Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Antara Yang Mendapatkan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Dengan Student Teams Achievement Divisions

Authors

  • Yesi Nurbayani STKIP Garut
  • Nanang STKIP Garut

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v2i3.304

Keywords:

Numbered Heads Together, Student Teams Achievement Divisions, mathematical communication skills, kemampuan komunikasi matematis

Abstract

Problems in research in general can decide whether there are differences in the ability of mathematical communication between students who get a cooperative learning type of Numbered Heads Together with Student Teams Achievement Divisions? His way is to experiment with the dwarf in the methods of collecting data on the use and provision of pretest posttest data analysis done with test normality result of the research showed that ho and ha accepted rejected. Then you can conclude that there is a difference between the student mathematical communication skills that get learning cooperative type of Numbered Heads Together with the Student Teams Achievement Divisions.

Permasalahan dalam penelitian ini secara umum dapat dirumuskan apakah terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematik siswa antara yang mendapatkan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dengan Student Teams Achievement Divisions ?. Cara penelitiannya adalah  dengan metode eksperimen, dengan teknik pengumpulan data yang digunakan pemberian pretest dan posttest. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas data, Mann Whitney. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, maka dapat di simpulkan bahwa terdapat perbedaan komunikasi matematik siswa antara yang mendapatkan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dengan Student Teams Achievement Divisions.

References

Darini, R. (2011). Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematikan antara Siswa yng Memperoleh Pembelajaran Tipe Jigsaw dengan Strategi Think-Talk-Write (TTW) di SMP 2 Cibalong. Skripsi STKIP Garut (tidak diterbitkan).

Dewi, A. (2010). ASSESMENT KEMAMPUAN MATEMATIS SISWA (Pemecahan masalah, penalaran, komunikasi, koneksi dan represetasi) DISERTAI RUBRIK PENSKORAN. [Online]. Tersedia: http//rian.hilman.web.id/wp-content/upload/2011/01/tugas-assement-kemampuan-matematika-ASMI-YUNIANA-DEWI.doc [3 Desember 2012]

Herdian. (2010). Kemampuan Komunnikasi Matematika. [Online]. Tersedia: http://herdy07.wordpress.com/2010/05/27/kemampuan-komunikasi-matematis/ [3 Desember 2012]

Isrok’atun. (2006). Pembelajaran Matematika Dengan Strategi Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa. [Online]. Tersedia: http://repository.upi.edu/operator/upload/s_mat_0700253_chapter1.pdf [2 Januari 2013]

Jatnika, Y. (2012). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa (Studi Eksperimen Di Kelas VIII SMP Negeri 2 Cikijing). [Online]. Tersedia: http://yusufjatnika58451000.blogspot.com/2012/08/abstrak-abstrak-yusuf-jatnika.html [2 januari 2013]

Nugraha. (2010). Penggunaan Metode Co-op Co-op dalam Pembelajaran Matematis untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP.[Online]. Tersedia:http://repository.upi.edu/operator/upload/s_mat_044891_chapter1.pdf [2 Januari 2013]

Rahadi, M. (2010). Statistika Parametrik. STKIP-Garut: Tidak diterbitkan.

Sundayana, R. (2010). Statistika Penelitian Pendidikan. STKIP Garut Press.

Taniredja, Tukiran., Faridli, Miftah, Efi. dan Harmianto, Sri. (2011). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta.

Tim Dosen STKIP Garut. (2011). Buku Panduan Penulisan Skripsi. STKIP Garut: Tidak Diterbitkan

Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Yusdi, M. (2011). Pengertian Kemampuan. [Online]. Tersedia: http://milmanyusdi.blogspot.com/2011/07/pengertian-kemampuan.html [18 Desember 2012]

Zainab. (2011). Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. [Online]. Tersedia: http://mgmpmatoi.blogspot.com/2011/12/komunikasi-matematis-dalam-pembelajaran. [2 Januari 2012]

Downloads

Published

2013-09-30

How to Cite

Nurbayani, Y., & Nanang. (2013). Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Antara Yang Mendapatkan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Dengan Student Teams Achievement Divisions . Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 203–212. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v2i3.304

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 35 36 37 38 39 40 41 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.