Math Teachers' Perceptions Regarding Financial Literacy

Authors

  • Eka Fitri Puspa Sari Universitas PGRI Palembang
  • Zulkardi Universitas Sriwijaya
  • Ratu Ilma Indra Putri Universitas Sriwijaya
  • Darmawijoyo Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v12i2.799

Keywords:

literasi finansial, PMRI, PISA, Persepsi Guru, Financial Literacy, Teacher's Perception

Abstract

Secara umum covid-19 berdampak diberbagai aspek kehidupan, terutama dalam bidang finansial. Kurangnya pengetahuan individu mengenai finansial menyebabkan masalah terhadap kehidupan. Kenyataannya literasi finansial sudah terdapat di dalam kurikulum. Hal ini mendorong penelit untuk mengetahui persepsi guru matematika terhadap literasi finansial. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah semua guru matematika di SMP Negeri 18 Palembang yang berjumlah 6 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu triangulasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket tipe terbuka. Berdasarkan hasil analisis data angket didapatkan bahwa kurangnya pengetahuan guru-guru matematika mengenai literasi finansial. Oleh sebab itu penelitian ini merupakan penelitian awal bagi peneliti untuk melakukan penelitian lanjutan mengenai literasi finansial.

Covid-19 has affected various aspects of life, especially in the financial sector. The lack of financial literacy causes problems in life. In fact, financial literacy has already been infused in the curriculum. This prompted this study to find out the perception of math teachers on financial literacy. This descriptive qualitative study involved six teachers at SMP Negeri 18 Palembang. The method used in the study was triangulation. The data was collected through an open-type questionnaire. Based on the results of the questionnaire data analysis, it was found that mathematics teachers lacked knowledge regarding financial literacy. Therefore, this study was a preliminary study for other studies to further investigate financial literacy.

References

Afriansyah, E. A. (2022). Peran RME terhadap Miskonsepsi Siswa MTs pada Materi Bangun Datar Segi Empat. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 359-368.

Afriansyah, E. A., & Turmudi, T. (2022). Prospective teachers’ thinking through realistic mathematics education based emergent modeling in fractions. Jurnal Elemen, 8(2), 605-618.

Amanita, N. Y. (2017). Pentingnya Literasi Keuagan Bagi Pengelola Keuangan Pribadi. Jural Nominal, 11-=24.

Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Astuti, D. E. (2013). Perilaku Komsumtif Dalam Membeli Barang Pada Ibu Rumahh Tangga Di Kota Samarinda. e_journal Psikologi, 148-156.

Cahyani, N. D., & Sritresna, T. (2023). Kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(1), 103-112.

Chandra, L. M. K. S. B., & Listiani, T. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Mendorong Kedisiplinan Siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 1-14.

Diva, S. A., & Purwaningrum, J. P. (2023). Strategi Mathematical Habits of Mind Berbantuan Wolfram Alpha untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Bangun Datar. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 15-28.

Habibi, M. (2014). Environment education in mathematics classroom: as an effort to develop the critical thinking skills and for environment sustainability concering. Proceeding of International Conference on Research, Implementation and Education of Mathematics and Science. Yogyakarta: Yogyakarta State University.

Iqrima, I., Zulkarnain, I., & Kamaliyah, K. (2023). Soal Matematika dalam Materi Statistika Berbasis Etnomatematika untuk Mengukur Literasi Matematis Siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 39-50.

Krishna, A. R. (2010). Analisis Tingkat Literasi Keuangan di Kalangan Mahasiswa dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Proceedings of The 4th Interantional Conference on Teacher Education: Join Conference UPI&UPSI. Bandung Indonesia.

Lisnani, L., & Inharjanto, A. (2023). Students' Problem-Solving Ability Using Picture Story Contexts. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 101-112.

Mangelep, N. O., & Kaunang, D. F. (2018). Pengembangan Soal Matematika Realistik berdasarkan Kerangka Teori Program for International Students Assessment. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 455-466.

Masfufah, R., & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis kemampuan literasi matematis siswa melalui soal PISA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 291-300.

Nurrawi, A. E. P., Zahra, A. T., Aulia, D., Greis, G., & Mubarok, S. (2023). Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 29-38.

OECD. (2006). Retrieved Mei 24, 2021, from www.oecd.org/publications.

Pebrianti, W., & Puspitasari, N. (2023). Kemampuan Pemahaman Konsep pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau dari Perbedaan Gender Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(1), 55-70.

Purnomo, B. W., & Sari, A. F. (2021). Literasi Matematika Siswa IPS dalam Menyelesaikan Soal PISA Konteks Saintifik. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 357-368.

Rahmawati, A., Cholily, Y. M., & Zukhrufurrohmah, Z. (2023). Analyzing Students' Mathematical Communication Ability in Solving Numerical Literacy Problems. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 59-70.

Saputra, R. J., Sofyan, D., & Mardiani, D. (2023). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari self-confidence siswa pada materi bangun ruang sisi datar. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(1), 79-92.

Seefeldt, C. e. (2010). Social Studies For The Preschool/Primary Child 8Th Edition. New York: Pearson.

Septia, T., & Wahyu, R. (2023). Literasi Digital Peserta Didik Dalam Pembelajaran Geometri Terintegrasi Geogebra. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 51-60.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Aflabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Ulkhaq, M. M. (2023). Determinan pencapaian siswa bidang matematika: Perbandingan antara indonesia dan singapura. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(1), 9-16.

Wijaya, A. P., & Yusup, M. (2023). Kemampuan Komunikasi Matematis Tertulis Peserta Didik dengan Model Problem Based Learning pada Materi SPLDV. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 61-72.

Wilson, S. D. (2003). Factors Influencing Levels of Credit-card Debt in College Students. Journal of Applied Social Psychology, 33:935-947.

Downloads

Published

2023-04-30

How to Cite

Sari, E. F. P., Zulkardi, Putri, R. I. I., & Darmawijoyo. (2023). Math Teachers’ Perceptions Regarding Financial Literacy. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 419–428. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v12i2.799

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 11 12 13 14 15 16 

You may also start an advanced similarity search for this article.