The Analysis of Language Use in Math Story Problems in Mid and Final Semester Assessment Manuscript

Authors

  • Lina Siti Nurwahidah Institut Pendidikan Indonesia Garut

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v12i3.836

Keywords:

PAS, penggunaan Bahasa, PTS, soal cerita, final semester assessment, language use, Math story problems, mid semester assessment

Abstract

Soal cerita matematika merupakan bentuk soal yang melatih pemahaman berhitung dan membaca. Evaluasi akan menjadi tidak efektif jika penggunaan bahasa dalam soal cerita matematika kurang baik. Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan gambaran tentang penggunaan bahasa dalam soal cerita pada naskah Penilaian Akhir Semester (PAS) dan Penilaian Tengah Semester (PTS) mata pelajaran Matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analitik. Sumber data didapatkan dari naskah soal PAS dan PTS Matematika yang digunakan oleh sekolah dasar di Garut. Jumlah seluruh naskah ada 36 naskah dengan jumlah butir soal   yang merentang dari tahun pelajaran 2017-2018 sampai 2022-2023 sebanyak 1020 soal.  Penganalisisan dilakukan pada soal cerita yang tersebar pada lima tipe jenis soal, yakni soal pilihan ganda, soal pilihan ganda analisis kasus, betul-salah, menjodohkan, dan soal uraian. Hasil analisis data menyimpulkan bahwa terdapat ketidaktepatan dalam penggunaan bahasa soal cerita matematika dengan persentase yang variatif. Untuk ketidakgramatikalan berjumlah 31 persen, ketidaktepatan diksi 25 persen, ketidakhematan 15 persen, ketidakparalelan 6 persen, dan ketidaklogisan 22 persen.

Math story problems are a form of problem that trains counting and reading comprehension. The evaluation will be ineffective if the use of language in the math story problems is flawed. This study aimed to get an overview of the use of language in the Math story problems in Final and Mid Semester Assessment manuscripts. This study used a qualitative approach with an analytic descriptive method. The data was obtained from the mathematics assessment question texts used by elementary schools in Garut, with 36 manuscripts comprising 1020 questions spanning from 2017-2018 to 2022-2023 academic years. The analysis was carried out on the language problems in the story problems question types used in the multiple choices, case analysis multiple choices, true-false, matching, and essay questions. Based on the analysis, there were inaccuracies in the use of the language with varying percentages. Thirty-one percent of the data are ungrammatical, 25 percent use incorrect diction, 15 percent are ineffective, 6 percent are non-parallel, and 22 percent are illogical.

References

Al-Qonuni, S., & Afriansyah, E. A. (2023). Miskonsepsi siswa smp pada materi perbandingan dengan menggunakan four tier diagnostic test. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(2), 205-214.

Ardani, A. & Nurkhalfidhoh, C. (2021). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar dan Gender. Jurnal Theorems, 6(1), 41-50.

Aziez, F. (2008). Pengajaran Bahasa Komunikatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Dhanawaty, N. M. (2017). Pengantar Linguistik Umum. Bali: Pustaka Larasan.

Dianti, A. P., Amaliyah, A., & Rini, C. P. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Menyelesaikan Soal Cerita Siswa Kelas IV SD Negeri Petir 4 Kota Tangerang. Berajah Journal, 2(1), 16-24. https://doi.org/10.47353/bj.v2i1.44

Erath, K., Ingram, J., Moschkovich, J., & Prediger, S. (2021). Designing and Enacting Instruction that Enhances Language for Mathematics Learning: A Review of the State of Development and Research. ZDM – Mathematics Education, 53, 245–262. https://doi.org/10.1007/s11858-020-01213-2

Fitriah, L., Savitri, D. E., Anh, H. H. V., & Choily, Y. M. (2021). Analisis Kalimat Efektif pada Soal Cerita Bidang Studi Matematika di SMK. Anafora, 1(1), 1-11.

Hardani, H. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.

Juhara, E. (2005). Cendekia Berbahasa. Jakarta: Setia Purna Inves.

Kadir, K. (2008). Kemampuan Komunikasi Matematik dan Keterampilan Sosial Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 339-350. UNY: Yogyakarta.

Keraf, G. (2007). Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT Gramedia.

