Students’ Scientific Attitudes and Creative Thinking Skills

Authors

  • Halini Universitas Tanjungpura
  • Zubaidah R Universitas Tanjungpura
  • Revi Lestari Pasaribu Universitas Tanjungpura
  • Ade Mirza Universitas Tanjungpura
  • Ekasatya Aldila Afriansyah Institut Pendidikan Indonesia Garut

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v12i2.786

Keywords:

analisis korelasi Kendall Tau, kemampuan berfikir kreatif, scientific attitudes, Kendall Tau correlation analysis, creative thinking ability, scientific attitude

Abstract

Salah satu yang dapat mempengaruhi terbangunnya keterampilan berfikir kreatif adalah scientific attitudes seseorang. Tujuan penelitian ini adalah (a) Mendeskripsikan profil scientific attitudes mahasiswa Program Studi Pendidikan matematika, (b) Mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa Program Studi Pendidikan matematika, (c) Menguji keterkaitan antara scientific attitudes dan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa. Aspek kelancaran, aspek keaslian dan aspek kerincian termasuk kategori tinggi. Sedangkan aspek keluwesan termasuk pada kategori sedang. Bentuk penelitian menggunakan mixed methods dengan status sepadan yaitu menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Sedangkan sampel penelitian adalah mahasiswa yang tidak mengulang pada mata kuliah penilaian proses dan hasil pembelajaran matematika tahun ajaran 2022/2023. Pengambilan sampel menggunakan teknik klaster random sampling. Pengujian hipotesis penelitian dengan menggunakan analisis korelasi Kendall Tau. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat keterkaitan yang erat antara scientific attitudes dengan kemampuan berfikir kreatif mahasiswa pada perkuliahan penilaian proses dan hasil belajar matematika.

One that can affect the development of creative thinking skills is a person's scientific attitude. The aims of this study were (a) to describe the scientific attitude profile of students in the Mathematics Education Study Program, (b) to describe the creative thinking skills of students in the Mathematics Education Study Program, (c) to test the relationship between scientific attitudes and students' creative thinking skills. Aspects of fluency, aspects of creativity, and aspects of fact are included in the high category. In comparison, the aspect of flexibility is included in the medium category. This form of research uses mixed methods with commensurate status, namely using a qualitative descriptive approach and a quantitative approach. Meanwhile, the research sample was students who did not repeat the mathematics learning process and results in the 2022/2023 school year assessment course. Sampling using cluster random sampling technique. Testing the research hypothesis using Kendall Tau correlation analysis. The results of hypothesis testing show a close relationship between scientific attitudes and students' creative thinking abilities in the process assessment lectures and mathematics learning outcomes.

References

Adi, N. P., Yulianto, R. A., & Zaini, M. Z. (2019). Menumbuhkan Sikap Ilmiah (Kolaborasi, Keterbukaan Diri, dan Tanggung Jawab) melalui Pembelajaran Kontekstual. Spektra: Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 5(2). https://doi.org/10.32699/spektra.v5i2.98

Afriansyah, E. A. (2021). Realistic mathematics education berbasis emergent modeling untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematis serta curiosity mahasiswa calon guru (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Arsanti, M., Zulaeha, I., Subiyantoro, S., & S, N. H. (2021). Tuntutan Kompetensi 4C Abad 21 dalam Pendidikan di Perguruan Tinggi untuk Menghadapi Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 4(1).

Eka Pratiwi, D., Sesunan, F., & Putu Nyeneng, I. D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat dan Model Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Fisika dan Sikap Ilmiah Siswa. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(1), 13–21. https://doi.org/10.23960/jpf.v6.n1.201802

Facione, P. A. (2020). Critical thinking: What it is and why it counts. Insight assessment. Journal of Chemical Information and Modeling.

Faturohman, I., & Afriansyah, E. A. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa melalui Creative Problem Solving. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1). https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.562

Griffin, P., & Care, E. (2015). The ATC21S Method. In Assessment and Teaching of 21st Century Skills. https://doi.org/10.1007/978-94-017-9395-7_1

Handayani, U. F. (2021). Berpikir Kreatif Siswa Kemampuan Matematika Tinggi dalam Memecahkan Masalah Kontekstual. Pi: Mathematics Education Journal, 4(2), 91–101. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/pmej91

Hands, A. S. (2022). Integrating quantitative and qualitative data in mixed methods research: An illustration. Canadian Journal of Information and Library Science, 45(1). https://doi.org/10.5206/CJILSRCSIB.V45I1.10645

Harso, A., Suastra, I. W., & Sudiatmika, A. I. A. R. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Heuristik Vee terhadap Pemahaman Konsep Fisika dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Langke Rembong Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(2).

Hunaepi. (2017). Kajian literatur tentang pentingnya sikap ilmiah. Prosiding Seminar Nasional Pusat Kajian Pendidikan Sains dan Matematika Tahun 2016, November 2017.

Jamilah, S. (2020). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kreatif dan Berinteraksi Sosial terhadap Keterampilan Menulis Cerita Pendek Bahasa Indonesia. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 2(03). https://doi.org/10.30998/diskursus.v2i03.6706

Kemala Sari, I., Fitriati Fitriati, D., & Bina Bangsa Getsempena, U. (2021). Pengaruh Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 1 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(1).

Kiranadewi, D. F., & Hardini, A. T. A. (2021). Perbandingan Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Model Problem Solving terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran PPKn. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1). https://doi.org/10.23887/jlls.v4i1.33860

Kusuma, M., Rosidin, U., & Viyanti, V. (2013). Pengaruh Sikap Ilmiah terhadap Hasil Belajar dan Kemandirian Belajar melalui Strategi Scaffolding-Kooperatif. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Lampung, 1(2).

