Peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran berbasis masalah dengan asesmen team game tournament

Authors

  • Latifah Darojat Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31980/pme.v3i2.1782

Keywords:

motivation, problem-based learning, Team Game Tournament, motivasi, pembelajaran berbasis masalah

Abstract

This research aims to determine the increase in mathematics learning motivation of class XII students at SMA Al Islam 1 Surakarta through problem-based learning with Team Game Tournament assessments.  This research is classroom action research. This research was carried out in 2 cycles using data collection methods in the form of motivational questionnaires. Motivational questionnaires were given to research subjects at the pre-cycle, cycle I, and cycle II stages. The analysis technique used in this research is the descriptive qualitative data analysis technique. From the research results, information was obtained that at the pre-cycle stage, students' learning motivation in class XII was still not optimal. Then in cycle I, where the teacher had implemented problem-based learning with the Team Game Tournament assessment, information was obtained that students' learning motivation began to increase. In cycle II, it was also found that there was an increase in student learning motivation. Thus, it can be concluded that implementing problem-based learning with team game tournament assessments can increase student motivation in learning mathematics.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar matematika siswa kelas XII di SMA Al Islam 1 Surakarta melalui pembelajaran berbasis masalah dengan asesmen Team Game Tournament. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa angket motivasi. Angket motivasi diberikan kepada subyek penelitian pada tahap pra siklus, siklus I, dan siklus II. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif deskriptif. Dari hasil penelitian diperoleh informasi bahwa pada tahap pra siklus, motivasi belajar siswa di kelas XII masih belum maksimal. Kemudian pada siklus I, dimana guru telah menerapkan pembelajaran berbasis masalah dengan asesmen Team Game Tournament, diperoleh informasi bahwa motivasi belajar siswa mulai meningkat. Pada siklus II, juga ditemukan adanya peningkatan motivasi belajar siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pengimplementasian pembelajaran berbasis masalah dengan asesmen Team Game Tournament dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar matematika.

References

Agustin, E., dkk. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VII SMP. JPM-Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 107-116. https://doi.org/10.33087/phi.v7i2.294

Andrian, D. (2023). Digital Learning Media Integrated with Malay Culture to Improve Students’ Numeration Ability and Motivation. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 301-314.

Arikunto, S. (2009). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No. 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.

Farhan, M., Hakim, A. R., & Apriyanto, M. T. (2022). Kontribusi Kecerdasan Emosional Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 417-428.

Hendrawan, D. N., & Hendriana, B. (2021). Pola Asuh Orang Tua Siswa dengan Motivasi Belajar Matematika Tingkat Tinggi pada Masa Pandemi Covid-19. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 369-378.

Kosasih, U., Saputra, S., & Mutmainnah, S. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Bernuansa Islami Terkait Kemampuan Koneksi Matematis. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(3), 479-488.

Nisa, A., MZ, Z. A., & Vebrianto, R. (2021). Problematika Pembelajaran Matematika di SD Muhammadiyah Kampa Full Day School. El-Ibtidaiy: Journal of Primary Education, 4(1), 95-105.

Nurhayati., dkk. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 9118-9126. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3430.

Nurrawi, A. E. P., Zahra, A. T., Aulia, D., Greis, G., & Mubarok, S. (2023). Motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 29-38.

Nurwahid, M., & Ashar, S. (2023). Media Pembelajaran Panganmewah dan Jargon untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar Siswa pada Materi Perbandingan Trigonometri. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 221-234.

Robbani, I. A., & Sumartini, T. S. (2023). Kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari motivasi belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(2), 185-192.

Rosihin. (2021). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament. PAEDAGOGIE, 16(1), 28-34. https://doi: 10.31603/paedagogie.v16i1.4952

Rowiyah, R., & Fitrianna, A. Y. (2022). Meningkatkan Motivasi Belajar Kelas XI di SMK dengan Menggunakan Model Problem Based Learning. JPMI – Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(5), 1359-1368. https://doi 10.22460/jpmi.v5i5.1359-1368

Salamah, D. (2022). Pembelajaran Team Quiz Berbantuan Quizizz Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 461-470.

Siregar, I., & Sari, V. T. A. (2020). Strategi Motivasi Green’s, Gaya Baru Pembelajaran Matematika pada Siswa Kemampuan Rendah di Indonesia. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 383-394.

Sutirna, S., Haerudin, H., & Prihandani, K. (2022). FGD Model Pembelajaran Matematika Berbasis Prinsip Layanan Bimbingan Dan Konseling Bagi Guru-Guru Matematika. Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian, 2(1), 49-64.

Yulianto, A., Yulianto, S., & Hidayanto, E. (2022). Pembelajaran matematika berbantuan video pembelajaran untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 403-414.

Wiriatmadja, R. (2008). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2024-08-30

How to Cite

Darojat, L. (2024). Peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran berbasis masalah dengan asesmen team game tournament. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 3(2), 263–270. https://doi.org/10.31980/pme.v3i2.1782

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.