Maruka, S. R. (2018). Penggunaan Kalimat Efektif dalam Poster pada Majalah Dinding Universitas Tadulako. Pendidikan Bahasa dan Sastra, 3(1), 1-5.

Marzuqi, I. (2016). Penulisan Kalimat Efektif Soal Cerita dalam Bidang Studi Matematika Sekolah Menengah Pertama dan Atas. Pentas, 2, 1–8.

Maulyda, M. A., Annizar, A. M., Hidayati, V. R., & Mukhlis, M. (2019). Analysis of Students’ Verbal and Written Mathematical Communication Error in Solving Word Problem. Journal of Physics: Conference Series, 1538 (2020), 1-11. doi:10.1088/1742-6596/1538/1/012083

Miles, M. B. & Huberman, A. M. (1992). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: Universitas Indonesia Press

Mustakim, M. (2019). Bentuk dan Pilihan Kata. Jakarta: Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra.

Parera, J. D. (2008). Belajar Mengemukakan Pendapat. Jakarta: Erlangga.

Pongsakdi, N., Kajamies, A., Veermans, K., Lertola, K., vauras, M., & Lehtinen, E. (2020). What Makes Mathematical Word Problem Solving Challenging? Exploring the Roles of Word Problem Characteristics, Text Comprehension, and Arithmetic Skills. ZDM, 52, 33–44. https://doi.org/10.1007/s11858-019-01118-9

Puspita, T., Muzdalipah, I., & Nurhayati, E. (2023). Kemampuan Penalaran Proporsional pada Materi Perbandingan. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 107-116.

Rahardi, K. (2020). Pragmatik. Yogyakarta. Amara Books.

Ramadhanti, D. (2015). Penggunaan Kalimat Efektif dalam Karya Ilmiah Siswa. Jurnal Gramatika, 1(2), 167-173.

Rodríguez-Martínez, J. A., González-Calero, J. A., Sáez-López, J. M. (2020). Computational Thinking and Mathematics Using Scratch: An Experiment with Sixth-Grade Students. Interactive Learning Environments, 28(3), 316-327. https://doi.org/10.1080/10494820.2019.1612448

Rohid, N., Suryaman, S., Rusmawati, R. D. (2019). Students’ Mathematical Communication Skills (MCS) in Solving Mathematics Problems: A Case in Indonesian Context. Anatolian Journal of Education, 4(2), 19-30. https://doi.org/10.29333/aje.2019.423a

Setiyani, S., Putri, P. D., Ferdianto, F., & Fauji, S. H. (2020) Designing a digital teaching module based on mathematical communication in relation and function. Journal on Mathematics Education, 11(2), 223-236. https://doi.org/10.22342/jme.11.2.7320.223-236

Soedjito, S. (2007). Kalimat Efektif. Bandung: CV Remadja Karya.

Soneira, C., González-Calero, J. A., & Arnau, D. (2023). Effect of Algebraic Language and Problem Text Wording on Problem Model Accuracy when Solving Age Word Problems. Educational Studies in Mathematics, 2023. https://doi.org/10.1007/s10649-023-10236-x

Sugiyono, S. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Jakarta: Alfabetha.

Suladi, S. (2019). Paragraf. Jakarta: Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra.

Syakur, A. S., Purnamasari R., Kurnia, D. (2021). Analisis Kesulitan Belajar pada Mata Pelajaran Matematika. Pedagogia, 3(2), 84-89.

Syamsuddin, A. R., & Vismaia, S. D. (2010). Metode Penelitian Bahasa. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Vicente, S., Verschaffel, L., Sánchez, R., & Múñez, D. (2022). Arithmetic Word Problem Solving Analysis of Singaporean and Spanish Textbooks. Educational Studies in Mathematics, 111, 375–397. https://doi.org/10.1007/s10649-022-10169-x

Wakhata, R., Mutarutinya, V., & Balimuttajjo, S. (2022). Secondary School Students’ Attitude towards Mathematics Word Problems. Humanities and Social Sciences Communications, 9(444), https://doi.org/10.1057/s41599-022-01449-1

Downloads

Published

2023-07-30

How to Cite

Nurwahidah, L. S. (2023). The Analysis of Language Use in Math Story Problems in Mid and Final Semester Assessment Manuscript. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(3), 675–688. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v12i3.836

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 22 23 24 25 26 27 

You may also start an advanced similarity search for this article.