Peningkatan Hasil Belajar dan Sikap Siswa terhadap Matematika melalui Joyful Learning

Authors

  • Umi Istiqomah Universitas Kristen Satya Wacana
  • Erlina Prihatnani Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.582

Keywords:

joyful learning, hasil belajar, sikap terhadap matematika, learning outcomes, attitudes towards mathematics

Abstract

Hasil reflektif pada proses pembelajaran di kelas yang berdampak terhadap rendahnya hasil belajar dan sikap siswa terhadap matematika. Proses pembelajaran belum berfokus pada siswa dan antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran kurang. Hal yang dilakukan adalah menyelenggarakan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan, salah satunya melalui strategi Joyful Learning. Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar dan sikap terhadap matematika siswa kelas VIII E SMP Negeri 7 Salatiga pada materi Pola Bilangan. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kemmis & Mc Taggart dengan 4 tahap, perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah soal tes dan angket sikap terhadap matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar pada siklus 1, 2, dan 3 berturut-turut adalah 69,64; 70,76 dan 74,32 dengan persentase ketuntasan kelas berturut-turut pada siklus 1, 2, dan 3 adalah 60%, 64%, dan 84%. Adapun untuk aspek sikap terhadap matematika, persentase siswa yang memiliki sikap positif atau sangat positif terhadap matematika pada siklus 1, 2, dan 3 berturut-turut berjumlah 72%, 96%, dan 96%. Disimpulkan bahwa penerapan strategi Joyful Learning dapat meningkatkan hasil belajar dan sikap terhadap matematika pada materi pola bilangan siswa kelas VIII E SMP Negeri 7 Salatiga.

Reflective results in the learning process in the classroom that have an impact on the low learning outcomes and attitudes of students towards mathematics. The learning process has not focused on students and the enthusiasm of students in learning is lacking. The thing to do is to organize fun learning activities, one of which is through the Joyful Learning strategy. The purpose of the study was to improve learning outcomes and attitudes towards the mathematics of class VIII E students of SMP Negeri 7 Salatiga in the material of Number Patterns. This class action research uses the Kemmis & Mc Taggart model with 4 stages, planning, implementation, observation, and reflection. The instruments used were test questions and attitude questionnaires towards mathematics. The results showed that the average learning outcomes in cycles 1, 2 and 3 were 69.64 respectively; 70.76 and 74.32 with the percentage of grade completeness in succession in cycles 1, 2 and 3 are 60%, 64%, and 84%. As for aspects of attitudes toward mathematics, the percentage of students who have a positive or very positive attitude towards mathematics in cycles 1, 2, and 3 respectively amounted to 72%, 96%, and 96%. It was concluded that the application of the Joyful Learning strategy can improve learning outcomes and attitudes toward mathematics in the material of number patterns of class VIII E SMP Negeri 7 Salatiga.

References

Atematika, P. E. M., Elas, S. I. K., Di, V. I. I., Fitri, E., & Sari, P. (2016). Penerapan Model Active K Nowledge Sharing Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII di SMP 18 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(September), 335–342.

Azwar, S. (2011). Sikap Manusia Edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

BSNP. (2019). BSNP. Retrieved from http://bsnp-indonesia.org/wp-content/uploads/2009/06/Permendikbud_Tahun2016_Nomor022_Lampiran.pdf

Darmansyah. (2010). Strategi Pembelajaran Menyenangkan dengan HUMOR. Jakarta: Bumi Aksara.

Dimiyati, & Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Gendari, D. A. W., Sapti, M., & Astuti, E. P. (2014). Ekuivalen : Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Pembelajaran Joyfull Learning Berbantuan Media Pembelajaran. Ekuivalen, 1–9.

Hamalik, O. (2009). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hartono, R. (2013). Ragam Model Mengajar yang Mudah diterima Murid. Yogyakarta: Diva Press.

Hermawan, D., Putra, M., Suniasih, N. W., Pendidikan, J., Sekolah, G., & Ganesha, U. P. (2014). Pengaruh Pendekatan Joyful Learning Berbasis Multimedia Terhadap Hasil Belajar Ips Pada Siswa Kelas V Sd Gugus 8 I Gusti Ngurah Rai Denpasar Selatan Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar , Fip Universitas Pendidikan Ganesha. MIMBAR PGSD, 2.

Istiani, Y. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Joyful Learning terhadap Hasil Belajar Siswa. PESAGI (Jurnal Pendidikan Dan Penelitian Sejarah). Retrieved from http://id.portalgaruda.org/?ref=browse&mod=viewarticle&article=287186

Kasmedi, D., Solfitri, T., & Yuanita, P. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Stuktural Numbered Heads Together ( Nht ) Untuk Meningkatkan Sikap Terhadap Pembelajaran Matematika Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii . 2 Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan STU. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 3, 1–12.

Mulyasa. (2006). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Pramesthi, H. N., S, A. N. C., & Vh, S. (2015). Penerapan Pendekatan Joyful Learning Dengan Metode Guided Discovery Untuk Meningkatkan Materi Hidrokarbon Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2013 / 2014. Jurnal Pendidikan Kimia, 4(1), 204–210.

Sari, Y; Prihatnani, E. (2017). Penerapan Metode Joyful Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dan Mengurangi Kecemasan Belajar Matematika Pada Siswa Kelas Viii A Smp Kristen 2 Salatiga. Retrieved from http://repository.uksw.edu/simple-search?query=yohana

Sunarto. (2012). Ice breaker dalam pembelajaran aktif. Surakarta: Cakrawala Media.

Suparman, S. (2010). Gaya Mengajar yang Menyenangkan Siswa. Yogyakarta: Pinus Book Publisher.

Suwarsih, S. (2018). M Eningkatkan H Asil B Elajar S Iswa Tentang P Erkalian Dan Pembagian Bilangan Cacah Melalui alat peraga. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(September), 433–444.

Taniredja, T. (2010). Penelitian Tindakan Kelas untuk Pengembangan Profesi Guru. Yogyakarta: Pinus Book Publisher.

Wardhani, S. (2008). Analisis SI dan SKL Mata Pelajaran Matematika SMP/MTS Untuk Optimalisasi Pencapaian Tujuan. Pusat Pengembangan Dan Pemberdayaan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Matematika, 9–10.

Warti, E. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SD Angkasa 10 Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 177–185. https://doi.org/10.1007/BF02686293

Widyowoko, E. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2019-09-30

How to Cite

Istiqomah, U., & Prihatnani, E. (2019). Peningkatan Hasil Belajar dan Sikap Siswa terhadap Matematika melalui Joyful Learning. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 471–482. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.582

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 37 38 39 40 41 42 43 44 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.