Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sekolah menengah pertama negeri 3 tarogong kidul dalam masalah statistika

Authors

  • Ripki Margani Kusnadi Institut Pendidikan Indonesia Garut
  • Dian Mardiani Institut Pendidikan Indonesia Garut

DOI:

https://doi.org/10.31980/pme.v1i2.1387

Keywords:

Mathematical Problem-Solving Skills, Statistics, Junior High School, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Statistika, SMP

Abstract

Problem-solving is an attempt to find explanations and answers to each problem encountered. Problem-solving is a competency that must be mastered by students in learning mathematics. This study aims to analyze the mathematical problem-solving ability of junior high school students in statistical problems. This research is a type of qualitative research using a descriptive approach. The subjects in this study consisted of nine grade VIII students at SMP Negeri 3 Tarogong Kidul, Garut Regency. In this study, the instruments used were in the form of written test questions and interviews. Based on the results of data analysis from research that has been carried out, it is concluded that the written test results of nine students are included in the very high category, totaling three students, the high category two students, the medium category one student, the low category one student and the very low category two students with the highest total score is 94 and the very low score is 32. The results are taken from the results of the written test.

Pemecahan masalah adalah usaha mencari penjelasan dan jawaban setiap masalah yang dihadapi. Pemecahan masalah merupakan sebuah kompetensi yang harus dikuasai oleh siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sekolah menengah pertama dalam masalah statistika. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari sembilan orang siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Tarogong Kidul Kabupaten Garut. Pada penelitian ini instrumen yang digunakan yaitu berupa soal tes tertulis dan wawancara. Berdasarkan hasil analisa data dari penelitian yang sudah dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa hasil tes tertulis dari sembilan siswa yaitu yang termasuk kategori Sangat tinggi berjumlah tiga siswa, kategori tinggi dua siswa, kategori sedang satu siswa, kategori rendah satu siswa dan kategori sangat rendah dua siswa dengan jumlah skor paling tinggi yaitu 94 dan skor sangat rendah yaitu 32. Hasil tersebut diambil dari hasil tes tulis.

References

Abdurrahman, M. (2012). Anak Berkesulitan Belajar: Teori, Diagnosis, dan Remediasi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Afriansyah, E. A. (2013). Penjumlahan Bilangan Desimal Melalui Permainan Roda Desimal. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY.

Agnesti, Y., & Amelia, R. (2020). Penerapan Pendekatan Kontekstual dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Perbandingan dan Skala terhadap Siswa SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 347-358

Akbar, P., Hamid, A., Bernard, M., & Sugandi, A. I. (2018). Analisis kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematik siswa kelas xi sma putra juang dalam materi peluang. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 144-153.

Albab, I. U., Saputro, B. A., & Nursyahidah, F. (2017). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa melalui collaborative analysis of sample student responses. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 35-44.

Bungsu, T. K., Vilardi, M., Akbar, P., & Bernard, M. (2018). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Di Smkn 1 Cihampelas. Journal on Education, 1(2), 382-389.

Chotimah, S., Ramdhani, F. A., Bernard, M., & Akbar, P. (2018). Pengaruh Pendekatan Model-Eliciting Activities Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa Smp Negeri Di Kota Cimahi. Journal on Education, 1(2), 68-77.

Damianti, D., & Afriansyah, E. A. (2022). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy siswa SMP. INSPIRAMATIKA, 8(1), 21-30.

Dewi, D. K., Khodijah, S. S., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis kesulitan matematik siswa smp pada materi statistika. Jurnal Cendekia, 04(01), 1–7.

Diyastanti, A. (2018). Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan self-esteem matematis siswa kelas VII dengan model eliciting activitie. (Skripsi). Universitas Negeri Semarang.

Hanifah, H. R. F. N., & Nuraeni, R. (2020). Perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa antara think pair share dan think talk write. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 155-166.

Indriana, L., & Maryati, I. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Segiempat dan Segitiga di Kampung Sukagalih. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 541-552.

Jamal, F. (2014). Analisis kesulitan belajar siswa dalam mata pelajaran matematika pada materi peluang kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Meulaboh Johan Pahlawan. Jurnal MAJU (Jurnal Pendidikan Matematika), 1(1), 18-36.

Kurniasari, D., & Sritresna, T. (2022). Kesulitan pemecahan masalah matematis siswa berdasarkan self-esteem pada materi statistika. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(1), 47-56.

Maftuh, M. S. (2018). Profil siswa SMA dalam memecahkan masalah statistika berdasarkan tingkat kemampuan matematika. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1), 71–86.

Maryati, I., & Priatna, N. (2017). Analisis kesulitan dalam materi statistika ditinjau dari kemampuan penalaran dan Komunikasi statistis. Jurnal PRISMA Universitas Suryakancana, VI(2), 173-179.

Nurhasanah, D. S., & Luritawaty, I. P. (2021). Model Pembelajaran REACT Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 71-82.

Pradiarti, R. A., & Subanji, S. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP ditinjau dari Gaya Kognitif. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 379-390.

Puspitasari, N., Afriansyah, E. A., Nuraeni, R., Madio, S. S., & Margana, A. (2019, December). What are the difficulties in statistics and probability? In Journal of Physics: Conference Series, 1402(7). p. 077092. IOP Publishing.

Rahayu, N. S., & Afriansyah, E. A. (2021). Miskonsepsi Siswa SMP pada Materi Bangun Datar Segiempat. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 17-32.

Rahmawati, N. S., Bernard, M., & Akbar, P. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Matematik Siswa Smk Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV). Journal on Education, 1(2), 344-352.

Salma, F. A., & Sumartini, T. S. (2022). Kemampuan Representasi Matematis Siswa antara yang Mendapatkan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan Discovery Learning. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 265-274.

Septiahani, A., Melisari, M., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis Kesalahan Siswa SMK dalam Menyelesaikan Soal Materi Barisan dan Deret. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 311-322.

Sholekah, L. M., Anggreini, D., & Waluyo, A. (2017). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal matematika ditinjau dari koneksi matematis materi limit fungsi. Wacana Akademika, 1(2), 151-163.

Sriwahyuni, K., & Maryati, I. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Statistika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 335-344.

Sundayana, R. (2018). Statistika Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Taufiq, D. A., & Basuki, B. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 303-314.

Ulfa, Y. L., Roza, Y., & Maimunah, M. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA pada Materi Jarak pada Bangun Ruang. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 415-424.

Utami, R. W., & Wutsqa, D, U. (2017). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika dan self-efficacy siswa SMPN di Kabupaten Ciamis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 166-175.

Downloads

Published

2022-10-30

How to Cite

Kusnadi, R. M., & Mardiani, D. (2022). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sekolah menengah pertama negeri 3 tarogong kidul dalam masalah statistika. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(2), 173–182. https://doi.org/10.31980/pme.v1i2.1387

Issue

Section

Articles