Pengembangan Kemampuan Komunikasi Matematik melalui Pembelajaran Take and Give

Authors

  • Irena Puji Luritawaty Institut Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.556

Keywords:

Pembelajaran Take and Give, Kemampuan Komunikasi Matematik

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu fakta bahwa kemampuan komunikasi matematik terbukti berperan strategis dalam berbagai kegiatan pembelajaran, termasuk matematika. Tetapi, pencapaiannya belum optimal. Penelitian ini diantaranya bertujuan menemukan sulusi untuk pengembangan kemampuan komunikasi dalam matematika melalui pembelajaran berbasis Take and Give di kalangan mahasiswa agar mempunyai kompetensi untuk berkomunikasi matematika dengan baik sebagai persiapan untuk menjadi guru. Metode kuasi eksperimen digunakan dalam penelitian ini. Adapun populasi yang dipilih yaitu mahasiswa prodi pendidikan matematika pada institut pendidikan swasta di Garut, dengan mahasiswa tingkat IIA dan IIB sebagai sampel dengan jumlah 50 mahasiswa. Penelitian menggunakan instrumen berbentuk tes uraian untuk pretest dan posttest. Dari hasil penelitian secara garis besar diketahui bahwa mahasiswa dengan pembelajaran Take and Give mempunyai kemampuan komunikasi matematik yang lebih baik daripada pembandingnya yaitu mahasiswa dengan pembelajaran ceramah biasa. Pembelejaran Take and give terbukti signifikan dalam mengembangkan kemampuan komunikasi matematik.

References

Baroody, A. J. (1993). Problem Solving, Reasoning and Communicating. K-8: Helping Children Think Mathematically. New York: MacMillan Publishing Company.

Bawono, G. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Take and Give untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri Pengkok 1 Sragen Tahun Pelajaran 2105/2016. E-Journal Karya Ilmiah Mahasiswa, 1–14.

Frastica, Z. R. (2013). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematik Melalui Pendekatan OPEN-ENDED Pada Siswa SMP Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Skripsi pada Progam Studi Pendidikan Matematika UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. pdf. Tersedia di

https://herdy07.wordpress.com/2010/05/27/kemampuan-komunikasi-matematik/

Hartami, P., Abdullah, R., & Safitri, Y. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take and Give Pada Materi Minyak Bumi Di Kelas X MAN Sabang. Lantanida Journal, 2(2).

Hendriana, H., & Soemarmo, U. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Herdian. (2010). Kemampuan Komunikasi Matematika. Tersedia di

https://herdy07.wordpress.com/2010/05/27/kemampuan-komunikasi-matematis/

Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Lagur, D. S., Makur, A. P., & Ramda, A. H. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 357–368.

Meda, L. Y., Wakidi, & Syaiful. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Take and Give Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X. Journal of Mathematics and Science Education, (01).

Nasution, D. P., & Ahmad, M. (2018). Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 389–400.

NCTM. (1989). Curruculum and Evaluation Standards for School Mathematics. Reston, VA: NCTM.

Prasetya, D. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Take and Give disertai Pemberian Reward terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Persamaan Garis Lurus. Universitas Nusantara PGRI Kediri. Tersedia di simki.unpkediri.ac.id/mahasiswa/file_artikel/2017/12.1.01.05.0107.pdf

Russefendi, H. E.T. (2005). Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan & Bidang Non-Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito.

Shoimin, A. (2014). 68 Model pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sritresna, T. (2017). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self-Confidence Siswa melalui Model Pembelajaran Cycle 7E. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 419–430.

Tirtarahardja, U., & Sulo, L. (2005). Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Yulietmi, I. (2013). Model Pembelajaran Take And Give (online). Tersedia di http://dhamma-link.blogspot.co.id/2013/05/model-pembelajaran-take-and-give.html

Within. (1992). Mathematics Task Centre; Proffesional Development and Problem Solving. Melbourne: The Mathematical Association of Victoria.

Downloads

Published

2019-05-31

How to Cite

Luritawaty, I. P. (2019). Pengembangan Kemampuan Komunikasi Matematik melalui Pembelajaran Take and Give. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 239–248. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.556

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.