Dampak penggunaan media pembelajaran video animasi terhadap respon pembelajaran matematika peserta didik kelas xi smk

Authors

  • Dania Nurma Rifanti IAI AL-Qolam Malang
  • Tika Septia Politeknik Pelayaran Surabaya
  • Ucik Fitri Handayani IAI AL-Qolam Malang

DOI:

https://doi.org/10.31980/pme.v2i3.1428

Keywords:

Learning Media, Animation Videos, Student Responses., Learning Media, Animation Videos, Student Responses, Media Pembelajaran;, Media Pembelajaran, Video Animasi, Respon Peserta didik

Abstract

In learning mathematics, many students tend to respond negatively when learning occurs. Animated video learning media is an alternative to building positive responses from students when learning mathematics. This study aimed to determine the effect of using playful video learning media on students' reactions to learning mathematics in class XI SMK. The method used is quantitative. The population of this study was all students of SMK NU Sunan Ampel Poncokusumo class XI for the 2021–2022 academic year, a total of 163 students. The sampling technique used a purposive sampling technique; one class was selected where the students had less interest in learning mathematics, namely type XI TKJ 4, totaling 20 students. The material used in this research is matrix mathematics material. Researchers conducted data analysis with the normality test, homogeneity test, linearity test, paired sample t-test, and observation assessment. The results of the study showed that the results of the questionnaire showed that there was a change in student responses as evidenced by the data from the paired sample t-test pretest and posttest, where the significance value was 0.000 <0.05 with an average increase in the effect of the response of 9.050. The results of the observation percentage were 85.71%, which means that the animated video learning media used was very good at increasing students' responses in learning mathematics.

Pada pembelajaran matematika banyak peserta didik cenderung memberikan respon negatif saat pembelajaran berlangsung, Media pembelajaran video animasi merupakan salah satu alternative untuk membangun respon positif peserta didik dalam pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran video animasi terhadap respon peserta didik dalam pembelajaran matematika kelas XI SMK. Metode yang digunakan adalah kuantitaif. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik SMK NU Sunan Ampel Poncokusumo kelas XI tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 163 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive  sampling, dipilih satu kelas yang peserta didiknya memiliki minat belajar matematikanya cenderung kurang yaitu kelas XI TKJ 4 berjumlah 20 peserta didik. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah materi matematika matriks. Peneliti melakukan analisis data dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji linearitas, uji paires sample t-test dan penilaian observasi. Hasil penelitian adalah hasil angket menunjukkan adanya perubahan respon peserta didik dibuktikan dari data hasil uji paired sample t-test pretest dan posttest dimana nilai signifikasi 0,000<0,05 dengan rata-rata kenaikan pengaruh repon sebesar 9,050. Hasil presentase observasi sebesar 85,71% yang berarti menunjukkan media pembelajaran video animasi yang digunakan sangat baik untuk dapat meningkatkan respon peserta didik dalam pembelajaran matematika.

References

Bahtiar, B., Kafrawi, M., & Yeni, S. (2020). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe stad menggunakan media film animasi terhadap motivasi dan hasil belajar siswa di MTs. Al-Intishor Sekarbela. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(2), 207-212.

Crismayanty, R., & Simanjutak, E. (2021). Pengaruh Media Video Animasi terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Guru Kita, 5(2), 84-89.

Elyana, D., Wulandari, A. A., & Mulyani, O. B. T. (2022). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Siswa dalam Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Video. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 77-86.

Gusmania, Y., & Dari, T. W. (2018). Efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis video terhadap pemahaman konsep matematis siswa. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(1), 61-67.

Hariati, P. N. S., Rohanita, L., & Safitri, I. (2020). Pengaruh penggunaan media video animasi terhadap respon siswa dalam pembelajaran matematika pada materi operasi bilangan bulat. Jurnal Pembelajaran dan Matematika Sigma (JPMS), 6(1).

Husni, P., Mursyid, M., & Gusfarenie, D. (2021). pengaruh penggunaan media video animasi terhadap motivasi belajar siswa madrasah tsanawiyah negeri 5 kota jambi (Doctoral dissertation, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi).

Jamil, A., Sa’dijah, C., & Susanto, H. (2022). Media Google Classroom berbantuan animasi PowerPoint terhadap hasil belajar siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 339-348.

Maharani, A., Rini, R., & Sugiman, S. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Animasi Terhadap Minat Belajar Matematika Peserta Didik. Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(17).

Nursyahidah, F., Saputro, B. A., Albab, I. U., & Aisyah, F. (2020). Pengembangan learning trajectory based instruction materi kerucut menggunakan konteks megono gunungan. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 47-58.

Oktaviyanthi, R., & Sholahudin, U. (2023). Phet Assisted Trigonometric Worksheet for Students’ Trigonometric Adaptive Thinking. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 229-242.

Rochim, A., & Herawati, T. (2021). Deskripsi Pembelajaran Matematika Berbantuan Video Geogebra dan Pemahaman Matematis Siswa pada Materi Fungsi Kuadrat. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 269-280.

Sari, D. P. (2021). Peningkatan hasil belajar matematika Siswa kelas VI melalui penerapan media video animasi. SCIENCE: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Dan IPA, 1(1), 39-45.

Suaib, F. R. (2020). Development of interactive video based powerpoint media in mathematics learning. Journal of Educational Science and Technology, 6(2), 167-177.

Sumarwati, S., Fitriyani, H., Setiaji, F. M. A., Amiruddin, M. H., & Jalil, S. A. (2020). Developing Mathematics Learning Media Based on E-Learning using Moodle on Geometry Subject to Improve Students' Higher Order Thinking Skills. Int. J. Interact. Mob. Technol., 14(4), 182-191.

Susanto, L. A. W., & Yudanti, E. (2020). Efektivitas Video Pembelajaran Matematika Kelas VII SMP pada Konsep Operasi Bilangan Bulat. Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 101-110.

Tristanti, L. B., Ernawati, W., & Hidayati, W. S. (2021). Penerapan video media pembelajaran penjumlahan bilangan bulat. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 413-424.

Yulianto, A., Yulianto, S., & Hidayanto, E. (2022). Pembelajaran matematika berbantuan video pembelajaran untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 403-414.

Downloads

Published

2023-10-30

How to Cite

Rifanti, D. N., Septia, T., & Handayani, U. F. (2023). Dampak penggunaan media pembelajaran video animasi terhadap respon pembelajaran matematika peserta didik kelas xi smk. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(3), 261–268. https://doi.org/10.31980/pme.v2i3.1428

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 

You may also start an advanced similarity search for this article.