Analisis Kesalahan Siswa SMK Dalam Menyelesaikan Soal Kecakapan Matematis Pada Materi Bangun Ruang

Authors

  • Masta Hutajulu IKIP Siliwangi
  • Eka Senjayawati IKIP Siliwangi
  • Eva Dwi Minarti IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.573

Keywords:

Analisis Kesalahan, Kecakapan Matematis, Bangun Ruang, Error Analysis, Mathematical Proficiency, Three-dimensional Geometry

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah siswa SMK membutuhkan suatu keahlian, kemampuan atau kecakapan untuk mengaplikasikan setiap kompetensi termasuk kecakapan matematis dalam dunia kerja. Kecakapan matematis dinilai sangat penting dan dibutuhkan dalam meningkatkan kualitas dirinya. Tujuan penelitian ini untuk melihat hasil analisis kesalahan siswa SMK dalam menyelesaikan soal kecakapan matematis pada materi bangun ruang. Subyek yang digunakan adalah 5 orang siswa kelas XII di SMK TI Pembangunan Cimahi. Bentuk pengambilan data yaitu pemberian soal tes dengan indikator berbeda pada setiap butir soal. Penelitian ini merupakan sebuah studi pendahuluan. Dari rekapitulasi perhitungan yang telah dilakukan, didapat bahwa persentase kesalahan yang paling banyak dilakukan siswa yakni 80 % pada indikator adaptive reasoning (penalaran adaptif), dimana siswa masih melakukan kesalahan dilihat dari aspek konseptual sebesar 30%, aspek prosedural juga 30% serta aspek teknik 20%. Sedangkan persentase kesalahan yang paling sedikit dilakukan siswa yakni 20 % pada indikator procedural fluency (kelancaran prosedural), dimana siswa tidak melakukan kesalahan dilihat dari aspek konseptual, tetapi pada aspek prosedural melakukan kesalahan 10% serta aspek teknik juga 10%.

The purpose of this study was analyzing the answers of Vocational students on a mathematical proficiency test in three-dimensional geometry. The subjects of this study were 12th-grade students in SMK TI Pembangunan Cimahi. The data obtained from giving a test with indicators of students' mathematical proficiency that is different in each item question. This is a preliminary study. Based on the recapitulation of the results in the analysis and calculations that have been made, it was found that the most percentage of errors made by students is 80% on adaptive reasoning indicators, where students still make mistakes seen from conceptual aspects by 30%, procedural aspects also 30% and technical aspects 20%. While the least percentage of errors is 20% on procedural fluency indicators, where students do not make mistakes on conceptual aspects, but on procedural aspects and technical aspects make mistakes of 10%.

References

Amalia, K., Darhim, D., & Priatna, B. . (2016). Peningkatan kompetensi strategis matematis siswa sekolah menengah kejuruan (smk) melalui strategi team-based learning, 5(1). 1–14.

Asmara, A. S. (2016). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis siswa smk dengan pembelajaran berbasis masalah berbantuan multimedia interactive. Jurnal Sekolah Dasar, 1(1).

Awofala, A. O. (2017). Assessing Senior Secondary School Students’ Mathematical Proficiency as Related to Gender and Performance in Mathematics in Nigeria. International Journal of Research in Education and Science, 3(2). 488–502.

Dhlamini, Z. B., & Luneta, K. (2016). Exploration of the Levels of Mathematical Proficiency Displayed by Grade 12 Learners in Responses to Matric Examinations. International Journal of Educational Sciences, 13(2). 231–246. https://doi.org/https://doi.org/10.3929/ethz-b-000238666

Gais, Z., & Afriansyah, E. A. (2017). Analisis Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal High Order Thinking Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2). 251–262.

Groth, R. E. (2017). Classroom data analysis with the five strands of mathematical proficiency. The Clearing House: A Journal of Educational Strategies, Issues and Ideas, 90(3). 103–109.

Groves, S. (2012). Developing Mathematical Proficiency. Journal of Science and Mathematics Education in Southeast Asia, 35(2). 119–145.

Hendrayana, A. (2017). Pengaruh Pembelajaran Pendekatan Rigorous Mathematical Thinking ( RMT ) terhadap Pemahaman Konseptual Matematis Siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2). 186–199.

Irawan, B, P. (2018). Kecakapan Matematis (Mathematical Proficiency) Siswa dalam Pembelajaran Open-Ended di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Perspektif Pendidikan., 12(1). 60–71. https://doi.org/10.1590/s1809-98232013000400007

Khaerunnisa, E., & Pamungkas, A. S. (2018). Pengembangan Instrumen Kecakapan Matematis dalam Konteks Kearifan Lokal Budaya Banten pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif (Kreano), 9(1). 17–27.

Kilpatrick, J., Swafford, J., & Findell, B. (Eds.). (2001). Adding it up: Helping children learn mathematics. Washington DC: National Academy Press.

Ruswati, D., Utami, W. T., & Senjayawati, E. (2018). Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Tiga Aspek. Jurnal MAJU, 5(1). 91–107. https://doi.org/10.1590/s1809-98232013000400007

Sholihah, S. Z., & Afriansyah, E. A. (2017). Analisis kesulitan siswa dalam proses pemecahan masalah geometri berdasarkan tahapan berpikir Van Hiele. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2). 287–298.

Widjajanti, D. B. (2014). Mengembangkan Kecakapan Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika Melalui Strategi Perkuliahan Kolaboratif Berbasis Masalah. UNY.

Yani, C. F., Roza, Y., Murni, A., & Daim, Z. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2). 203–214.

Yulian, V. N. (2018). Analysing categories of mathematical proficiency based on Kilpatrick opinion in junior high school. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1132, p. 012052)). IOP Publishing. https://doi.org/10.1590/s1809-98232013000400007

Yulianingsih, A., & Dwinata, A. (2018). Analisis Kesalahan Konsep Pecahan pada Siswa Kelas VII A SMP Negeri 13 Satu Atap Tanjungpinang. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2). 199–206.

Downloads

Published

2019-09-30

How to Cite

Hutajulu, M., Senjayawati, E., & Minarti, E. D. (2019). Analisis Kesalahan Siswa SMK Dalam Menyelesaikan Soal Kecakapan Matematis Pada Materi Bangun Ruang. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 365–376. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.573

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 33 34 35 36 37 38 39 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.