Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Perbandingan dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual

Authors

  • Yuni Agnesti IKIP Siliwangi
  • Risma Amelia IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.664

Keywords:

Perbandingan, Pendekatan Kontekstual, Penyebab Kesulitan, Penelitian Kualitatif, Comparison, Contextual Approach, Causes of Difficulty, Qualitative Research

Abstract

Mempelajari matematika dianggap sulit oleh mayoritas siswa. Solusinya, peneliti menerapkan sebuah pendekatan pembelajaran kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki faktor-faktor penyebab kesulitan siswa dalam mempelajari materi perbandingan. Penelitian deskriptif kualitatif ini menggunakan instrumen soal cerita berjumlah 3 soal. Subjek penelitian adalah 24 orang siswa yang dipilih secara purposive sampling pada salah satu SMP di Kabupaten Bandung Barat. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan wawancara. Hasil penelitian kemudian dianalisis secara deskriptif untuk mencapai tujuan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa SMP Pasundan Rongga belum sepenuhnya mencapai target yang diharapkan. Siswa masih banyak yang mengalami kesulitan untuk menyelesaikan soal cerita. Kesulitan siswa yang dominan dapat dikategorikan ke dalam tiga bentuk, yaitu kurangnya pemahaman konsep, tergesa-gesa menyelesaikan soal, dan kurangnya memahami soal. Berdasarkan hasil wawancara, penyebab kesulitan tersebut karena siswa belum terbiasa diberikan soal berbentuk cerita. Soal cerita perlu lebih sering diberikan kepada siswa guna menambah pengalaman belajarnya.

Learning mathematics is considered difficult by the majority of students. The solution, researchers apply a contextual learning approach. This study aims to investigate the factors that cause students' difficulties in studying comparative material. This qualitative descriptive study used three-story questions as instruments. The research subjects were 24 students who were selected by purposive sampling at one of the junior high schools in West Bandung Regency. Data collection was carried out using tests and interviews. The research results were then analyzed descriptively to achieve the research objectives. The results showed that the students of SMP Pasundan Rongga had not fully achieved the expected targets. There are still many students who have difficulty solving story questions. The students' dominant difficulties can be categorized into three forms, namely a lack of understanding of the concept, rushing to solve the problem, and a lack of understanding the problem. Based on the results of the interview, the cause of the difficulty was because students were not used to being given questions in the form of stories. Story questions need to be given to students more often in order to increase their learning experience.

References

Anggoro, S, B. (2016). Analisis Persepsi Siswa SMP terhadap Pembelajaran Matematika Ditinjau dari Perbedaan Gender dan Disposisi Berpikir Kreatif Matematis. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika. 7(2), 153-166.

Afriansyah, A, E., (2017). Problem Posing Sebagai Kemampuan Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 163–180.

Afriansyah, A, E., (2017). Desain Lintasan Pembelajaran Pecahan Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 463-474.

Agnesti, Y., & Amelia, R., (2020). Penerapan Pendekatan Kontekstual dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Perbandingan dan Skala terhadap Siswa SMP . Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 347–358.

Agnesti, Y., & Amelia, R., (2020). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII SMP Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Perbandingan Ditinjau Dari Gender. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 151–162.

Aripin, U. (2018). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita bangun datar segiempat ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematik untuk siswa kelas VII. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(6), 1135-1142.

Darjiani, N. N. Y., Meter, I. G., & Negara, I. G. A. O. (2015). Analisis Kesulitan-Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V Dalam Implementasi Kurikulum 2013 di SD Piloting Se-Kabupaten Gianyar Tahun Pelajaran 2014 / 2015. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1), 1–11.

Durandt, R., & Jacobs, G. J. (2018). Exploring the initial convictions and mindset of prospective mathematics teachers towards modelling. In Educating Prospective Secondary Mathematics Teachers (pp. 307-324). Springer, Cham.

Dwidarti, U., Mampouw, L. H., & Setyadi, D., (2019). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Himpunan. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematik, 3(2), 315-322.

Ferdianto, F., & Yesino, L., (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi SPLDV Ditinjau dari Indikator Kemampuan Matematis. SJME: Supremum Journal of Mathematics Education), 3(1), 32-36.

Fouze, A. Q., & Amit, M. (2017). Development of mathematical thinking through integration of ethnomathematic folklore game in math instruction. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(2), 617-630.

Fujii, T. (2018). Lesson study and teaching mathematics through problem solving: The two wheels of a cart. In Mathematics lesson study around the world (pp. 1-21). Springer, Cham.

Hamidah, D., Putri, R. I. I., & Somakim, S. (2018). Eksplorasi Pemahaman Siswa pada Materi Perbandingan Senilai Menggunakan Konteks Cerita di SMP. Jurnal Riset Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM), 1(1), 1-10.

