Student Anxiety Level When Going to College in the Mathematics Education Study Program with Mathematics Scores

Authors

  • Fransiskus Gatot Santoso Widya Mandala Surabaya Catholic University
  • Gregoria Ariyanti Widya Mandala Surabaya Catholic University

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v12i3.825

Keywords:

Aspek Fisik, Aspek Mental, Aspek Perilaku, Kecemasan Mahasiswa, Nilai Matematika, Physical Aspects, Mental Aspects, Behavioral Aspects, Student Anxiety, Mathematics Score

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tingkat kecemasan pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika (PSPM) UKWMS ketika akan berkuliah di PSPM terhadap nilai matematika di STTB SMA/SMK. Jenis penelitian ini ialah penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah mahasiswa PSPM (Kampus Kota Madiun) UKWMS Angkatan Tahun 2022 sebanyak 7 mahasiswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kuesioner. Kuesioner yang dibuat adalah kecemasan mahasiswa dalam menghadapi mata pelajaran matematika. Aspek kecemasan yang diteliti adalah aspek fisik, aspek mental, dan aspek perilaku. Metode analisis data dalam penelitian ini ialah statistik deskriptif karena data berupa angka-angka. Data ini berupa skor kecemasan mahasiswa dan nilai matematika di STTB SMA/SMK mahasiswa. Hasil penelitian ini diperoleh rataan skor kecemasan mahasiswa ketika akan berkuliah di PSPM berdasarkan aspek fisik sebesar 42,43 (kriteria tingkat kecemasan sedang), aspek mental sebesar 42,29 (kriteria tingkat kecemasan sedang), dan aspek perilaku sebesar 39,43 (kriteria tingkat kecemasan rendah). Secara keseluruhan rataan skor kecemasan mahasiswa ketika akan berkuliah di PSPM sebesar 124,14 (kriteria tingkat kecemasan sedang). Sedangkan rataan nilai matematika mahasiswa di STTB SMA/SMK sebesar 84,91.

The purpose of this study is to determine the level of anxiety in students of the UKWMS Mathematics Education Study Program (PSPM) when going to study at PSPM mathematics grades in the high school/vocational school STTB. This type of research is descriptive. The research subjects were 7 MESP (Madiun City Campus) WMSCU Class of 2022 students. The data collection method used in this research is the questionnaire method. The questionnaire made is about student anxiety in facing math subjects. The aspects of anxiety studied are physical, mental, and behavioral. The data analysis method in this research is descriptive statistics because the data is in the form of numbers. This data is in the form of student anxiety scores and math scores in the STTB SMA / SMK students. The results of this study obtained an average student anxiety score when going to college at PSPM based on physical aspects of 42.43 (moderate anxiety level criteria), mental aspects of 42.29 (moderate anxiety level criteria), and behavioral aspects of 39.43 (low anxiety level criteria). Overall, the average score of student anxiety when studying at PSPM is 124.14 (moderate anxiety level criteria). Meanwhile, the average student's mathematics score at the high /vocational school STTB is 84.91.

References

Al-Qonuni, S., & Afriansyah, E. A. (2023). Miskonsepsi siswa smp pada materi perbandingan dengan menggunakan four tier diagnostic test. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(2), 205-214.

Auliya, R. N. (2016). Kecemasan Matematika dan Pemahaman Matematis. Jurnal Formatif: Jurnal Ilmiah MIPA Universitas Indraprasta PGRI Jakarta, 6(1), 12–22. https://doi.org/ 10.30998/formatif.v6i1.748

Dzulfikar, A. (2013). Studi Literatur: Pembelajaran Kooperatif Dalam Mengatasi Kecemasan Matematika dan Mengembangkan Self Efficacy Matematis Siswa. Proseding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta, 9 Nov2013, MP 45-54.

Giriansyah, F. E., & Pujiastuti, H. (2021). Pengaruh Kecemasan Matematis dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika (JKPM) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta, 6(2), 307–318. https://doi.org/ 10.30998/jkpm.v6i2.9938

Jarnawi. (2020). Mengelola Cemas di Tengah Pandemi Corona. Jurnal Al-Taujih Bimbingan Dan Konseling Islam, 3(1), 60–73.

Kusmaryono, I., & Ulia, N. (2020). Interaksi gaya mengajar dan konten matematika sebagai faktor penentu kecemasan matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 143-154.

Nevid, J. S., Rathus, S. A., & Greene, B. (2005). Psikologi Abnormal (Fifth Ed.). Erlangga.

Pratami, S. R., Sundayana, R., & Sofyan, D. (2023). Kesalahan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berdasarkan prosedur newman pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(2), 165-174.

Rahayu, N. S., Liddini, U. H., & Maarif, S. (2022). Berpikir Kreatif Matematis: Sebuah Pemetaan Literatur dengan Analisis Bibliometri Menggunakan Vos Viewer. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 179-190.

Riski, F., Marethi, I., & Rafianti, I. (2019). Pengaruh Kecemasan Matematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa di SMA. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Serang Raya, 2(2), 11–23. https://doi.org/ 10.30656/gauss.v2i2.1750

Rohmah, A., Rosita, M. D., Fatimah, E. R., & Wahyuni, I. (2023). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa kelas vii smp dalam menyelesaikan soal cerita materi segitiga. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(2), 175-184.

Salinas, K. J. H., Jecyl Ramayla Tolibao, & Dr. Jerald C. Moneva. (2019). Student’s Anxiety In Mathematics. International Journal of Novel Research in Education and Learning (IJNREL), 6(1), 46–55.

Sari, N. M., & Yulia, P. (2023). Kompetensi Kepribadian Guru Matematika di Madrasah Tsanawiyah. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 73-82.

Shiraev, E. B., & Levy, D. A. (2016). Psikologi Lintas Kultural (Pemikiran Kritis dan Terapan Modern) (Edisi 4). Prenada Media Group.

Sugiyono. (2019). Statistika untuk Penelitian (Cetakan 30). Alfabeta.

Syafri, F. S. (2017). Ada Apa Dengan Kecemasan Matematika. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 1(1), 59–65.

Tamba, K. P., & Bermuli, J. E. (2023). Pre-Service Biology Teachers’ Mathematics Anxiety. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 327-338.

Wijaya, A. P., & Yusup, M. (2023). Kemampuan Komunikasi Matematis Tertulis Peserta Didik dengan Model Problem Based Learning pada Materi SPLDV. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 61-72.

Wijayanti, M. (2000). Tingkat Kecemasan dalam Menghadapi Pelajaran Matematika dan Hubungannya dengan Prestasi Belajar Matematika dan Tingkat Keadaan Ekonomi Orang Tua, serta Perbedaan Tingkat Kecemasan dalan Menghadapi Pelajaran Matematika Antara Siswa Putra dan Putri, di Kala [Universitas Sanata Dharma Yogyakarta].

Zay, D. A., & Kurniasih, M. D. (2023). Exploring Math Anxiety Towards the Students’ Computer Self-Efficacy in Learning Mathematics. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 113-124.

Downloads

Published

2023-07-30

How to Cite

Santoso, F. G., & Ariyanti, G. (2023). Student Anxiety Level When Going to College in the Mathematics Education Study Program with Mathematics Scores. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(3), 531–544. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v12i3.825

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.