Leikin, R., & Lev, M. (2013). Mathematical creativity in generally gifted and mathematically excelling adolescents: What makes the difference? ZDM - International Journal on Mathematics Education, 45(2). https://doi.org/10.1007/s11858-012-0460-8

Munandar, U. (1999). Kreativitas dan Keberbakatan. In Kreativitas dan Keberbakatan, 2017(1).

Murtiningsih. (2017). Penerapan model pembelajaran talking stick pada mata pelajaran IPS di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional KSDP Prodi S1 PGSD Universitas Negeri Malang.

Nursa’adah, F. P., & Rosa, N. M. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Kimia Ditinjau dari Adversity Quotient, Sikap Ilmiah dan Minat Belajar. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(3). https://doi.org/10.30998/formatif.v6i3.992

Panjaitan, A. H., & Surya, E. (2017). Creative Thinking (Berpikir Kreatif) dalam Pembelajaran Matematika View Project Critical Thingking dalam Pembelajaran Matematika View Project. In Aba Journal (Issue December).

Permata, H. K., Meryansumayeka, M., Scristia, S., & Yusuf, M. (2022). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa pada Pembelajaran Trigonometri Berbasis Higher Order Thinking Skills. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3). https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5379

Ramalingam, D., Anderson, P., Duckworth, D., Scoular, C., & Heard, J. (2020). Creative Thinking : Definition and Structure. Australian Council for Educational Research. .

Razak, F., & Kamaruddin, R. (2018). Pengaruh Sikap Ilmiah Siswa terhadap Hasil Belajar Materi Bangun Ruang Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Minasatene. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1). Https://Doi.Org/10.31980/Mosharafa.V7i1.349

Rochim, A., Hidayati, W. S., & Masruroh, F. (2023). Students’ Profiles with Interpersonal and Intrapersonal Intelligence in Solving Mathematical Problems. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 35-46.

Rozi, F. A., & Afriansyah, E. A. (2022). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis berdasarkan disposisi matematis siswa. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 4(2), 172-185.

Sari, C. E. (2020). Identifikasi Sikap Ilmiah dalam Melakukan Praktikum Fisika pada Peserta Didik SMAN 12 Makassar. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika, 16(1). https://doi.org/10.35580/jspf.v16i1.15281

Sari, R. F., & Afriansyah, E. A. (2022). Kemampuan berpikir kreatif matematis dan belief siswa pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 275-288.

Sarwanto, S. (2021). Level of Inquiry Pembelajaran Fisika: Pengaruhnya terhadap Kemampuan Kognitif Ditinjau dari Sikap Ilmiah Siswa. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 9(2). https://doi.org/10.20961/inkuiri.v9i2.50086

Umam, K. (2021). Kurikulum dan Tuntutan Kompetensi Abad 21. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(3). https://doi.org/10.14421/njpi.2021.v1i3-4

Utami, R. W., Endaryono, B. T., & Djuhartono, T. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Pendekatan Open-Ended. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1).

Wahyudi, M., & Wulandari, I. G. A. A. (2021). Kontribusi Gaya Kognitif dan Sikap Ilmiah terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 5(1).

Wahyudi, W. (2016). Analisis Kontribusi Sikap Ilmiah, Motivasi Belajar dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika STKIP PGRI PONTIANAK. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 1(2).

Wahyuni, A., & Hidayati, D. W. (2020). Pengaruh Kemampuan Berfikir Kreatif Berbasis ICT terhadap Kemampuan Spasial Mahasiswa. Jurnal Informa: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 6(1). https://doi.org/10.46808/informa.v6i1.165

Wahyuni, A., & Kurniawan, P. (2018). Hubungan Kemampuan Berpikir Kreatif terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Matematika, 17(2). https://doi.org/10.29313/jmtm.v17i2.4114

Widiastuti, V. S., Susanti VH, E., & Susilowati, E. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery-Inquiry Terbimbing dan Bebas Termodifikasi Ditinjau dari Sikap Ilmiah terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Materi Hidrolisis Garam Kelas XI Semester Genap SMA N 1 Boyolali Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Kimia, 7(2). https://doi.org/10.20961/jpkim.v7i2.25854

Windiarti, T., & Mayasari, T. (2019). Analisis Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Kelas X pada Materi Listrik Dinamis. SNPF Seminar Nasional.

Yuliatin, B. H., Purwoko, A. A., Muntari, M., & Mutiah, M. (2021). Hubungan antara Sikap Ilmiah dan Keterampilan Berpikir Kreatif pada Mahasiswa Pendidikan Kimia di Universitas Mataram. Chemistry Education Practice, 4(3). https://doi.org/10.29303/cep.v4i3.2733

Zifarma, Z. (2022). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Kemampuan Berfikir Kreatif terhadap Prestasi Belajar IPA. SCIENCE: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA, 2(4).

Zubaidah, R., Fitriawan, D., Halini, & Astuti, D. (2021). Development of Higher Order Thinking Skills (HOTS) Based Mathematics Test Using the Rasch Model For First Middle School Students. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 9(2), 100–115.

Downloads

Published

2023-04-30

How to Cite

Halini, R, Z., Pasaribu, R. L., Mirza, A., & Afriansyah, E. A. (2023). Students’ Scientific Attitudes and Creative Thinking Skills. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 315–326. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v12i2.786

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.