Herminingtyas, R. E. (2019). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Kompetensi Dasar Soal Cerita Perbandingan melalui Metode Scientific. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, 13(2), 157-162.

Indarwati, I., Wahyudi, & Ratu, N., (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Penerapan Problem Based Learning Untuk Siswa Kelas V SD. Satya Widya: Jurnal Penelitian Pengembangan Kependidikan, 30(1), 17–27.

Irawatie, A., Iswahyuni, I., & Setyawati, M. E. (2019). Education learning development of character education-based state defense. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 6(8), 27-42.

Khusna, H., & Ulfah, S., (2021). Kemampuan Pemodelan Matematis dalam Menyelesaikan Soal Matematika Kontekstual. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 153-164.

Komara, E. (2017). Curriculum and Civic Education Teaching in Indonesia. EDUCARE, 10(1).

Larasati, Y., & Mampouw, L, H., (2018). Pemberian Scaffolding Untuk Menyelesaikan Soal Cerita Materi Perbandingan Senilai Dan Berbalik Nilai. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 47-56.

Mulyadin, E., Sowanto, S., & Dusalan, D. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dalam Meningkatkan Pemahaman Matematis Pada Materi Perbandingan Siswa SMP. SUPERMAT (Jurnal Pendidikan Matematika), 4(1), 40-51.

Novriani, M. R., & Surya, E. (2017). Analysis of student difficulties in mathematics problem solving ability at MTs SWASTA IRA Medan. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR), 33(3), 63-75.

Puspithasari, H. D., & Pujiastuti, H. (2021). Analysis of Students' Understanding of Mathematical Concepts in Solving Comparative Problems. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 5(1), 181-188.

Putri, D. A., Winarni, R., & Surya, A. (2021). Analisis kesulitan belajar pemecahan masalah matematika berdasarkan newman procedure pada peserta didik kelas V sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria, 9(3).

Qizi, F. N. F. (2021). Modernization Of Uzbek Language and National-Spiritual Heritage In National Culture. The American Journal of Social Science and Education Innovations, 3(01), 585-594.

Rofi’ah, N., Ansori, H., Mawaddah, S. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam MenyelesaikanSoal Cerita Matematika Berdasarkan Langkah Polya. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 120-129

Rahayu, P., Mardiyana, & Saputro, S. R. D., (2015). Eksperimentasi Model Problem Based Learning Dan Discovery Learning Pada Materi Perbandingan Dan Skala Ditinjau Dari Sikap Peserta Terhadap Matematika Didik Dikelas VII SMP Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 3(3). 242-256.

Rismayantini, R., Kadarisma, G., & Rohaeti, E. E. (2021). Analisis Epistemological Obstacle pada Materi Perbandingan Siswa SMP Kelas VIII. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(1), 81-90.

Saputri, R. A. (2019). Analisis pemecahan masalah soal cerita materi perbandingan ditinjau dari aspek merencanakan Polya. Majalah Ilmiah Kependidikan, 3.

Sari, N. M. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Mengerjakan Soal Matematika Materi Perbandingan Kelas VII SMP Luhur Baladika. Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika, 3(1), 22-33.

Shanta, S., & Wells, J. G. (2020). T/E design based learning: assessing student critical thinking and problem solving abilities. International Journal of Technology and Design Education, 1-19.

Simamora, R. E., Sidabutar, D. R., & Surya, E. (2017). Improving learning activity and students’ problem solving skill through problem based learning (PBL) in junior high school. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR), 33(2), 321-331.

Surya, E., & Putri, F. A. (2017). Improving mathematical problem-solving ability and self-confidence of high school students through contextual learning model. Journal on Mathematics Education, 8(1), 85-94.

Toha, M., Mirza, A., & Ahmad, D. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Perbandingan Di Kelas VII SMP.

Utari, D. R., Wardana, M. Y. S., & Damayani, A. T. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 534-540.

Verschaffel, L., Depaepe, F., & Van Dooren, W. (2020). Word problems in mathematics education. Encyclopedia of mathematics education, 908-911.

Walkington, C., Clinton, V., & Sparks, A. (2019). The effect of language modification of mathematics story problems on problem-solving in online homework. Instructional Science, 47(5), 499-529.

Yuanita, P., Zulnaidi, H., & Zakaria, E. (2018). The effectiveness of Realistic Mathematics Education approach: The role of mathematical representation as mediator between mathematical belief and problem solving. PloS one, 13(9), e0204847.

Yuliani, W. (2018). Metode penelitian deskriptif kualitatif dalam perspektif bimbingan dan konseling. Quanta, 2(2), 83-91.

Yustianingsih, R., Syarifuddin, H., & Yerizon, Y. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas VIII. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 258-274.

Downloads

Published

2021-05-30

How to Cite

Agnesti, Y., & Amelia, R. (2021). Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Perbandingan dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 311–320. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.664

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.