The Influence of RME-Based Teaching Media Assisted by Pixton Application on Students' Mathematics Problem Solving Ability

Authors

  • Novika Sukmaningthias Universitas Sriwijaya
  • Yunisyah Hasyanah Universitas Sriwijaya
  • Novita Sari Universitas Sriwijaya
  • Zuli Nuraeni Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v12i2.790

Keywords:

Kemampuan pemecahan masalah matematis, Media ajar berbasis RME, Pixton, Mathematical problem solving ability, RME-based teaching media

Abstract

Kemampuan pemecahan matematika siswa di Indonesia tergolong rendah, guru perlu menerapkan media pembelajaran yang dapat melatih kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, yang salah satu media tersebut adalah media ajar berbasis RME (Realistic Mathematics Education) berbantuan aplikasi pixton. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media ajar berbasis RME berbantuan aplikasi pixton terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen menggunakan desain The Pretest-Posttest Non-Equivalent Control Group, yang dilakukan di salah satu SMP Negeri Kota Palembang. Sampel yang digunakan yaitu siswa kelas VIII.6 sebanyak 33 orang dan siswa kelas VIII.2 sebanyak 31 orang, dengan menggunakan instrumen tes. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan bantuan SPSS. Hasil analisis data diperoleh kesimpulan terdapat pengaruh media ajar berbasis RME berbantuan aplikasi pixton terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.

Students' mathematical solving abilities in Indonesia are relatively low, teachers need to apply instructional media that can train students' mathematical problem-solving abilities, one of which is RME (Realistic Mathematics Education)-based teaching media assisted by the pixton application. The purpose of this study was to determine the effect of RME-based teaching media assisted by the Pixton application on students' mathematical problem solving abilities. This research is a quantitative study with a quasi-experimental method using The Pretest-Posttest Non-Equivalent Control Group design, which was conducted at one of Palembang City Public Middle Schools. The samples used were 33 students in class VIII.6 and 31 students in class VIII.2, using a test instrument. Data analysis technique using t-test with the help of SPSS. The results of the data analysis concluded that there was an influence of RME-based teaching media assisted by the pixton application on students' mathematical problem-solving abilities.

References

Afriansyah, E. A. (2022). Peran RME terhadap Miskonsepsi Siswa MTs pada Materi Bangun Datar Segi Empat. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 359-368.

Aklimawati, & Mahmuzah, R. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP dengan Menggunakan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Jurnal Peluang, 6(2), 8–9.

Christina, E. N., & Adirakasiwi, A. G. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Tahapan Polya dalam Menyelesaikan Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(2), 405–424. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i2.405-424

Diana, Fitriani, N., & Amelia, R. (2021). Sistem Persamaan Linear Dua Variabel: Ditinjau dari Analisis Kesalahan Siswa MTs Kelas VIII pada Pembelajaran Daring. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4), 985–992. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.985-992

Fakhriyana, D., Mardiyana, & Aryuna, D. R. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematika dalam Memecahkan Masalah Model Programme For International Student Assessment (PISA) pada Konten Perubahan dan Hubungan Ditinjau dari Kecerdasan Logis Matematis Siswa Kelas IX SMP Muhammadiyah Program Khusus Surakart. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 2(6), 421–434.

Farida, I., & Lukman Hakim, D. (2021). Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(5), 1123–1136. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i5.1123-1136

Gabriella, J., & Imami, A. I. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi SPLDV. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 454–458.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gozali, I., Nindiasari, H., & Fatah, A. (2022). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Disposisi Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa The Effect of Problem Based Learning on Mathematical Disposition and Students’ Problem Solving Ability. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 12 (2), 102–110.

Hadi, S., & Novaliyosi. (2019). Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS). The Language of Science Education, 108–108. https://doi.org/10.1007/978-94-6209-497-0_97

Harefa, D., & La’ia, H. T. (2021). Media Pembelajaran Audio Video terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 327. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.327-338.2021

Hasyim, A. F., Munawar, B., & Ma’arif, M. (2021). Penggunaan Media Video untuk Meningkatkan Pemahaman Karakteristik Arus Searah dan Bolak-Balik pada Peserta didik MAN 1 Pandeglang. Jurnal Pendidikan, 9(1), 5–24.

