Perbandingan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Antara Siswa Yang Mendapatkan Strategi Giving Reward Dengan Konvensional

Studi Penelitian di SMP Negeri 3 Garut

Authors

  • Hilma Nurulhaq STKIP Garut
  • Akhmad Margana STKIP Garut

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v2i3.299

Keywords:

ratio, giving reward, conventional, mathematical problem-solving skills, Perbandingan, konvensional, kemampuan pemecahan masalah matematis

Abstract

Research using experimental methods with the group design is randomized control group pre-test-posttest design, with this method, the file that will be examined are group into two classes namely the control class and the experimental class. Instrument used to measure the ratio of the mathematical problem-solving skills is objective test or description test be given before researcher provide treatment and after treatment. File analyses performed using Chi Squared test and Mann-Whitney test. This study aimed to knowing the ratio of the mathematical problem-solving skills between students who get giving reward strategies with students who get conventional learning. The results of research showing that the mathematical problem-solving skills between students who get giving reward strategies better than students who get conventional learning.

Penelitian dengan menggunakan metode eksperimen dengan desain kelompok randomized control group pre-test-postest design, dengan metode tersebut data yang akan diteliti dikelompokan menjadi dua yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan untuk mengukur perbandingan kemampuan pemecahan masalah matematika yaitu berupa tes objektif / uraian yang diberikan sebelum peneliti memberikan perlakuan dan sesudah perlakuan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Uji Chi Kuardat dan Uji Mann-Whitney. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kemampuan pemecahan masalah  matematika antara siswa yang mendapatkan strategi giving reward dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa yang mendapatkan strategi giving reward lebih baik dibandingkan dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional.

References

Agustina, R.D. (2012). Perbandingan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik antara Siswa yang Mendapatkan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan Siswa yang Mendapatkan Model Pembelajaran Konvensional. Skripsi pada Jurusan Pendidikan Matematika STKIP Garut: Tidak diterbitkan.

Fauzi, H. dkk. (2010). Faktor-faktor yang Berpengaruh Dalam Belajar. Makalah Universitas Muhammadiyah Malang: Tidak diterbitkan.

Made, K. (2010). Tujuan Tentang Reward (Pemberian Hadiah).[Online]

Tersedia:

http://ahmadefendy.blogspot.com/2010/08/tinjauan-tentang-riward-pemberian.html [28 Desember 2012]

Nazwandi. (2012). Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Matematika. Powerpoint Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran.

Rahadi, M. (2006). Statistika Parametrik. Garut: Tidak diterbitkan.

Ruseffendi, E.T. (1980). Pengantar Kepada Mengembangkan Kompetensi Guru Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Seri ke-2. Bandung: Tarsito.

Ruseffendi, E.T. (1991). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya Dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Cetakan ke-2. Bandung: Tarsito.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, cetakan keempat. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Tirtaraharja, U. dan Sulo, S.L.La. (2005). Pengantar Pendidikan. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Uno, H.B. (2011). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Cetakan ke-7. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Wena, M. (2011). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.Aksara.

Downloads

Published

2013-09-30

How to Cite

Nurulhaq, H., & Margana, A. (2013). Perbandingan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Antara Siswa Yang Mendapatkan Strategi Giving Reward Dengan Konvensional: Studi Penelitian di SMP Negeri 3 Garut. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 145–154. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v2i3.299

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 32 33 34 35 36 37 38 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.