Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Pendekatan Number Head Together (NHT) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa

Studi Kuasi Eksperimen pada Kelas VIII A dan VIII B di MTs. Muhammadiyah Bayubud Tahun Pelajaran 2012/2013

Authors

  • Eva Noviani Sutisna STKIP Garut
  • Nanang STKIP Garut

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v2i2.274

Keywords:

model pembelajaran kooperatif, number head together, NHT, kemampuan komunikasi matematis

Abstract

In Mathematic Subject, the quality of interpretation and response are skill a special problem for the student, it's because of math characteristic consists of a lot of terminology and symbols which is indicate that the ability of Math communicative is low. Based on that problem, to develop student’s Math Communicative skill, the whiner would try to Find out the best way to Improve its skill. The writer chooses Cooperative Learning Through Number Head Together (NHT) to develop student’s may communicative. In this research the writer uses experimental method that she generates the data to get detail result. The population of study is the student of VIII of MTs. Muhammadiyah Bayubud Wanaraja Garut. The writer takes random sample of the student, after analyzing and experimenting the development of student’s Math communicative ability through Cooperative Learning Number Head Together (NHT) is better than a convention one.

Dalam matematika, kualitas interpretasi dan respon itu seringkali menjadi masalah istimewa. Hal ini sebagai salah satu akibat dari karakteristik matematika itu sendiri yang sarat dengan istilah dan symbol yang mengiindikasi bahwa kemampuan komunikasi matematika masih rendah. Berdasarkan masalah diatas, penulis mencoba mencari cara yang terbaik untuk meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika siswa dengan pendekatan Kooperatif melalui teknik Number Head Together ( NHT). Penelitian ini penulis menggunakan metode kuasi eksperimen, polulasi yang diambila adalah kelas VIII MTs. Muhammadiyah Bayubud wanaraja Garut, dengan sempel acak. Setelah menganalisa dan eksperimen, diperoleh kesimpulan bahwa Kemampuan Komuniaksi Matematika siswa yang menggunakan pendekatan model pembelajaran Kooperatif Number Head Together (NHT) lebih baik dibandingkan pembelajaran Konvensional.

References

Alma, B. (2008). Guru Profesional Menguasai Metode dan Terampil Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Ali, I. (2013). Number Head Together (NHT) [online] Tersedia : http//www.iqbalali.com/2013/04/nht-numbered head together.html [ 02 April 2013]

Aryan, B.S. (2008). Membangun Keterampilan Komunikasi Matematiaka dan Nilai Moral Siswa Memalui Model Pembelajaran Bentang Pangajen. [Online].Tersedia : http://rbaryyans.wordpress.com/2008/10/28/membangun-keterampilan-komunikasi-matematika-dan-nilai-moral-siswa-melalui-model-pembelajaran-bentang-pangajen/. [12 April 2012]

Depdiknas. (2003). Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta : Pusat Kurikulum, Balitbang Depdiknas.

Djamarah,S.B Dan Zain, A. (2002).Strategi Belajar Mengajar : Rineka Cipta.

Johnson & Johnson (1994). Cooperative Learning in The Classroom. Virginia, Association for Supervision and Curriculum Development.

Irianto,B.A.(2003). Menumbuhkembangkan Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematika Siswa SMU melalui Strategi TTW. Skripsi UPI Bandung: Tidak dipublikasikan

Maryam, S. (2012). Metode Ceramah dalam pembelajaran (metode konvensional). Tersedia : shere-pangaweruh.blogspot.com/2012/06/metode-ceramah-dalam-pembelajaran.html.[01 Januari 2013]

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Downloads

Published

2013-05-30

How to Cite

Sutisna, E. N., & Nanang. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Pendekatan Number Head Together (NHT) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa: Studi Kuasi Eksperimen pada Kelas VIII A dan VIII B di MTs. Muhammadiyah Bayubud Tahun Pelajaran 2012/2013. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 77–86. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v2i2.274

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.