Students’ Mathematical Literacy Skills Through Contextual Teaching and Learning and Problem-Based Learning Models

Authors

  • Deddy Sofyan Institut Pendidikan Indonesia Garut
  • Nitta Puspitasari Institut Pendidikan Indonesia Garut
  • Siti Maryani IPI Garut

DOI:

https://doi.org/10.31980/plusminus.v5i1.2619

Keywords:

Literasi Matematis, Contextual Teaching and Learning, Problem Based Learning, Mathematical Literacy

Abstract

Kemampuan literasi matematis siswa merupakan salah satu kemampuan kognitif yang penting untuk dikuasai oleh siswa. Berdasarkan PISA 2022 menunjukkan Indonesia masih tergolong rendah. Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah ada perbedaan kemampuan literasi matematis siswa antara siswa yang mendapatkan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Problem Based Learning (PBL). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan populasi yaitu siswa SMP kelas VIII pada salah satu sekolah di kabupaten Garut. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji t dan gain ternormalisasi. Hasil penelitian ini yaitu: Terdapat perbedaan kemampuan literasi matematis siswa antara yang mendapatkan model CTL dan PBL; Kualitas peningkatan kemampuan literasi matematis siswa kelas CTL termasuk pada kategori sedang; Kualitas peningkatan kemampuan literasi matematis siswa kelas PBL  pada materi termasuk pada kategori sedang.

Students' mathematical literacy skills is one of the important cognitive skills that students need to master. According to PISA 2022, Indonesia is still categorized as having a low level of performance. The purpose of this study is to determine whether there is a difference in students' mathematical literacy abilities between those who received the Contextual Teaching and Learning (CTL) model and those who received the Problem-Based Learning (PBL) model. The method used in this study is a quasi-experiment with the population being 8th-grade junior high school students at a school in Garut Regency. The sampling technique used in this study is purposive sampling. The data collection techniques used are tests and observations. Data analysis techniques include the t-test and normalized gain. The results of this study are: There is a difference in students' mathematical literacy skills between those who received the CTL model and those who received the PBL model; The improvement in mathematical literacy skills of students in the CTL class is in the medium category; The improvement in mathematical literacy skills of students in the PBL class is also in the medium category.

References

Abidin, Y., Mulyati, T. & Yunansah, H. (2018). Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca dan Menulis. Jakarta: Bumi Askara.

Choirunisa, R., & Waluya, B. (2024). Literasi Matematika Ditinjau dari Self Confidence Peserta Didik pada Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan Pendekatan Etnomatematika. CASTLE Proceedings, 4, 265-272.

Damanik, A. S., & Handayani, R. (2023). Kemampuan Literasi Matematika Siswa. OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika, 2(3), 149-157.

Fathani A. H. (2016). Pengembangan Literasi Matematika Sekolah Dalam Perspektif Multiple Intelligences. EduSains, 4(2), 136-150.

Fitni, F., Suanto, E., & Maimunah, M. (2023). Pengembangan Lkpd Elektronik Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(2), 2224. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i2.7022.

Isnaniah, I., Imamuddin, M., Charles, C., Syahrul, S., & Zulmuqim, Z. (2021). Kemampuan Literasi Matematika Siswa Berdasarkan Gender. Lattice Journal: Journal of Mathematics Education and Applied, 1(2), 131. https://doi.org/10.30983/lattice.v1i2.5088.

Jannah, M., & Hayati, M. (2024). Pentingnya kemampuan literasi matematika dalam pembelajaran matematika. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 4(1), 40-54.

Kemendikbud. (2020). Panduan Pembelajaran Matematika Berbasis Literasi. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

Khamid, A. & Santosa, R. H. (2016). Keefektifan Pendekatan PBL dan CTL Ditinjau Dari Komunikasi Matematis dan Motivasi Belajar Siswa SMP. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 112-116.

Kusumawati, W., Purwosetiyono, F. D., & Handayani, S. H. R. (2024). Efektivitas Model Problem Based Learning Berbantuan Geogebra terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa pada Materi Fungsi Kuadrat. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 4(1), 156-166.

Masfufah, R., & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis kemampuan literasi matematis siswa melalui soal PISA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 291-300.

Nanda, S. R., & Hoiriyah, D. (2024). Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning Terhadap Kemampuan Literasi Matematika. Educofa: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 101-114.

OECD. (2023). PISA 2022 Assessment and Analytical Framework/. PISA. OECD Publishing. Paris. https://doi.org/10.1787/dfe0bf9c-en

Putra, Y. Y. & Vebrian, R. (2019). Literasi Matematika (Mathematical Literacy) Soal Matematika Model Pisa Menggunakan Konteks Bangka Belitung. Deepublish (Grup Penerbitan CV Budi Utama).

Paloloang, M. F. B., Juandi, D., Tamur, M., Paloloang, B., & Adem, A. M. G. (2020). Meta Analisis: Pengaruh Problem-Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa Di Indonesia Tujuh Tahun Terakhir. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 851. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3049

Pamungkas, M. D. & Franita, Y. (2019). Keefektifan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa. JP3M: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika, 5(2), 75-80.

Putri, C. Y., Hendriana, H., & Fitrianna, A. Y. (2024). Contextual teaching and learning: Upaya optimalisasi kemampuan literasi matematis. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 7(5), 933-940. https://doi.org/10.22460/jpmi.v7i5.25040.

Rahmawati, F. & Fasha, E. F. (2023). Implementasi Model Contextual Teaching and Learning Berbasis Superitem Untuk Meningkatkan Literasi Matematis Siswa Pada Materi Peluang. Dialektika P. Matematika, 10(2), 930-942.

Santia, I. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP Berdasarkan Motivasi Belajar Siswa. JIPMat, 3(2), 81–85. https://doi.org/10.26877/jipmat.v3i2.2748

Sundayana, R. (2018). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Surtika, W., & Supardi, U. (2024). Studi Literatur Tentang Peningkatan Kemampuan Literasi Matematika Pada Model Pembelajaran Problem Based Learning. Strategy: Jurnal Inovasi Strategi dan Model Pembelajaran, 4(4), 120-126. https://doi.org/10.51878/strategi.v4i4.3557.

Tabun, H. M., Taneo, P. N. L. & Daniel, F. (2020). Kemampuan Literasi Matematis Siswa Pada pembelajaran Model Problem Based Learning (PBL). Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 2-8.

Downloads

Published

2025-03-30

How to Cite

Sofyan, D., Puspitasari, N., & Maryani, S. (2025). Students’ Mathematical Literacy Skills Through Contextual Teaching and Learning and Problem-Based Learning Models. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 105–114. https://doi.org/10.31980/plusminus.v5i1.2619

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.