Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Materi Statistika Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama

Authors

  • Iyam Maryati Institut Pendidikan Indonesia (IPI) Garut

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i3.528

Keywords:

Pembelajaran Berbasis Proyek, Statistika, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Project-Based Learning, Statistics, Learning Implementation Plan

Abstract

Artikel ini merupakan studi literatur yang betujuan untuk mendeskripsikan Model Pembelajaran Berbasis Proyek yang diterapkan dalam materi statistika pada siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Dalam artikel ini juga menyajikan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sebagai alternatif dalam pelaksanaan pembelajaran. Berdasarkan telaah literatur dari penelitian yang relevan diperoleh kemampuan lierasi dan penalaran statistis baik siswa SMP maupun SMA masih dalam kategori rendah. Hal ini terjadi karena sangat dipengaruhi oleh model pembelajaran yang diterapkan. Dalam model pembelajaran berbasis proyek ini guru diberikan kesempatan untuk melakukan pembelajaran yang melibatkan kerja proyek. Hasil akhir dari kerja proyek tersebut dapat berupa laporan dan presestasi. Adapun penilaian tugas proyek diawali dari proses perencanaan, pelaksanaan, dan akhir tugas proyek. Oleh karena itu model pembelajaran berbasis proyek dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran.

This article is a literature study that aims to describe the Project-Based Learning Model that is applied in statistical material for students of grade VIII of junior high school. In this article also presents a Learning Implementation Plan (RPP) as an alternative to the implementation of learning. Based on the review of literature from relevant research, it was found that the ability and statistical statistics of junior and senior high schools were still in the low category. This happens because very much of the text by the learning model is applied. In the learning, project, development, development, and development models. The result of the work can be in the form of reports and presentations. Arrange the work done from the project planning, implementation, and final project. Therefore, project-based learning models can be used as an alternative to learning.

References

Baker, E. et all. (2011). Project-based Learning Model, Relevant Learning for the 21st Century. Canberra: Pacific Education Institute at

www.pacificeducationinstitute.org.

Hafiyusholeh, M. (2015). Literasi Statistik dan Urgensinya bagi Siswa. WAHANA, 64(1), 11-8.

Kemdikbud. (2013). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013, BPSDMPK dan PMP. Jakarta.

Maryati, I., & Priatna, N. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Statistis Siswa Madrasah Tsanawiyah dalam Materi Statistika. Journal Of Medives: Journal Of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang. 2(2), 205-212.

Maryati, I. & Priatna, N. (2018). Analysis of statistical misconception in terms of statistical reasoning. 4th International Seminar of Mathematics, Science and Computer Science Education IOP Publishing IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 1013 (2018)

doi 10.1088/1742.6596/1013/1/012206.

Prabawati, M. N. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematik mahasiswa Calon Guru Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan

Matematika, 7(1), 113-120.

Prabowo, A. (2012). Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa atas Permasalahan Statistika pada Perkuliahan Studi Kasus dan Penelitian. JURNAL KREANO, ISSN : 2086-2334 Diterbitkan oleh Jurusan Matematika FMIPA UNNES.

The Partnership for 21st Century Skills. (2008). 21st century skills, education, & competitiveness.

Widyantini, T. (2014). Penerapan Model Project Based Learning (Model Pembelajaran Berbasis Proyek) dalam Materi Pola Bilangan Kelas VII Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kerpendidikan (P4TK) Matematika. Pp. 1-19.

Downloads

Published

2018-09-30

How to Cite

Maryati, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Materi Statistika Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 467–476. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i3.528

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.