Realistic Mathematics-Based E-Booklets to Improve Students' Mathematical Literacy Ability

Authors

  • Indah Wahyuni UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Suwarno UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Dila Afdhila UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v13i1.1983

Keywords:

E-Booklet, Literasi Matematis, Matematika Realistik, Media Pembelajaran, Mathematical Literacy, Learning Media, Realistic Mathematics

Abstract

Kemampuan literasi numerasi siswa SMP masih rendah. Diperlukan media untuk memfasilitasi peningkatan literasi numerasi, misalnya dengan E-booklet berbasis matematika realistik. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses pengembangan dan validitas, serta kepraktisan efektivitas pengembangan E-Booklet berbasis matematika realistik terhadap kemampuan literasi matematis siswa. Model penelitian dan pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian dilakukan pada salah satu SMPN di Siliragung. Subjek penelitian dipilih dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui wawancara, kuesioner, dan tes. Analisis data menggunakan uji-t untuk mengetahui peningkatan kemampuan literasi matematis siswa. Hasil  penelitian ini berupa e-booklet berbasis matematika realistik pada materi perbandingan dengan kriteria valid dengan rerata presentase validitas sebesar 93%. E-booklet ini dinyatakan praktis digunakan dalam proses pembelajaran dengan perolehan rerata kepraktisan sebesar 80% dan dinyatakan efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa. E-booklet berbasis matematika realistik memenuhi kevalidan, kepraktisan dan keefektifan sehingga layak digunakan sebagai media pembelajaran.

The numeracy literacy ability of junior high school students is still low. Media is needed to facilitate the improvement of numeracy literacy, for example with realistic mathematics-based E-booklets. This study aims to describe the development process and validity, as well as the practicality of the effectiveness of developing realistic mathematics-based E-Booklets on students' mathematical literacy abilities. The research and development model in this study uses the ADDIE model (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). The study was conducted at one of the junior high schools in Siliragung. The research subjects were selected using purposive sampling techniques. Data were collected through interviews, questionnaires, and tests. Data analysis used the t-test to determine the improvement of students' mathematical literacy abilities. The results of this study were in the form of realistic mathematics-based e-booklets on comparative material with valid criteria with an average validity percentage of 93%. This e-booklet was declared practical to use in the learning process with an average practicality of 80% and was declared effective in improving students' mathematical literacy abilities. Realistic mathematics-based e-booklets meet validity, practicality and effectiveness so they are suitable for use as learning media.

References

Afriansyah, E. A., Nuraeni, R., Puspitasari, N., Sundayana, R., Jejen, J., Sumia, S., ... & Lesmana, A. (2023). Training of Realistic Mathematics Education Learning Approach in Salawu Village. Indonesian Journal of Community Empowerment (IJCE), 4(01), 26-32.

Al fuad, Z., & Zuraini. (2016). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Kelas I SDN 7 Kute Panang. Jurnal tunas bangsa.

Amalia, I., N., & Murti, T. (2020). Pengembangan E-Booklet Berbasis Karakter Kemandirian dan Tanggung Jawab melalui Aplikasi Edmodo Pada Materi Bangun Datar Article History. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(3), 282–291.

Https://doi.org/10.17977/um038v3i32020p282

Amalia, N. I., Yuniawatika, & Murti, T. (2020). Pengembangan E-Booklet Berbasis Karakter Kemandirian dan Tanggung Jawab Melalui Aplikasi Edmodo Pada Materi Bangun Datar. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(3), 282–291. Https://doi.org/10.17977/um038v3i32020p282

Fathurrohman, M. A., Nasibah, A., Hayati, M. N., & Fatkhomi, F. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran 3D Buklet Berbasis Literasi Sains. Pancasakti Science Education Journal, 6(2), 77–83.

Haque, S. D., & Zafri, Z. (2021). Pengembangan E-Booklet Sebagai Bahan Ajar Sejarah Indonesia Di SMA Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kausalitas Siswa. Jurnal Kronologi, 3(3), 197–206. https://doi.org/10.24036/jk.v3i3.214

Holisin, i. (2007). Pembelajaran Matematika Realistik (PMR). Didaktis, 5(3), 1–68.

Iqrima, Zulkarnain, I., & Kamaliyah. (2023). Soal Matematika dalam Materi Statistika Berbasis Etnomatematika untuk Mengukur Literasi Matematis Siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 39-50.

Johar, R., Aslamiah, S., Husin, M., & Yanti, I. (2023). Teacher Efforts in Developing Student Creativity through Realistic Mathematics Education in Elementary School. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(4), 721-734.

Kurniawan, L. C., & Wahyuni, I. (2024). Development of E-Worksheet Based on Engineering Design Process for Composition Function Material. RaDEn: Research and Development in Education, 4(1), 162–175.

https://doi.org/10.22219/raden.v4i1.32204

Latifah, Y., Maryati, I., Sundayana, R., & Afriansyah, E. A. (2022). Kajian literatur: Efektivitas penggunaan pendekatan realistics mathematic educations terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 309-315.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. PT. Refika Aditama.

