Kemampuan pemahaman konsep pada materi sistem persamaan linear dua variabel ditinjau dari perbedaan gender siswa SMP

Authors

  • Windi Pebrianti Institut Pendidikan Indonesia Garut
  • Nitta Puspitasari Institut Pendidikan Indonesia Garut

DOI:

https://doi.org/10.31980/pme.v2i1.1400

Keywords:

Concept Understanding Ability, Two-Variable Linear Equation System, Gender, Kemampuan Pemahaman Konsep, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel

Abstract

Understanding concepts has an important role in learning mathematics that will strengthen the memory of students in receiving imaginary mathematical material so it is necessary to understand the concepts first. This study aims to find out how the ability to understand the concepts of male and female students on the material of the System of Linear Equations of Two Variables of High School students of Grade VIII. The type of research used is qualitative research. Study subject of six students of SMP 3 Karangpawitan class VIII. Techniques of data collection of observations, tests, interviews, and documentation. The results of this study male and female students can meet indicators reaffirm a concept already included in a high category; indicators classify objects according to the concept of male students included in the middle category, but female pupils included in high categories; indicators present concepts in the form of mathematical representations of male pupils including the middle class, but feminine pupils already including in the high category, indicators using, exploiting and selecting specific procedures or operations of males and females including the low category; indicators apply concepts or algorithms of male and feminine students including the medium category.

Pemahaman konsep mempunyai peranan penting dalam pembelajaran matematika yang akan menguatkan ingatan siswa dalam menerima materi matematika yang bersifat imajiner sehingga diperlukan memahami konsepnya terlebih dahulu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kemampuan pemahaman konsep siswa laki-laki dan perempuan pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Siswa SMP Kelas VIII. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian enam siswa SMP 3 Karangpawitan kelas VIII. Teknik pengumpulan data observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini siswa laki-laki dan perempuan dapat memenuhi indikator menyatakan ulang sebuah konsep sudah termasuk kategori tinggi; indikator mengklasifikasikan objek sesuai konsepnya siswa laki-laki termasuk kategori sedang, siswa perempuan termasuk kategori tinggi; indikator menyajikan konsep dalam bentuk representasi matematis siswa laki-laki termasuk kategori sedang, siswa perempuan sudah termasuk kategori tinggi; indikator menggunakan, memanfaatkan dan memilih prosedur atau operasi  siswa laki-laki dan perempuan termasuk kategori rendah; indikator mengaplikasikan konsep atau algoritma siswa laki-laki dan perempuan termasuk kategori sedang.

References

Astuti, N., Insani, A., Kelmaskosu, B., & Ariandi. (2019). Potret Pemahaman Konsep pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Pendidikan Matematika Universitas PGRI Yogyakarta, 1–12.

Bohalima, Y. H. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Persamaan Garis Lurus. EDUCATIVO: Jurnal Pendidikan, 1(1), 22–28.

Diani, S. F., Maulidiya, D., & Susanta, A. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa SMP Setelah Memperoleh Pembelajaran Discovery Learning. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 3(3).

Hakim, I. D., & Ramlah. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Materi Segitiga dan Segiempat pada Siswa SMP. Journal Unsika, 22, 1015–1026.

Istigosah, H., & Noordyana, M. A. (2022). Kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau gaya kognitif siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(2), 149-160.

Kanah, I., & Mardiani, D. (2022). Kemampuan Komunikasi dan Kemandirian Belajar Siswa Melalui Problem Based Learning dan Discovery Learning. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 255-264.

Khairunnisa, N. C., & Aini, I. N. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dalam Menyelesaikan Soal Materi SPLDV pada Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 546–554.

Khasanah, M., & Utami, R. E. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMA Berdasarkan Gender. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(5), 347–354.

Komariyah, S., Afifah, D. S. N., & Resbiantoro, G. (2018). Analisis pemahaman konsep dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari minat belajar siswa. SOSIOHUMANIORA, 4(1), 1–8.

Marthafera, P., Melati, H. A., & Hadi, L. (2018). Deskripsi Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Laju Reaksi. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(1), 1–9.

Mayasari, D., & Habeahan, N. L. S. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 252.https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i1.3265

Meinarni, W., & Alfisyahra. (2022). Analisis Pemahaman Konsep Matematika ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(1), 82–87.

Nazihah, V., & Rahadi, M. (2015). Penerapan Model Numbered Heads Together dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(3), 131-139.

Paramita, D. (2021). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa ditinjau dari gender. Skripsi. Batusangkar: Institut Agama Islam Negeri (IAIN).

Rahayu, D. V. (2016). Pembelajaran dengan strategi search-solve-create-share untuk melatih keterampilan dasar mengajar matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 325-334.

Sidiq, U., Choiri, M., & Mujahidin, A. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Ponorogo: Nata Karya.

Suendarti, M., & Liberna, H. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Perbandingan Trigonometri Pada Siswa SMA. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(2), 326–339. https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i2.4917

Suraji, Maimunah, & Saragih, S. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Suska Journal of Mathematics Education, 4(1), 130. https://doi.org/10.24014/sjme.v3i2.3897

Syaifar, M. H., Maimunah, & Roza, Y. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Gender. Jurnal Cendeki: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 519–532. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1097

Widyasari, N., Suyoto, & Fauziyah, N. (2020). Matematik Siswa dengan Metode Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS). DIDAKTIKA, 27(1), 63–73.

Winata, R., & Friantini, R. N. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Ditinjau Dari Minat Belajar Dan Gender. AlphaMath: Journal of Mathematics Education, 6(1), 1.https://doi.org/10.30595/alphamath.v6i1.7385

Yufentya, W. E., Roza, Y., & Maimunah, M. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII SMP pada Materi Lingkaran. Desimal: Jurnal Matematika, 2(3), 197–202.https://doi.org/10.24042/djm.v2i3.4175

Downloads

Published

2023-02-28

How to Cite

Pebrianti, W., & Puspitasari, N. (2023). Kemampuan pemahaman konsep pada materi sistem persamaan linear dua variabel ditinjau dari perbedaan gender siswa SMP. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(1), 55–70. https://doi.org/10.31980/pme.v2i1.1400

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.