Kecepatan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Melalui Model Problem Based Learning di SMK Pembangunan Tanjungpinang

Authors

  • Linda Jasira Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Rezky Ramadhona Universitas Maritim Raja Ali Haji
  • Linda Rosmery Tambunan 1,2,3Pendidikan Matematika, FKIP

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i2.504

Keywords:

Kecepatan Menyelesaikan Soal Matematika, Soal Cerita Matematika, Problem Based Learning, Speed Solving Mathematics Problem, Mathematical Problem Story

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kecepatan siswa dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear tiga variabel melalui model pembelajaran Problem Based Learningdi kelas X SMK Pembangunan Tanjungpinang. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMK Pembangunan Tanjungpinang yang berjumlah 27 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, yakni siklus pertama terdiri dari 3 kali pertemuan dan siklus kedua terdiri dari 3 kali pertemuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes untuk mengukur kecepatan keterampilan siswa dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear tiga variabel, lembar observasi pelaksanaan pembelajaran, pencapaian alokasi waktu dan catatan lapangan. Data dari hasil tes, observasi dan catatan lapangan dari semua data yang diperoleh tersebut dianalisis secara deskriptif kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecepatan siswa dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear tiga variabel siswa kelas X SMK Pembangunan Tanjungpinang mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II setelah dilaksanakan pembelajaran melalui model pembelajaran Problem Based Learning. Dengan demikian, siswa mempunyai respon yang positif terhadap pembelajaran matematika melalui model Problem Based Learning dalam upaya meningkatkan kecepatan siswa dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear tiga variabel.

This research is a Classroom Action Research that aims to improve the speed of students in solving the problem story system of linear equations of three variables through the model of Problem-Based Learning in class X SMK Pembangunan Tanjungpinang. Subjects in this study were the students of class X in Vocational Development Tanjungpinang totaling 27 students. This research is conducted in 2 cycles, the first cycle consists of 3 meetings and the second cycle consists of 3 meetings. The instrument used in this study is a test to measure the speed of the student's skills in solving the story problem of linear equations system of three variables, observation sheet of learning implementation, achievement of time allocation, and field notes. Data from the test results, observations, and field notes of all the data obtained are analyzed descriptively and qualitatively. Research results show that the speed of students in solving the problem story system of linear equations of three variables of students’ class X SMK Development Tanjungpinang increased from cycle I to cycle II after implementing learning through the model of learning Problem-Based Learning. Thus, students have a positive response to the learning of mathematics through the model of Problem-Based Learning to increase the student's speed in solving the problem story system of linear equations of three variables.

References

Arikunto, Suharsimi, (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Astuti, Rahardjo. (2011). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Lniear Dua Variabel Berdasarkan Langkah Penyelesaian Polya. Universitas Negeri Malang. Diambil dari http://ejurnal.unm.ac.id/

Febrian, F. (2016). T he Instruction To Overcome The Inert Knowledge Issue In Solving Mathematical Problem. Jurnal Gantang, 1(1), 16–25.

Hariyanto, Warsono. (2014). Pembelajaran Aktif. Jakarta: T Remaja Rosdakarya. Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII Smp Negeri B. Srikaton Tahun Pelajaran 2015/2016. Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Diambil dari http://ejurnal.stkip.ac.id/

Rusman. 2014. Model – Model Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Silitonga, N., & Febrian, F. (2016). Penyelesaian Masalah Bangun Datar Siswa Kelas Vii: Kesalahan Dan Kategorisasinya. Jurnal Gantang, 1(2), 57–68.

Sutikno S. (2014). Metode dan Model – Model Pembelajaran. Lombok: PT Holistica.

Sukardi. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Tindakan Kelas:Implementasidan Pengembangannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Yusri, A. Y. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Vii Di Smp Negeri Pangkajene. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 51–62.

Downloads

Published

2018-05-30

How to Cite

Jasira, L., Ramadhona, R., & Tambunan, L. R. (2018). Kecepatan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Melalui Model Problem Based Learning di SMK Pembangunan Tanjungpinang. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 229–238. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i2.504

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.