Diagnosis Kesalahan Mahasiswa dalam Proses Pembuktian Berdasarkan Newmann Error Analysis
DOI:
https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i1.433Keywords:
Diagnosis Kesalahan, Pembuktian, Geometri Euclide, Newmann Error AnalysisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan soal geometri euclide khususnya pada kasus pembuktian. Analisis yang digunakan berdasarkan pada Newmann Error Analysis yang meliputi reading error, comprehension error, transformation error, process skill error dan encoding error. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa program studi pendidikan matematika Universitas Muhammadiyah Ponorogo yang sedang menempuh mata kuliah geometri euclide pada semester ganjil tahun akademik 2016/2017. Jenis dan pendekatan dalam penelitian ini yaitu jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan metode dokumentasi, tes dan wawancara. Analisis dilakukan dengan menganalisis hasil tes kemudian wawancara dengan beberapa mahasiswa dengan tipe kesalahan yang berbeda-beda. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa kesalahan mahasiswa terletak pada kesalahan teori/konsep dasar serta ketidaklengkapan justifikasi pada setiap langkah yang digunakan dalam pembuktian.
References
Ekayanti, Arta. 2016. The Analysis of College Students’ Difficulties in Producing Proofs. Proceedings of International Seminar on Education. Teacher Training and Education Faculty, Muhammadiyah University of Ponorogo.
Iman, A.N, Toto N, Dwiyana, 2016. Diagnosis Kesalahan Siswa Kelas XI SMA Negeri Candipuro pada Materi Penerapan Turunan Fungsi. Seminar Nasional Matematika dan Pembelajarannya 2016. Universitas Negeri Malang, Malang.
Imswatama, A dan Nur’aini Muhassanah, 2015. Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Geometri Analitik Bidang Materi Garis dan Lingkaran. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY 2015. UNY Yogyakarta.
Lexy J Moleong. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Stavrou, Stavros Georgios. 2014. Common Errors and Misconceptions in Mathematical Proving by Education Undergraduates. IUMPST: The Journal. Vol 1 (Content Knowledge), March 2014 [www.k-12prep.math.ttu.edu] ISSN 2165-7874.
Stefanowich, Agata. 2014. Proofs and Mathematical Reasoning. University of Brimingham.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2017 Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.