Peningkatan Kemampuan Literasi Statistis melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek yang Dimodifikasi

Authors

  • Sudi Priyambodo Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Garut
  • Iyam Maryati Institut Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.561

Keywords:

Model pembelajaran berbasis proyek yang dimodifikasi, literasi statistis, kuasi-eksperimen

Abstract

Kemampuan literasi statistis siswa sekolah menengah pertama masih rendah. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan tersebut dengan melakukan inovasi terhadap model pembelajaran yang diterapkan. Berkaitan dengan peningkatan kemampuan literasi statistis tersebut diterapkan model pembelajaran berbasis proyek yang dimodifikasi. Metode dalam penelitian ini metode kuasi-eksperimen dengan instrumen penelitian soal tes berupa indikator kemampuan literasi statistis. Subjek penelitian siswa kelas VIII pada Madrasah Tsanawiyah berjumlah 36 orang siswa. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan kemampuan literasi statistis yang signifikan antara siswa yang mendapat model pembelajaran berbasis proyek yang dimodifikasi dengan model pembelajaran ekspositori. Model pembelajaran berbasis proyek yang dimodifikasi dapat digunakan sebagai alternatif model pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan literasi statistis.

References

Dasari, D. (2006). Kemampuan Literasi Statistis dan Implikasinya dalam Pembelajaran. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1–9.

Gal, I. (2002). Adults’ statistical literacy: Meanings, components, responsibilities. International Statistical Review, vol.70(No. 1), 1-25.

Hafiyusholeh, M., Budayasa, K., & Siswono, T. Y. E. (2017). Literasi Statistik : Siswa SMA dalam Membaca , Menafsirkan , dan Menyimpulkan Data, 1(1), 79–85.

Hamzah. (2009). Teori Pembelajaran Kontruktivisme. Jurnal Psikologi Pendidikan, 2(no 3), h 1.

Kemdikbud.go.id. (2018). Hasil Ujian Nasional SMP/MTs.

Kemdikbud. (2017). Buku Guru Matematika Kurikulum 2013 Revisi 2017.

Lanani, K. (2015). Kemampuan Penalaran Statistis, Komunikasi Statistis dan Academic help-seeking Mahasiswa dalam Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan ICT.

Martadiputra, B. A. P. (2012). Kajian Tentang Kemampuan Melek Statistis (Statistical Literacy), Penalaran Statistis (Statistical Reasoning), Dan Berpikir Statistis (Statistical Thinking) Guru SMP/SMA.

Maryati, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Materi Pola Bilangan di Kelas Vii Sekolah Menengah Pertama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 63–74.

Maryati, I., & Priatna, N. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Statistis Siswa Madrasah Tsanawiyah dalam Materi Statistika, 2(2), 205–212.

Rudi. (2014). Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) dalam Materi Statistika SMP, 1–13.

Saiman. (2016). Analisis kesulitan siswa dalam belajar statistik khususnya pada histogram. Aksioma, 5(2), 231–240.

Sumardyono, Priatna, N., & Anggraena, Y. (2016). Model Pembelajaran Matematika, Statistika, dan Peluang. JAKARTA: Erlangga.

Sundayana, R. (2012). Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Statistika Melalui Pemberian Praktikum Pengolahan Data Berbantuan Komputer pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika STKIP Garut. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 51–58.

Zanthy, L. S. (2018). Kontribusi Resiliensi Matematis Terhadap Kemampuan Akademik Mahasiswa pada Mata Kuliah Statistika Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 85–94.

Downloads

Published

2019-05-31

How to Cite

Priyambodo, S., & Maryati, I. (2019). Peningkatan Kemampuan Literasi Statistis melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek yang Dimodifikasi. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 273–284. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.561

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.