunan dan kekongruenan di kampung sukawening. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(2), 113-124.

Mastuti, A. G. (2017). Representasi Siswa Sekolah Dasar dalam Pemahaman Konsep Pecahan. Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 5(2).

Mudzakir, H. S. (2006). Strategi Pembelajaran Think-Talk-Write untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Beragam Siswa SMP. Tesis. Bandung: PPS UPI.

Muniri, M., & Erika, Y. (2022). Representasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah sistem persamaan linear ditinjau dari gaya kognitif reflektif-implusif. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 201-210.

Nahdi, D. S. (2017). Implementasi Model Pembelajaran Collaborative Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(1).

Panduwinata, B., Tuzzahra, R., Berlinda, K., & Widada, W. (2019). Analisis Kesulitan Representasi Matematika Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Pada Materi Sistem Persamaan Linier Satu Variabel. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(2).

Pebrianti, W., & Puspitasari, N. (2023). Kemampuan Pemahaman Konsep pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau dari Perbedaan Gender Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(1), 55-70.

Pendidikan, P. M., & Nomor, K. (58). Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. Tersedia: https://www. Slideshare. Net/GussNo/lampiran-i- permendikbud-no-58-tahun-2014.

Rahmatika, T., Ihsanudi., & Rafianti, I. (2022). Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pisa Berdasarkan Gaya Kognitif Reflektif- Impulsif. Jurnal Cendekia, 6(1), 248–258.

Rahmayani, S. A., Susanto, S., & Suwito, A. (2023). Analysis of Middle School Students' Mathematical Representation Ability on Triangle Material Based on Learning Style. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 279-290.

Sa’diyah, U., Nizaruddin, N., & Muhtarom, M. (2020). Translasi antar Representasi Matematis Visual Ke Verbal dalam Memahami Konsep pada Materi SPLDV ditinjau dari Kemampuan Matematika Tinggi. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(4), 266–275.

Salamah, S., Susiaty, U. D., & Ardiawan, Y. (2022). Instrumen Three-Tier Test Berbasis Kemampuan Representasi Matematis untuk Mengetahui Miskonsepsi Siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 391-404.

Sari, R. F., & Afriansyah, E. A. (2022). Kemampuan berpikir kreatif matematis dan belief siswa pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 275-288.

Selviani, S., & Agung, R. (2017). Studi Eksplorasi tentang Representasi Matematis Siswa SMP untuk Bahasan SPLDV (Sistem Persamaan Linear Dua Variabel) Ditinjau Berdasarkan Extended Level Triad. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1).

Setiawan, B. A., & Jamaan, E. Z. (2019). Model Pembelajaran Collaborative Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis. Jurnal Edukasi dan Penelitian Matematika, 8(4).

Sulastri, S., Marwan, M., & Duskri, M. (2017). Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Beta Jurnal Tadris Matematika, 10(1), 51. https://doi.org/10.20414/betajtm.v10 i1.101

Ulfa, N. C. A., & Sundayana, R. (2022). Kemampuan representasi matematis siswa pada materi bilangan berdasarkan self-confidence. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(2), 193-200.

Downloads

Published

2023-07-30

How to Cite

Amelia, L., & Indaryanti. (2023). The Use of Collaborative Problem Solving on Mathematical Representation in Solving One Variable Linear Equation Problem in Junior High School. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(3), 641–654. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v12i3.832

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.