Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Antar Siswa Yang Mendapatkan Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dan Jigsaw

Penelitian Terhadap Mahasiswa Program Studi Matematika STKIP Garut Tahun Pelajaran 2012-2013

Authors

  • Dede Miftahul Mubarok STKIP Garut
  • Nanang STKIP Garut

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v2i1.266

Keywords:

Differences, Problem Based Learning, PBL, Jigsaw, mathematical problem-solving skills

Abstract

The Purpose of research is to know the differences of ability problem-solving mathematics between students who get Problem Based learning (PBL) with Jigsaw and for now response students the model of learning who give. The results this research indicate: Not differences of ability problem solving mathematics between students who get Problem Based learning (PBL) learning with the students who get jigsaw learning. Response the students between experiment class 1 who get learning of model Problem Based learning (PBL) with the students who get learning of model jigsaw, Response the students show positive response although sometimes their students who show negative response.

References

Dimyati dan Mudjiono. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Kerjasama Departemen Pendidikan & Kebudayaan dan Rineka Cipta.

Firdaus. L (2007). “Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa yang Menggunakan Model Pembelajaran Tipe Jigsaw dengan Model Pembelajaran Tipe Student Teams Achivement Devision (STAD)”. Skripsi. Garut: Tidak diterbitkan.

Hidayatulloh, R.(2006) Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika memggumakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dengan Model Pembelajaran Konvensional. Skripsi Pada Jurusan Pendidikan Matematika STKIP - Garut: Tidak diterbitkan.

Hidayat, R (2007). Pengaruh Penerapan Problem Based Learning (PBL) terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Skripsi. Garut: Tidak diterbitkan.

Jaelani, D (2013). “Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik antara Siswa yang Mendapatkan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dengan Model Pembelajaran Reasoning and Problem Solving (RPS)”. Skripsi. Garut: Tidak diterbitkan.

Kartiwa, I (2008). “Penerapan Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Keterampilan Metakognitif dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa” Skripsi. Garut: Tidak diterbitkan.

Mulyadi, H (2002) “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Koopeatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal - Soal Matematika”. Skripsi. Garut: Tidak diterbitkan.

Ngalimun, 2012. “Strategi dan Model Pembelajaran”. Banjarmasin: cripta Cendekia.

Rahadi, M. (2008). Metodologi Penelitian Pendidikan. Garut: Tidak diterbitkan.

Risma. (2007). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Investigasi Kelompok (Group Investigation) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Skripsi Pada Jurusan Pendidikan Matematika STKIP - Garut: Tidak diterbitkan.

Rusman. (2011). Model-model pembelajaran Mengembangkan Propesionalisme Guru. Jakarta : Rajawali Pers.

Sundayana, R. (2013). Komputasi Data Statistika. Garut: STKIP Garut Press.

Wena, M. (2011). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta Timur : Bumi Aksara.

Pribadi, Y (2013). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) danNumbered Head Together (NHT) Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa( Studi Eksperimen di SMPN I Tarogong Kidul). Skripsi Pada Jurusan Pendidikan Matematika STKIP - Garut: Tidak diterbitkan

Downloads

Published

2013-01-30

How to Cite

Mubarok, D. M., & Nanang. (2013). Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Antar Siswa Yang Mendapatkan Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dan Jigsaw: Penelitian Terhadap Mahasiswa Program Studi Matematika STKIP Garut Tahun Pelajaran 2012-2013. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v2i1.266

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 32 33 34 35 36 37 38 39 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.