Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Segitiga Berdasarkan Teori Van Hielle

Authors

  • Viyang Firnanda Universitas Kristen Satya Wacana
  • Fika Widya Pratama Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i3.631

Keywords:

Hasil Belajar, Pemecahan masalah matematika, Segitiga, Teori Van Hiele

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu kemampuan pemecahan masalah siswa yang rendah pada materi segitiga. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi segitiga berdasarkan Teori Van Hiele. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Instrumen utama adalah peneliti itu sendiri, dibantu instrumen pendukung yang terdiri dari 3 soal tes berupa soal uraian sesuai dengan indikator Van Hiele dan pedoman wawancara yang semi terstruktur.Teknik analisis data menggunakan 4 tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Waktu penelitian dilakukan pada tanggal 13 November sampai 14 Desember 2019 semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Subjek penelitian sebanyak 3 siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Salatiga dengan hasil belajar matematika tinggi, sedang, dan rendah. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan tahap berpikir Van Hiele. Hasil penelitian ini menemukan bahwa siswa dengan hasil belajar matematika tinggi mencapai tahap 0 (visualisasi). Siswa dengan hasil belajar matematika sedang mampu mencapai tahap 1 (analisis). Siswa dengan hasil belajar matematika rendah mencapai tahap 0 (visualisasi). Kesimpulan penelitian ini adalah tahap berpikir Van Hiele pada setiap siswa berbeda-beda berdasarkan kemampaun pemecahan yang dimiliki setiap siswa.

References

Afriansyah, E. A. (2015). Qualitative Became Easier with ATLAS. ti. In International Seminar on Mathematics, Science, and Computer Science Education MSCEIS.

Afriansyah, E. A. (2016). The Use of Realistic Approach to Enhance Students' Mathematical Problem Solving Skills. In International Conference on Elementary and Teacher Education ICETE.

Albab, I. U., Saputro, B. A., & Nursyahidah, F. (2017). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa melalui collaborative analysis of sample student responses. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 35-44.

Asih, N., & Ramdhani, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Means End Analysis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 435–446. https://doi.org/https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.534

Asmara, R., & Afriansyah, E. A. (2018). Perbedaan Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa antara Model Eliciting Activities dan Discovery Learning. Suska Journal of Mathematics Education, 4(2), 78-87.

Budiarti dan Mahendra (2020). Analisis Pemecahan Masalah Geometri Berdasarkan Tingkat Berpikir Teori Van Hiele Dan Gender. Pi: Mathematics Education Journal, 3(1), 28-37

Croft, T., Kouvela, E., & Martinez, P. M. (2018). This is what you need to be learning: an analysis of messages received by first-year mathematics students during their transition to university. Math Ed Res J, 30(1), 165-183. https://doi.org/10.1007/s13394-017-0226- 2.

Ekayanti, A. (2017). Diagnosis Kesalahan Mahasiswa Dalam Proses Pembuktian Berdasarkan Newmann Error Analysis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 105-116.

Faelasofi, dkk. (2015). Metode Pembelajaran Mind Mapping untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal e-DuMath, 1. 122-136.

Kurniawati, V., & Rizkianto, I. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Guided Inquiry dan Learning Trajectory Berorientasi pada Kemampuan Pemecahan Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 369-380.

Latifah, D., & Madio, S. S. (2014). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(3), 159-168.

Lisnani, L., & Asmaruddin, S. N. (2018). Desain Buku Ajar Matematika Bilingual Materi Bangun Datar Menggunakan Pendekatan PMRI Berkonteks Kebudayaan Lokal. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 345-356.

Lisnani, L. (2019). Pemahaman Konsep Awal Calon Guru Sekolah Dasar Tentang Pecahan. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 61-70.

Muhammad, G. M., Septian, A., & Sofa, M. I. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Creative Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 315-326.

Muhassanah, N. (2014). Analisis Keterampilan Geometri Siswa dalam

Memecahkan Masalah Geometri Berdasarkan Tingkat Berpikir Van Hiele. Journal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(1).

Musa, L. A. D. (2018). Level Berpikir Geometri Menurut Teori Van Hiele Berdasarkan Kemampuan Geometri dan Perbedaan Gender Siswa Kelas VII SMPN 8 Pare-Pare. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 4(2), 103–116. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v4i2.255

Muslim, S. R., & Prabawati, M. N. (2020). Studi Etnomatematika terhadap Para Pengrajin Payung Geulis Tasikmalaya Jawa Barat. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 59-70.

Mustakim & Budiarto, M. T. (2017). Identifikasi Kreativitas Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Luas Segiempat. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(6).

Nadz, T. F., & Haq, C. N. (2013). Perbandingan Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa yang Memperoleh Pembelajaran melalui Metode Problem Based Instruction (Pbi) dengan Metode Konvensional. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 191-202.

Nurani, I. F., Irawan, E. B., & Sa’dijah, C. (2016). Level Berpikir Geometri Van Hiele Berdasarkan Gender pada Siswa Kelas VII SMP Islam Hasanuddin Dau Malang. Jurnal Pendidikan, 1(5), 978–983.

Rahmiati, R., Musdi, E., & Fauzi, A. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 267-272.

Rinaldi, E., & Afriansyah, E. A. (2019). Perbandingan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa antara Problem Centered Learning dan Problem Based Learning. NUMERICAL: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 9-18.

Rismen, S., Mardiyah, A., & Puspita, E. M. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 263-274.

Shadiq, F. (2009). Kemahiran matematika. Yogyakarta: Depdiknas.

Sholihah, S. Z., & Afriansyah, E. A. (2018). Analisis Kesulitan Siswa dalam Proses Pemecahan Masalah Geometri Berdasarkan Tahapan Berpikir Van Hiele. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 287–298. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i2.317

Siregar, N. (2016). Meninjau Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP melalui Wawancara Berbasis Tugas Geometri. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 128-137.

Sopian, Y. A., & Afriansyah, E. A. (2017). Kemampuan Proses Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Creative Problem Solving dan Resource Based Learning. Jurnal Elemen, 3(1), 97-107.

Studi Pendidikan Matematika STKIP Muhammadiyah Pringsewu Lampung, P., Faelasofi, R., Arnidha, Y., Istiani, A., Matematika, P., & Muhammadiyah Pringsewu, S. (2015). Metode Pembelajaran Mind Mapping untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika. JURNAL E-DuMath, 1(2), 122–136. https://doi.org/10.26638/JE.116.2064

Suryani, M., Jufri, L. H., & Putri, T. A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 119-130.

Tristiyanti, T., & Afriansyah, E. A. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Diskursus Multi Representasi Dan Reciprocal Learning. Jurnal Silogisme: Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya, 1(2), 4-14.

Yustianingsih, R., Syarifuddin, H., & Yerizon, Y. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas VIII. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 258. https://doi.org/10.33603/jnpm.v1i2.563

Van de Walle. (2006). Matematika Sekolah Dasar dan Menengah Jilid 2. Edisi keenam. Diterjemahkan oleh: Suyono. Jakarta: Erlangga.

Wahyuni, R. (2016). Upaya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dengan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 85-92.

Wardani, S. (2012). Pembelajaran Inkuiri Model Silver untuk Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematik Siswa Sekolah Menengah Atas. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 9-16.

Downloads

Published

2020-09-30

How to Cite

Firnanda, V., & Pratama, F. W. (2020). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Segitiga Berdasarkan Teori Van Hielle . Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 487–498. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i3.631

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.