Analysis of students' interest in learning mathematics

Authors

  • Nahlika Purnamasari SMP IT Al-Qur'an Al-Fadlilah

DOI:

https://doi.org/10.31980/pme.v3i3.2667

Keywords:

learning interest, mathematic education, students’ interest, minat belajar, pembelajaran matematika, minat siswa

Abstract

Abstract

This study aims to analyze students’ interest in learning mathematics at SMP IT Al-Qur'an Al-Fadlilah, a pesantren-based formal school where students are required to manage their time between academic and religious activities. The research employed a descriptive qualitative approach, collecting data through questionnaires, interviews, and observations of three 8th-grade students. The analysis focused on five indicators of learning interest: enjoyment of learning, focus and attention, willingness to learn, self-motivation to actively participate, and efforts to realize learning goals. The findings reveal that the highest level of fulfillment was found in the indicator of enjoyment in learning, while the lowest was in the effort to realize learning goals, with a 0% fulfillment rate. The primary obstacles identified were time limitations and a lack of facilities within the pesantren environment, which hindered students’ ability to engage in independent learning. The study suggests the need for learning strategies that stimulate students’ active and independent engagement, as well as collaboration among teachers, the school, and the pesantren to create a more supportive learning environment.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis minat siswa dalam pembelajaran matematika di SMP IT Al-Qur'an Al-Fadlilah, salah satu institusi pendidikan formal yang berbasis pesantren dan menuntut siswa untuk menyeimbangkan antara aktivitas akademik dan keagamaan. Studi ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui angket, wawancara, serta observasi terhadap tiga siswa kelas VIII. Analisis difokuskan pada lima indikator minat belajar, yaitu: rasa senang dalam belajar, tingkat konsentrasi dan perhatian, kemauan untuk belajar, motivasi internal dalam berpartisipasi aktif, serta usaha untuk meraih tujuan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator dengan capaian tertinggi adalah rasa senang dalam belajar, sementara indikator dengan capaian terendah adalah usaha mencapai tujuan belajar, dengan tingkat ketercapaian sebesar 0%. Faktor penghambat utama yang ditemukan meliputi keterbatasan waktu dan fasilitas yang tersedia di lingkungan pesantren, yang membatasi kemampuan siswa dalam belajar secara mandiri. Berdasarkan hasil ini, penelitian merekomendasikan perlunya pengembangan strategi pembelajaran yang dapat mendorong partisipasi aktif dan kemandirian siswa, serta pentingnya kolaborasi antara guru, pihak sekolah, dan pesantren dalam menciptakan lingkungan belajar yang lebih kondusif.

References

Apriyanto, M. T., & Herlina, L.,(n.d.). Analisis Prestasi Belajar Matematika pada Masa Pandemi Ditinjau dari Minat Belajar Siswa. In Original Research.

Ariati, C., & Juandi, D. (2022). Kemampuan Penalaran Matematis: Systematic Literature Review. LEMMA: Letters Of Mathematics Education, 8(2), 61–75.

Asri, S. A., Tayeb, T., Mardiah, M., Kamal, S. I. M., & Suaidah, I. (2021). Pengaruh Minat Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP NEGERI 22 SINJAI. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(01), 210. https://doi.org/10.30868/im.v4i01.1067

Darma Ziliwu, E., Zega, Y., Niat Telaumbanua, Y., Kariani Mendrofa, N., & Keguruan dan Ilmu Pendidikan, F. (2024). Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Di UPTD SMP NEGERI 4 GUNUNGSITOLI UTARA. JSP, 12(1).

Darmadi, D., Sanusi, S., Rifai, M., & Nartini, N. (2023). Analisis Minat Belajar Matematika Siswa Ditinjau Dari Soal Yang Diberikan Guru. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(3), 392–399. https://doi.org/10.60126/maras.v1i3.73

Dores, O. J., Huda, F. A., & Riana, R. (2019). Analisis Minat Belajar Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 4 Sirang Setambang Tahun Pelajaran 2018/2019. J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 38–48. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v1i1.408

Friantini, R. N., & Winata, R. (2020.). Analisis Minat Belajar Pada Pembelajaran Matematika.

