Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik untuk Membelajarkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP

Authors

  • Marzuki Ahmad STKIP Tapanuli Selatan
  • Seri Asmaidah STKIP Tapanuli Selatan

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i3.460

Keywords:

PMR, Pemecahan Masalah, Perangkat Pembelajaran, RME, Problem Solving, Learning Device

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk prangkat Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) yang dapat membelajarkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Aktivitas Siswa (LAS), Buku Pegangan Guru (BPG) dan Buku Siswa (BS) pada materi himpunan untuk siswa kelas VII SMP. Selain itu dikembangkan Juga instrumen tes Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika (KPMM). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan (development research) dengan model 4D Thiagarajan, dkk. (1974) yang meliputi tahap pendefenisian (define), tahap perencanaan (design), tahap pengembangan (develop) dan tahap penyebaran (disseminate). Tahapan pengembangan yang dilakukan menerapkan ujicoba produk. Proses tahap pengembangan yang dilakukan melibatkan sampel penelitian yaitu siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tambangan sebagai proses uji keterbacaan/simulasi dan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tambangan sebagai kelas ujicoba lapangan. Data dikumpulkan melalui dokumen dan tes. Penelitian yang dilakukan memberikan kesimpulan bahwa dihasilkan produk perangkat pembelajaran matematika realistik yang baik/valid untuk topik himpunan untuk siswa kelas VII SMP.

The aims of the study are to produce the Realistic Mathematics Education (RME) device to teach of students’ problem solving ability on Mathematics to the Junior High School. Education device development consists of Lesson Plan, Students Activity sheet, Teachers’ Book, and Students’ Book on set matter to the seventh grade students. In the other hand, instrument of problem solving ability was developed. This study is research and development on Four-D Thiagarajan et.al (1974) consists of define, design, develop and disseminate. Steps of development consists test of product. The sample of study   is the seventh grade students of SMP Negeri 2 Tambangan as the simulation test and the SMP Negeri 1 Tambangan as the test. The data is collected through document and test. The result of the study is produced the good and valid Realistic Mathematics Education (RME) device on set matter to teach the seventh-grade students.

References

Afriansyah, E. A. dan Nadhifah, G. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dengan Menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Inquiry. Jurnal Mosharafa, Vol. 7, No. 1. Tersedia: http://jurnalmtk.stkip-garut.ac.id/data/edisi7/vol1/Ekasatya.pdf [3 Mei 2017].

Dahar, R.W. (1989). Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga.

Gravemeijer, K. (1994). Developing Realistic Mathematics Education. Utrecht: CD-β Press.

Gredler, M.E. (2011). Learning and InstructionTeori dan Aplikasi. Jakarta: Kencana.

Johnson, E.B. (2011). Contextual Teaching and Learning. Bandung: Kaifa.

De Lange, J. (1987). Mathematics Insight and Meaning. Utrecht: OW & OC.

Muchlis, E.E. (2012). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap Perkembangan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas II SD Kartika 1.10 Padang. Jurnal Exacta, Vol. X, No. 2, pp. 136-139. Tersedia: http://repository.unib.ac.id/519/1/08.%20Effie%20Efrida%20Mukhlis.pdf [3 Mei 2016]

Murniaty, L.D. dkk. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, Jilid 46, No. 2, pp.114-124. Tersedia: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPP/article/view/2670/2254. [5 Mei 2016]

Ruseffendi. E.T. (1991). Pengantar Kepada Membantu Guru mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Saragih, S. (2007). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Logis Dan Komunikasi Matematik Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Disertasi SPs-UPI. Tidak Diterbitkan.

Sugiman dan Kusumah, Y.S. (2010). Dampak Pendidikan Matematika Realistik Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP. Jurnal Indo MS. J.M.E. Vol. 1 No. 1, pp. 41-51. Tersedia: http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/131930135/2010a_RME+PS0.pdf. [5 Mei 2016]

Sujana. (2005). Metode Statistika. Tarsito: Bandung.

Thiagarajan, S. dkk. (1974). Intructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook. Minnesota: Central for Innovation on Teaching the Handicaped.

Trianto, (2013). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Wahyudin. (2003). Peranan Problem Solving. Proceeding National Seminar on Science and Mathematics Education, the Role of IT/ICT in Supporting the Implementation of Competensy-Based Curriculum. Bandung: JICA-IMSTEP.

________. (2008). Pembelajaran dan Model-Model Pembelajaran (Pelengkap Untuk meningkatkan Kompetensi Pedagogis Para Guru dan Calon guru Propesional. Jakarta: Ipa Abong.

Wijaya, A. (2012). Pendidikan Matematika Realistik Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Downloads

Published

2017-05-30

How to Cite

Ahmad, M., & Asmaidah, S. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik untuk Membelajarkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 373–384. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i3.460

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 38 39 40 41 42 43 

You may also start an advanced similarity search for this article.