Efektivitas Aplikasi Everyone is a Teacher Here dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa

Authors

  • Fajar Arwadi Universitas Negeri Makasar

DOI:

https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i2.1340

Keywords:

Efektivitas, Everyone is a Teacher Here, ETH, Komunikasi Matematis, Mathematical Communication, Effectiveness

Abstract

Bukan hal yang asing lagi bahwa matematika selalu menjadi momok bagi para siswa, siswa juga mengalami kesulitan menentukan langkah-langkah pemecahan masalah karena bingung dengan konsep matematika yang tepat yang mereka miliki sudah dimiliki sendiri, hal ini karena menyangkut rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan Model Pembelajaran Everyone is a Teacher Here (ETH) dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini bersifat kuasi eksperimen, dengan teknik samplingnya yaitu Simple Random Sampling. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa SMK kelas XII MIPA SMA Buq'atun Mubarakah, dengan sampel yaitu kelas XII B MIPA 1. Data yang dikumpulkan terdiri dari data tentang kemampuan komunikasi matematis siswa, data aktivitas siswa dalam pembelajaran, dan data siswa tanggapan terhadap pembelajaran. Data tersebut dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa model pembelajaran ETH efektif diterapkan di kelas XII B MIPA 1 SMA Buq'atun Mubarakah untuk mata pelajaran Statistika.

It's not uncommon that mathematics has always been a scourge for students, students also have difficulty determining steps to solve problems because they are confused about the correct mathematical concepts, they already own, this is because it involves students' low mathematical communication skills. This study aims to determine the effectiveness of applying the Everyone is a Teacher Here (ETH) Learning Model in improving students' mathematical communication skills. This research is quasi-experimental, with the sampling technique, namely Simple Random Sampling. The study population was all students of class XII MIPA SMA Buq'atun Mubarakah, with the sample being class XII B MIPA 1. The data collected consisted of data on students' mathematical communication abilities, data on student activities in learning, and data on students' responses to learning. The data were analyzed descriptively and inferentially. The results of testing the hypothesis show that the ETH learning model is effectively implemented in class XII B MIPA 1 SMA Buq'atun Mubarakah for Statistics subjects.

References

Amral, Mulbar, U., & Minggi, I. (2018). Efektivitas Model Everyone is a Teacher Here (ETH) dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar dan Kemampuan Komunikasi Matematika SIswa Kelas XI. Jurnal Nalar Pendidikan, 6, 68-74.

Ariani, D. N. (2017). Strategi Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SD/MI. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 96-107.

Arwadi, F., & Bustang, B. (2018). Supporting elementary school children’s skill and concept understanding in solving combinatorics problems. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 51(1), 23-31.

Aryaningrum, K. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran Everyone is a Teacher Here Terhadap Hasil Belajar. Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu (Geografi) Di Kelas VIII SMP Negeri 1 Belitang III Oku Timur. Jurnal Ilmiah CIVIS, V(2), 798-807.

Berliana, D. P., & Sholihah, U. (2022). Kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah open-ended ditinjau dari self-efficacy. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 243-254.

Depdiknas. (2006). Standar Isi Mata Pelajaran Matematika Tingkat Sekolah Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Hapsoh, H., & Sofyan, D. (2022). Kemampuan komunikasi matematis dan self-confidence siswa pada materi sistem persamaan linear tiga variabel di desa sukaresmi. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(2), 139-148.

Hanisah, H., & Noordyana, M. A. (2022). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Materi Penyajian Data di Desa Bojong. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 131-140.

Hidayatuloh, A., & Sumartini, T. S. (2022). Kemampuan komunikasi matematis siswa smp pada materi segiempat. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(2), 213-220.

Hossain, M. A., & Ariffin, M. R. (2018). Integration of Structured Cooperative Learning in Mathematics Classroom. International Journal of Psychology and Educational Studies, 5(1), 23-29.

Kanah, I., & Mardiani, D. (2022). Kemampuan Komunikasi dan Kemandirian Belajar Siswa Melalui Problem Based Learning dan Discovery Learning. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 255-264.

Kristanto, A. (2016). Aplikasi teknologi pendidikan di sekolah. Jurnal Teknologi Pendidikan, 4, 13–16.

Marliani, S., & Puspitasari, N. (2022). Kemampuan representasi matematis siswa pada materi kesebangunan dan kekongruenan di kampung sukawening. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(2), 113-124.

Minggi, I., Arwadi, F., & Bakri, R. A. I. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Disposisi Matematis pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 495-508.

Mutiarani, A., & Sofyan, D. (2022). Kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi persamaan dan fungsi kuadrat berdasarkan gender di desa sukamenak. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(1), 1-14.

National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston: VA: National Council of Teachers of Mathematics.

Putra, V. A., Taufik, M., & Susanti, R. D. (2023). Implementation of the Everyone Is a Teacher Here (ETH) Learning Model Based on the Mathematical Communication Ability. Mathematics Education Journal, 7(1), 114-122.

Rahmawati, A., Cholily, Y. M., & Zukhrufurrohmah, Z. (2023). Analyzing Students' Mathematical Communication Ability in Solving Numerical Literacy Problems. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 59-70.

Robiah, S., & Nuraeni, R. (2023). Pengaruh kepercayaan diri terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa mts pada materi himpunan. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(2), 215-228.

Rohid, N., Suryaman, & Rusmawati, R. D. (2019). Students' Mathematical Communication Ability (MCS) in Solving Mathematics Problems: A Case in Indonesian Context. Anatolian Journal of Education, 4(2), 19--39.

Sani, R. A. (2019). Strategi Belajar Mengajar. Depok: PT RajaGrafindo.

Sugandi, A. I., & Benard, M. (2018). Penerapan Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Jurnal Analisa, 4, 16-23.

Thiyagu, K. (2012). Effectiveness of Co-Operative Learning Method in Learning of Mathematics Among Eight Standard Student. i-manager’s Journal on Educational Psycholog, 5(4), 48-53.

Wijaya, A. P., & Yusup, M. (2023). Kemampuan Komunikasi Matematis Tertulis Peserta Didik dengan Model Problem Based Learning pada Materi SPLDV. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 61-72.

Downloads

Published

2023-07-30

How to Cite

Arwadi, F. (2023). Efektivitas Aplikasi Everyone is a Teacher Here dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 241–250. https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i2.1340

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.