Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses dalam Pembelajaran Matematika terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah pada Peserta Didik Kelas VIII SMP DDI SIBATUA PANGKAJENE

Authors

  • Andi Yunarni Yusri STKIP Andi Matappa

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i3.463

Keywords:

Memahami Aljabar Notasi, Aljabar Notasi, Kemampuan Verbal, Understanding the Algebraic Notation, Algebraic Notation, Verbal Ability

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemahaman siswa tentang notasi aljabar melalui kemampuan. Pemahaman dalam penelitian ini berarti kemampuan menerjemahkan (translasi), kemampuan menafsirkan (interpretasi), dan kemampuan untuk melakukan ekstrapolasi (ekstrapolasi). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas 5 di sekolah dasar, terdiri dari 2 siswa dengan kemampuan verbal tinggi yang disebut subjek verbal tinggi (SVT), 1 siswa dengan subjek verbal menengah (SVS), dan 1 siswa dengan subjek verbal rendah (SVR ). Fokus dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemahaman siswa tentang notasi aljabar berdasarkan kemampuan verbal mereka dalam terjemahan, interpretasi, dan ekstrapolasi. Data dikumpulkan dengan melakukan wawancara berbasis uji coba dengan subyek penelitian. Data penelitian divalidasi dengan metode triangulasi, yaitu wawancara dengan menggunakan pertanyaan utama seperti pertanyaan yang tercantum dalam TPNA. Data penelitian dianalisis dengan (a) mempelajari data subjek dan membandingkan data yang diwawancarai untuk mendapatkan data yang valid, (b) melakukan reduksi data dengan membuat abstraksi, (c) mengklasifikasi dan mengidentifikasi data untuk menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pemahaman notasi aljabar dengan subjek verbal tinggi (SVT): (a) pemahaman simbol yang termasuk dalam pemahaman translate (translasi), (b) memahami konsep simbol tapi Blum mampu membedakan antara simbol dan variabel, (c) mampu menafsirkan makna notasi aljabar (simbol dan tanda) dengan baik; (2) pemahaman notasi aljabar medium verbal subject (SVS): (a) pemahaman simbol yang termasuk dalam pemahaman translate (translasi), (b) mengenali simbol namun belum dapat membedakan simbol dan variabelnya, c) mampu menafsirkan makna notasi aljabar (simbol dan tanda) dengan baik; (3) pemahaman notasi aljabar dengan subjek verbal rendah (SVR): (a) pemahaman simbol yang termasuk dalam pemahaman translasi (translasi), (b) mengenali simbol namun belum dapat membedakan simbol dan variabelnya, c) belum bisa menafsirkan makna notasi aljabar (simbol, variabel, dan tanda) dengan baik.

The purpose of the study is to describe the students’ understanding on algebraic notation through abilities. The understanding in this study means the ability to translate (translation), the ability to interpret (interpretation), and the ability to extrapolate (extrapolation). This study is qualitative research. The subjects of this study are 4 fifth grade students in elementary school, consisted of 2 students with high verbal ability called as high verbal subject (SVT), 1 student with medium verbal subject (SVS), and 1 student with low verbal subject (SVR). The focus of this research is to describe the students’ understanding on algebraic notation based on their verbal abilities in translation, interpretation, and extrapolation. The data were collected by conducting test-based interview to the research subjects. The research data were validated by conducting triangulation method, namely interview using major questions as the questions stated in TPNA. Research data were analyzed by (a) studying the subject data and comparing interviewed data to obtain the valid one, (b) conducting data reduction by making the abstraction, (c) classifying and identifying the data to draw the conclusion. The results of the study reveals that (1) the understanding of algebraic notation of high verbal subject (SVT): (a) understanding of the symbols included in the comprehension translate (translation), (b) understand the concept of the symbol but Blum was able to distinguish between symbols and variables, ( c) able to interpret the meaning of algebraic notation (symbols and signs) well; (2) the understanding of algebraic notation of medium verbal subject (SVS): (a) understanding of the symbols included in the comprehension translate (translation), (b) recognize symbols but have not been able to distinguish the symbols and variables, (c) is able to interpret the meaning of the notation algebra (symbols and signs) well; (3) the understanding of algebraic notation of low verbal subject (SVR): (a) understanding of the symbols included in the comprehension translate (translation), (b) recognize symbols but have not been able to distinguish the symbols and variables, (c) has not been able to interpret the meaning of algebraic notation (symbol, variable, and marks) well.

References

Amin Suyitno. (2008). Dasar-dasar Pembelajaran Matematika I. Semarang: UNNES.

Ani Minarni. (2014). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Terhadap Kemampuan Matematika Dan Keterampilan Sosial Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika PARADIKA, Vol 6 nomor 2 hal.162 (diakses pada tanggal 28 April 2016).

Dimyati & Mujiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hidayat. (2009). Diktat Mata kuliah Teori Pembelajaran Matematika. Semarang.

Inayatul Hidayah. (2011). Pengaruh Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Keterampilan Proses Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII MTs Nurul Huda. Semarang: Skripsi.

Kasmadi. (2014). Panduan Modern Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Moh. Uzer Usman. (2008). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nanang Budi Nugroho. (2014). Pengembangan Rpp Dan Lks Berbasis Problem Based

Learning Pada Materi Himpunan Untuk Siswa Smp Kelas VII, Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Oemar Hamalik. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Riyanto. (2002). Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Siswono. (2008). Model Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Surabaya: UNESA University Press.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suhana. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Pada Pokok Bahasan Kubus dan Balok Kelas VIII SMP Negeri 3 Ma’rang Kabupaten Pangkep. Skripsi, Tidak diterbitkan, STKIP Pangkep.

Sukmadinata. (2006). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Walker. (1996). Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Wina Sanjaya. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Pranada Media Group.

Downloads

Published

2017-05-30

How to Cite

Yusri, A. Y. (2017). Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses dalam Pembelajaran Matematika terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah pada Peserta Didik Kelas VIII SMP DDI SIBATUA PANGKAJENE. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 407–418. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i3.463

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.