Hidayah, K. M. N. (2019). Pengembangan Media Komik Digital Menggunakan Pixton Disertai Quiz ( KAHOOT ) Pada Konsep Sistem Gerak. Skripsi. Jakarta: FKIP Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Jamil, H., Ibrahim, M. M., Sriyanti, A., Idris, R., & Belajar, H. (2021). Pendampingan Peningkatan Hasil Belajar Matematika Assistance In Improving The Mathematics Student Learning Outcomes of Grade XI MA YPPI Bulukumba. KHIDMAH: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(2), 30–40.

Kuswiarti, Juariah, D., & Rahayu, G. D. S. (2019). Peningkatan hasil belajar cerita anak melalui metode pembelajaran cooperative script pada siswa kelas V SD. COLLASE, 2(2), 49–61.

Maghfiroh, R., Khabibah, S., & Amintoko, G. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Operasi Bentuk Aljabar. Journal Discovery, 6(2), 84–95.

Matondang, K. Matondang, A. R. (2022). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa melalui Pendekatan Matematika Realistik. OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika, 1(1), 22–28. https://doi.org/10.47662/farabi.v4i2.250

Muzaini, M. (2018). Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematis Siswa: Suatu Eksperimen pada Salah Satu Sekolah di Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(1), 51–61.

Novianti, & Salim, M. B. (2018). Pengaruh Pemberian Pre Test dan Post Test terhadap Kesiapan dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII di SMP Negeri 7 Metro Tahun Pelajaran 2015/2016. Kappa Journal, 2(1), 1. https://doi.org/10.29408/kpj.v2i1.754

Nurhayati, E., Nurfauziah, P., & Fitriani, N. (2021). Analisis Kesulitan Siswa Kelas VIII dalam Memahami Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(6), 1609–1620. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i6.1609-1620

OECD. (2018). Programme for International Student Assessment (PISA). The Language of Science Education, 79–79. https://doi.org/10.1007/978-94-6209-497-0_69

Panggabean, N. S., Hamdani, & Nursangaji, A. (2022). Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Komik Kelas VIII. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 11(2), 1–9. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/53013/75676592428

Purnamasari, I., & Setiawan, W. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi SPLDV Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika (KAM)). Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(2), 207. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i2.771

Putro, P. C., & Setyadi, D. (2022). Pengembangan Komik Petualangan Zahlen Sebagai Media Pembelajaran Matematika Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 131-142.

Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian di Bidang Manajemen Teknik, Pendidikan dan Eksperimen. Yogyakarta Deepublish Publisher.

Selan, D., & Yunianta, T. N. H. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas 8 Berdasarkan Tahapan Ideal untuk Materi SPLDV Bentuk Tidak Rutin. Jurnal Satya Widya, 36(2), 133–143.

Sianipar, S. G. E. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikam Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Menggunakan Fase Newman. MATHEdunesa, 9(3), 478–486.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Sumardjoko, I., & Akhmadi, M. H. (2020). Pengukuran Utilitas Dana Kapitasi Puskesmas dengan Capaian Standar Pelayanan Minimal Kesehatan di Indonesia Measuring Operation Cost Utility Of Public-Health Center With Minimum Health Service Standard Achievement in Indonesia. Gorontalo Journal of Public Health, 3(2), 80–90.

Syach, A. (2022). Strategi Pendekatan Pembelajaran Dalam Al-Quran. Jurnal Tahsinia, 3(2), 127–137. https://doi.org/10.57171/jt.v3i2.331

Usmadi, U. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas dan Uji Normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1), 50–62. https://doi.org/10.31869/ip.v7i1.2281

Wansurni, D., Syamsuddin, N., & Susanti, S. (2022). Pemahaman Konsep Matematis Siswa melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education SMP. Jurnal Equation: Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 5(2), 57. https://doi.org/10.29300/equation.v5i2.7356

Witanta, V. A., Baiduri, B., & Inganah, S. (2019). Pengembangan Komik sebagai Media Pembelajaran Matematika pada Materi Perbandingan Kelas VII SMP. Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.36706/jls.v1i1.9565

Downloads

Published

2023-04-30

How to Cite

Sukmaningthias, N., Hasyanah, Y., Sari, N., & Nuraeni, Z. (2023). The Influence of RME-Based Teaching Media Assisted by Pixton Application on Students’ Mathematics Problem Solving Ability. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 363–374. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v12i2.790

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.