Gusteti, M. U., & Neviyarni. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pembelajaran Matematika Di Kurikulum Merdeka. Jurnal Lebesgue, 3(3). https://doi.org/10.46306/lb.v3i3

Harefa, A. D., Lase, S., & Zega, Y. (2023). Hubungan Kecemasan Matematika Dan Kemampuan Literasi Matematika Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 144–151. https://doi.org/10.56248/educativo.v2i1.96

Hulu, Y., & Telaumbanua, Y. N. (2022). Analisis Minat Dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 283–290. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.39

Imami, A. I. (2021). Analisis Minat Belajar Siswa SMP Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4). https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.799-808

Jaya, M. R., & Fitriani, N., (2022). Analisis Minat Belajar Siswa Smp Di Cimahi Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Dengan Berbantuan Software Geogebra. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(3). https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i3.869-876

Kintoko, R., Isnarto, Sama, & Prisma. (2019). Matematika, Nilai-Nilai Dan Kesempatan Yang Sama. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 256–261.

Ndraha, I. S., Mendrofa, R. N., & Lase, R. (2022). Analisis Hubungan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(2), 672–681. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i2.92

Putri, R. M., Wanabuliandari, S., & Fardani, M A., (2020.). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Kurangnya Minat Belajar Matematika Siswa Kelas IV MI Tarbiyatul Islamiyah Didesa Winong. 9.

Putri, W. A. (2023). Faktor rendahnya minat belajar siswa kelas v sekolah dasar pada mata pelajaran matematika. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu (PME), 02(02), 123–128.

Qomari, M. N., Lestari, S. A., & Fauziyah, N. (2022). Learning Trejectory pada Pembelajaran Berdiferensiasi Materi Keliling Bangun Datar Berdasarkan Perbedaan G. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, 2(1), 29. https://doi.org/10.30587/didaktika.v28i2(1).4399

Rahmadhani, A. S., & Yulia, P. (2023). Minat Belajar Matematika Siswa di MTsN 2 Kerinci. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2). https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i2.3000

Rojabiyah, A. B., & Setiawan, W. (n.d.). Analisis Minat Belajar Siswa Mts Kelas Vii Dalam Pembelajaran Matematik Materi Aljabar Berdasarkan Gender.

Sahena, L., M., & Pasaribu, L. H. (n.d.). Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Cendekia, 07, 1321–1331. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.2087

Schoenfeld, A. H. (2022). Why are learning and teaching mathematics so difficult?. In Handbook of cognitive mathematics (pp. 1-35). Cham: Springer International Publishing.

Sucipto, M. F., & Firmansyah, D. (2021). Analisis Minat Belajar Siswa Smp Pada Pembelajaran Matematika. 8(2).

Wahyudi, W., Suyitno, H., & Waluya, St. B. (2018). Dampak Perubahan Paradigma Baru Matematika Terhadap Kurikulum dan Pembelajaran Matematika di Indonesia. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1). https://doi.org/10.24176/jino.v1i1.2315

Yates, A., Starkey, L., Egerton, B., & Flueggen, F. (2021). High school students’ experience of online learning during Covid-19: the influence of technology and pedagogy. Technology, Pedagogy and education, 30(1), 59-73.

Yu, J. (2023). Using Autonomous Learning Mode to Improve Students’ Learning Willingness and Resilience. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 18(24), 81-95.

Yulianty, N. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 04(01).

Downloads

Published

2024-10-30

How to Cite

Purnamasari, N. (2024). Analysis of students’ interest in learning mathematics. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 3(3), 305–312. https://doi.org/10.31980/pme.v3i3.2667

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 8 9 10 11 12 13 14 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.