Effectiveness of Realistic Mathematics Education Assisted by Interactive Videos on Students’ Learning Outcomes and Motivation
DOI:
https://doi.org/10.31980/mosharafa.v14i1.2709Keywords:
Realistic Mathematics Education, Interactive Video, Outcome Learning, Hasil Belajar, Video InteraktifAbstract
Salah satu pendekatan efektif untuk menjembatani konsep matematika abstrak dengan situasi kehidupan nyata adalah Realistic Mathematics Education (RME). Penelitian ini bertujuan mengkaji efektivitas model pembelajaran RME berbantuan video interaktif dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas V salah satu SDN di Garut. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan Quasi Experimental dan Non-Equivalent Control Group Design. Subjek penelitian meliputi 60 siswa yang dibagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data dikumpulkan melalui tes tulis. Analisis data dilakukan dengan statistika deskriptif dan uji t. Sebelum penerapan, motivasi belajar siswa di kelas eksperimen sebesar 54,9%, meningkat menjadi 81,1% setelah perlakuan. Rata-rata hasil belajar meningkat dari 69,73 menjadi 87,00 pada kelas eksperimen, sedangkan pada kelas kontrol hanya naik dari 69,67 menjadi 74,60. Hasil ini menunjukkan penerapan RME berbantuan video interaktif berpengaruh terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian merekomendasikan pemanfaatan teknologi pembelajaran untuk menciptakan pembelajaran yang lebih menarik, interaktif, dan efektif.
One effective approach to bridge abstract mathematical concepts with real-life situations is Realistic Mathematics Education (RME). This study aims to examine the effectiveness of the RME model assisted by interactive videos in improving the motivation and mathematics learning outcomes of fifth-grade students at one of SDN in Garut. The research employed a quantitative approach with a Quasi-Experimental design and a Non-Equivalent Control Group Design. The subjects consisted of 60 students, divided into an experimental class and a control class. Data were collected through written tests and analyzed statistically using descriptive statistics and Independent Sample T-Test. Prior to implementation, students’ learning motivation in the experimental class was 54.9%, which increased to 81.1% after the treatment. The average learning outcomes improved from 69.73 to 87.00 in the experimental class, while the control class increased only from 69.67 to 74.60. These results indicate that the implementation of RME assisted by interactive videos has a significant effect on enhancing students’ motivation and learning outcomes. The study recommends utilizing educational technology to create more engaging, interactive, and effective learning experiences.
References
Abraham, I., & Supriyati, Y. (2022). Desain Kuasi Eksperimen dalam Pendidikan: Literatur. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3).
Afriansyah, E. A., Sofyan, D., Puspitasasri, N., Lurytawati, I. P., Sundayana, R., Maryati, I., ... & Basuki, B. (2020). Edmodo E-learning Media Training for Learning Optimization. Pekemas: Journal of Community Service, 3(2), 33-39.
Afriansyah, E. A., Nuraeni, R., Puspitasari, N., Sundayana, R., Jejen, J., Sumia, S., ... & Lesmana, A. (2023). Training of Realistic Mathematics Education Learning Approach in Salawu Village. Indonesian Journal of Community Empowerment (IJCE), 4(01), 26-32.
Anugrah, Y., Wahyudin, W., & Margana, A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran RME (Realistic Mathematics Education) Berbantuan Media Video terhadap Peningkatan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN Pakuwon 1 Kecamatan Garut Kota Kabupaten Garut. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 7(1), 40-52.
Cahyana, U., Paristiowati, M., Nurhadi, M. F., & Hasyrin, S. N. (2017). Studi Tentang Motivasi Belajar Siswa Pada Penggunaan Media Mobile Game Base Learning dalam Pembelajaran Laju Reaksi Kimia. Jurnal Teknologi Pendidikan, 19(2).
Fahri, L. M., & Qusyairi, L. A. H. (2019). Interaksi Sosial dalam Proses Pembelajaran. Palapa, 7(1), 149-166.
Fauziyah, N., & Wijayanti, P. (2021). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(2), 134–141
Gunawan, I. (2022). Metode Penelitian Kualitatif: teori dan praktik. Bumi Aksara.
Harahap, O. F. M., Pd, M., Mastiur Napitupulu, S. K. M., & Batubara, N. S. (2022). Media Pembelajaran: Teori dan Perspektif Penggunaan Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Sumatera Barat: CV. Azka Pustaka.
Hariri, M., Masnawati, E., & Darmawan, D. (2024). Pengaruh Motivasi Belajar, Disiplin Belajar dan Metode Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Nurul Huda Al-Mashudi Sampang. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 22(02), 24-33.
Hendrawan, D. N., & Hendriana, B. (2021). Pola Asuh Orang Tua Siswa dengan Motivasi Belajar Matematika Tingkat Tinggi pada Masa Pandemi Covid-19. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 369-378. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i3.669
Khasanah, F. N., & Rigianti, H. A. (2023). Upaya Guru dalam Menghadapi Peserta Didik yang Mengalami Kebosanan Saat Pembelajaran di Sekolah Dasar. Renjana Pendidikan Dasar, 3(4), 266-277.
Latifah, Y., Maryati, I., Sundayana, R., & Afriansyah, E. A. (2022). Kajian literatur: Efektivitas penggunaan pendekatan realistics mathematic educations terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 309-315.
