Penggunaan Alat Peraga Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Dalam Memahami Konsep Bentuk Aljabar Pada Siswa Kelas VIII Di SMPN 2 Pasirwangi

Authors

  • Agah Nugraha STKIP Garut
  • Rostina Sundayana STKIP Garut

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v3i3.317

Keywords:

alat peraga, prestasi belajar, aljabar

Abstract

The results showed the existence of differences in the ability to understand the form of algebraic operations/between the lesson that students using props with which do not use props (tcounting > ttable, price tcounting =3,486, price ttable = 2,686). Test results showed that the normalized gain an average increase in the learning outcomes of the experimental class is middle category (g= 0,619) and control class is low category (g = 0,415). Based on the supporting data in the form of observation and question form, assisted learning props more enjoyable and easier to understand.

Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan kemampuan dalam memahami bentuk/operasi aljabar antara siswa yang pembelajarannya menggunakan alat peraga dengan yang tidak menggunakan alat peraga (thitung > ttabel, harga thitung = 3,486, harga ttabel = 2,686). Hasil uji gain ternormalisasi menunjukkan bahwa rata-rata peningkatan hasil pembelajaran dari kelas eksperimen berkatagori sedang (g = 0,619) dan kelas kontrol berkatagori rendah (g = 0,415). Berdasarkan data pendukung berupa observasi dan angket, pembelajaran dengan dibantu alat peraga lebih menyenangkan dan mudah dipahami.

References

As’ari, Abdur R.,dkk. (2014). Matematika SMP/MTs VIII semester 1.Jakarta: KementrianPendidikandanKebudayaan.

BadanPengembangandanPembinaanBahasa.(2008). KamusBesarBahasa Indonesia.Edisikeempat.Jakarta :BalaiPustaka.

Ersyad.(2014, 3 April). MatematikadanBahasaInggrisMasihJadiMomok di UN.Borneo News [Online].Tersedia: http://www.borneonews.co.id/index.php/iptek/pendidikan. [21 November 2014]

Hasan, Iqbal. (2006). Analisis Data penelitianDenganStatistik. Cetakankedua.Jakarta : PT BumiAksara.

Ruseffendi, E.T. (1997). PendidikanMatematika 3, modul 1-5. Jakarta :Universitas Terbuka.

Sugiyono.(2010). StatistikauntukPenelitian.Cetakan ke-16.Bandung :Alfabeta.

Sundayana, Rostina. (2014). StatistikaPenelitianPendidikan.Cetakanpertama.Bandung :Alfabeta.

Winataputra, Udin S. dan Rosita, Tita.(1995). BelajardanPembelajaran.Cetakan ke-2.Jakarta :Universitas Terbuka.

Downloads

Published

2014-09-30

How to Cite

Nugraha, A., & Sundayana, R. (2014). Penggunaan Alat Peraga Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Dalam Memahami Konsep Bentuk Aljabar Pada Siswa Kelas VIII Di SMPN 2 Pasirwangi. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(3), 133–142. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v3i3.317

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

<< < 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.