Asmaruddin, S. N. (2018). Desain Buku Ajar Matematika Bilingual Materi Bangun Datar Menggunakan Pendekatan PMRI Berkonteks Kebudayaan Lokal. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 345-356.

Mahdiansyah, & Rahmawati. (2014). Literasi Matematika Siswa Pendidikan Menengah: Analisis Menggunakan Desain Tes Internasional Dengan Konteks Indonesia 1 Mathematical Literacy of Students at Secondary Education Level: An Analysis Using International Test Design with Indonesian Context. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 20.

Nastiti, F. N. F., & Syaifudin, A. H. (2020). Hubungan Pemahaman Konsep Matematis Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP N 1 Plosoklaten Pada Materi Lingkaran. Jurnal pendidikan matematika, 4.

Netriwati, & Lena, M. S. (2017). Media Pembelajara. Permata Net.

Nisa, U. K., Yekti Kwasaning Gusti, V., & Nadiyyah, K. (2024). Pengembangan Media Konkret Berbasis Realistic Mathematic Education Pada Pembelajaran Bangun Ruang. Journal of Science and Social Research, 4307(1), 368–377.

Oktaviana, R., Effendi, M. M., & Rosyadi, A. A. P. (2023). Analysis of Mathematics Learning Based on Minimum Competency Assessment in the 2013 Curriculum at SMP Muhammadiyah 1 Malang. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(4), 833-844.

Oktaviya, U., & Wahyuni, I. (2024). Development of Monokram (Islamic Integrated Mathematics Monopoly) Learning Media on Numbers Material. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 15(1), 1–10.

https://doi.org/10.15294/3hag6286

Pertiwi, a. D., nurfatimah, s. A., & hasna, s. (2022). Menerapkan Metode Pembelajaran Berorientasi Student Centered Menuju Masa Transisi Kurikulum Merdeka. Jurnal pendidikan tambusai, 6.

Prananda, A., Mahadi, I., & Suzanti, F. (2022). Pengembangan E-Booklet Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Minat Balajar Peserta Didik (Discovery Learning-Based E-Booklet Development for Increase Students Interest Learning). Bio-Lectura: Jurnal Pendidikan Biologi, 9(2),277–286. https://doi.org/10.31849/bl.v9i2.11688

Purnomo, B. W., & Sari, A. F. (2021). Literasi matematika siswa IPS dalam menyelesaikan soal PISA konteks saintifik. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 357-368.

Puspita, W. R., Herman, T., & Dahlan, J. A. (2023). Students' Mathematical Literacy in Addressing Contextual Questions Through Adversity Quotient. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(4), 771-782.

Rahmawati, A., Cholily, Y. M., & Zukhrufurrohmah. (2023). Analyzing Students' Mathematical Communication Ability in Solving Numerical Literacy Problems. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 59-70.

Saefudin, A. A. (2012). Pengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Al-bidayah, 4(1), 37–48.

Sari, E. F. P., Zulkardi, Putri, R. I. I., & Darmawijoyo. (2023). Math Teachers' Perceptions Regarding Financial Literacy. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 419-428.

Sarip, M., Amintarti, S., & Utami, N. H. (2022). Validitas Dan Keterbacaan Media Ajar E-Booklet Untuk Siswa SMA/MA Materi Keanekaragaman Hayati. JUPEIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(1), 43–59. https://doi.org/10.57218/jupeis.vol1.iss1.30

Septia, T., & Wahyu, R. (2023). Literasi Digital Peserta Didik Dalam Pembelajaran Geometri Terintegrasi Geogebra. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 51-60.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Alfabeta.

Putri, M. S. (2021). Pengembangan Media Booklet Matematika Berbasis Unity of Sciences Pada Materi Trigonometri Untuk Siswa Kelas X Di Man 1 Jember. Skripsi: Institut agama islam negeri jember.

Sopanda, L., Susiaty, U. D., Hartono. (2023). Desain Media E-Booklet Terintegrasi Video Pembelajaran Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Materi Relasi Dan Fungsi. Jurnal Riset Rumpun Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2(1).

Violla, r., & fernandes, r. (2021). Efektivitas Media Pembelajaran E-Booklet Dalam Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi. Jurnal sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1), 13–23.

Warsito, Siregar, N. C., Gumilar, A., & Rosli, R. (2023). STEM for the 21st Century: Building a Stronger Workforce for the Digital Age. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(4), 879-894.

Widyanto, I. P., & vienlentia, r. (2022). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Student Centered Learning. Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 7(4).

Downloads

Published

2024-01-30

How to Cite

Wahyuni, I., Suwarno, & Afdhila, D. (2024). Realistic Mathematics-Based E-Booklets to Improve Students’ Mathematical Literacy Ability. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 151–162. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v13i1.1983

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.