Lestari, L., Maryati, I., Sundayana, R., & Afriansyah, E. A. (2022). Kajian literatur: Implementasi Realistic Mathematics Education (RME) pada kemampuan representasi matematis. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 58-70.
Maksum, H., & Purwanto, W. (2019). Model Pembelajaran Pendidikan Vokasi Otomotif (PVO). UNP PRESS.
Muthi, A. Z., Fadhilah, N. R., Safitri, D., & Sujarwo, S. (2023). Efektivitas Penerapan Media Pembelajaran Video Dokumenter dalam Pembelajaran IPS Pada Siswa SMP. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra dan Budaya, 1(6), 104-116.
Nafala, N. M. (2022). Implementasi media komik dalam pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Al-Fikru: Jurnal Pendidikan Dan Sains, 3(1), 114-130.
Nindarista, A., & Amidi, A. (2022). Kajian Teori: Pengembangan Bahan Ajar Transformasi Geometri Berbasis Outdoor Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, pp. 592-597).
Nuraeni, R., & Siregar, H. M. (2024). Eksplorasi Pembelajaran Kalkulus Integral dengan Menggunakan Teknologi. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 83-94. https://doi.org/10.31980/plusminus.v4i1.1526
Nurkhasanah, I., & Fauziah, S. (2022). Efektivitas Penggunaan Video Interaktif dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 9(1), 33–41.
Nuriawati, N., & Achadi, M. W. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Pelajaran Al-Quran dan Hadis di MAN 3 Sleman Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Sultan Agung, 3(2), 144-152.
Nurrawi, A. E. P., Zahra, A. T., Aulia, D., Greis, G., & Mubarok, S. (2023). Motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 29-38. https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i1.1220
Nuryadin, E., Daryanto, E., & Ramadhan, M. (2023). Integrasi Teknologi Digital dalam Pembelajaran untuk Mendukung Kurikulum Merdeka: Tinjauan konseptual. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 11(1), 45–58. https://doi.org/10.31294/jtpp.v11i1.3892
Pratami, S. R., Sundayana, R., & Sofyan, D. (2023). Kesalahan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berdasarkan prosedur newman pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(2), 165-174. https://doi.org/10.31980/pme.v2i2.1418
Pusporini, W., Widodo, S. A., Wijayanti, A., Wijayanti, N., Utami, W. B., Taqiyudin, M., & Irfan, M. (2023). Mathematical knowledge content in junior high school curriculum: a comparative study of the 2013 curriculum and merdeka curriculum. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 389-404. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v12i2.795
Putra, G. J. A., & Hartutik, H. (2024). Pembelajaran PAKBP dengan Metode PJBL sebagai Upaya Peningkatan Kemandirian Fase C kelas 6 SD Katolik Karya Yosef Pontianak. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan Agama, 5(2), pp. 3388-3405).
Putri, D. R., & Syaodih, E. (2021). Pengaruh Media Video Interaktif terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika Siswa SD. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 13(2), 145–152.
Rifanti, D. N., Septia, T., & Handayani, U. F. (2023). Dampak penggunaan media pembelajaran video animasi terhadap respon pembelajaran matematika peserta didik kelas xi smk. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(3), 261-268. https://doi.org/10.31980/pme.v2i3.1428
Saepuloh, A. R., Luritawaty, I. P., & Afriansyah, E. A. (2024). Assessing Mathematical Understanding in Fourth-Grade Students: A Focus on Multiplication and Division Skills. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(3), 409-422. https://doi.org/10.31980/plusminus.v4i3.2210
Sari, D. P., Ramadhani, R., & Saragih, S. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa SD dan Upaya Pemecahannya. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 1–12.
Satya, A. P., Iman, N., & Anwar, Z. (2020). Peran Pengembangan dan Pemanfaatan Teknologi Pendidikan. Jurnal Cahaya Mandalika, 1(3), 74-77.
Sholihah, D. A., & Mahmudi, A. (2015). Keefektifan Experiential Learning Pembelajaran Matematika MTs Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal riset pendidikan matematika, 2(2), 175-185.
Siswanto, R. (2023). Evaluasi Penggunaan E-Learning dalam Pendidikan Ekonomi: Tinjauan Studi Literatur. Antroposen: Journal of Social Studies and Humaniora, 2(1), 46-52.
Situmorang, D. Y. (2023). Penggunaan Media Sosial sebagai Alat Bantu Pembelajaran dan Pengaruhnya Terhadap Interaksi Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 2(2), 110-119.
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103-114.
Treffers, A. (1991). Didactical Background of a Mathematics Program for Primary Education. In L. Streefland (Ed.), Realistic Mathematics Education in Primary School (pp. 21–56). Utrecht: Freudenthal Institute.
Widodo, S., Susanto, A., & Rahmawati, Y. (2022). Realistic Mathematics Education: Pengaruhnya terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 7(1), 45–56.
Widodo, A., Hidayah, N., & Maulana, H. (2022). Pengaruh model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap hasil belajar matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 7(2), 104–112. https://doi.org/10.1234/jipd.v7i2.3456
Yolanda, A., Sihotang, M., Zebua, J. A., Hutasoit, M., & Sinaga, Y. L. (2024). Strategi Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Sekolah Dasar. Pragmatik: Jurnal Rumpun Ilmu Bahasa Dan Pendidikan, 2(3), 301-308.
Yulianto, A., Yulianto, S., & Hidayanto, E. (2022). Pembelajaran matematika berbantuan video pembelajaran untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 403-414. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i3.731
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.