Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Masalah dengan Strategi Heuristic untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis

Authors

  • Mega Nur Prabawati Universitas Siliwangi
  • Tatang Herman Universitas Pendidikan Indonesia
  • Turmudi Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i1.533

Keywords:

Penelitian pengembangan, lembar kerja siswa, literasi matematis

Abstract

Memiliki kemampuan literasi matematis yang baik diharapkan dapat membantu siswa memecahkan masalah yang berkaitan dengan matematika. Fokus keterampilan literasi matematika pada siswa adalah kemampuan untuk menganalisis, membenarkan, dan mengkomunikasikan ide secara efektif, merumuskan, memecahkan dan menafsirkan masalah matematika dalam berbagai bentuk dan situasi. Tujuan dari penelitian ini adalah  mengembangkan lembar kerja siswa berbasis masalah yang valid dan praktis untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa dalam materi sistem persamaan linear dua variabel. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan (Research and Development), yang terdiri dari tahap-tahap studi literatur, studi, observasi, wawancara, pengembangan lembar kerja siswa. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah hasil ujicoba dalam skala kecil dan skala besar menunjukan angka 70,66% dan 75,08%, ini berarti LKS berbasis masalah untuk meningkatkan keterampilan literasi matematika dapat digunakan dan didistribusikan sebagai bahan pembelajaran dalam pembelajaran matematika untuk SMP.

References

Afriansyah, E. A. (2017). Problem Posing merupakan Kemampuan Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 163-180.

Ahmadi I.K, Amri S. (2011). Paikem Gembrot (Mengembangkan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan, Gembira dan Berbobot). Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Borg and Gall. (1983). Education Research. New York: Longman.

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Direktorat Pendidikan Sekolah Menegah atas. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas

Direktorat Jendral Pendidikan Menengah. (2014). Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Saintifik. Jakarta: Kemdikbud.

Hobri H. (2009). Metode Penelitian Pengembangan (Developmental Research) Aplikasi pada Penelitian Pendidikan Matematika. Jember: Word Editor

Ibrahim. (2011). Pengembangan Bahan Ajar Matematika sekolah berbasis masalah Terbuka Untuk Memfasilitasi Pencapaian Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis siswa. Di dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika; Yogyakarta: FMIPA UNY. Halaman 121-132.

IEA (Evaluation of Education Achievement). (2012). TIMSS (Trends in International Mathematics and Science Study) 2011 International Results in Mathematics. Amsterdam: Publisher TIMSS & PIRLS International Study Center.

Kurnik Z. (2008). The Scientific Approach to Teaching Math. Metodika 17 (2/2008) Profesional Paper: 421-432.

Melati, A. (2014). Pengembangan Modul Praktikum Astrofisika Seri Alat Solarscope Berbasis Integrasi Interkoneksi. Prosiding Pertemuan Ilmiah XXVIII Jateng & DIY, Yogyakarta, 26 April 2014. ISSN: 0853-0823.

National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston: NCTM.

Nengsih, S. & Septia, &. (2017). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Berbasis Penemuan Terbimbing pada Materi Peluang untuk Siswa Kelas XI IPA SMA Adabiah 2 Padang. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 163-180.

Organisation for Economic Co- Operation and Development. (2013). (PISA) Programmefor International Student Assesment 2012 Assesment and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, Problem solving and Financial Literacy. England: OECD Publishing.

Peraturan Pemerintah Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Implementasi Kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran. Jakarta: Kemdikbud.

Peraturan Pemerintah Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Kurikulum 2013 Sekolah Menengah atas (SMA)/Madrasah aliyah (MA). Jakarta. Kemdikbud.

Perbowo. (2012). Pengembangan Desain Didaktis Bahan Ajar Pemecahan Masalah Matematis Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) pada Sekolah Menengah Pertama. Tesis. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.

Polya G. (1973). How to Solve It. New Jersey: Princeton University Press.

Rahayu, D. V. & Afriansyah, E. A. (2015). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa melalui Model Pembelajaran Pelangi Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 29-37.

Rohati. (2011). Pengembangan Bahan Ajar Materi Bangun Ruang dengan Menggunakan Strategi REACT di SMP. Jurnal Edumatica Volume 01 nomor 02. Jambi.

Siregar E. dan Nara H. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Syaiful. (2012). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Jambi: Jurnal Edumatica Volume 02 nomor 01

Trianto. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Konsep (Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum tingkat Satuan) Pendidikan. Kencana Prenada Media Grup. Jakarta.

Varelas M and Ford M. (2009) The Scientific Methode and Scientific inquiry: Tensions in teaching and Learning. USA: Willey InterScience.

Widjajanti E. (2008). Kualitas Lembar Kerja Siswa. Makalah Seminar Pelatihan Penyusunan LKS untuk guru SMK/MAK pada kegiatan PPM. Universitas Yogyakarta.

Downloads

Published

2019-01-31

How to Cite

Prabawati, M. N., Herman, T., & Turmudi. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Masalah dengan Strategi Heuristic untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 37–48. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i1.533

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

<< < 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.