Mengembangkan Self Concept Siswa Melalui Model Pembelajaran Concept Attainment

Authors

  • Tina Sri Sumartini STKIP Garut

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v4i2.328

Keywords:

Model Concept Attainment, Self-Concept, one shot case study

Abstract

Dalam pembelajaran matematika, siswa masih kurang memiliki self-concept yang positif. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk mengembangkan self-concept siswa adalah model concept attainment. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan self-concept siswa setelah mendapatkan model pembelajaran concept attainment.  Penelitian ini berbentuk one shot case study. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa di salah satu SMK di Kabupaten Garut. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling dan diperoleh satu kelas sebagai sampel penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket self-concept. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh kesimpulan bahwa interpretasi self-concept siswa setelah mendapatkan model pembelajaran concept attainment termasuk dalam kategori baik.

References

Siswa masih kurang memiliki self-concept yang positif. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk mengembangkan selfconcept siswa adalah model concept attainment. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan selfconcept siswa setelah mendapatkan model pembelajaran concept attainment. Penelitian ini berbentuk one shot case study. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa di salah satu SMK di Kabupaten Garut. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling dan diperoleh satu kelas sebagai sampel penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket self-concept. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh kesimpulan bahwa interpretasi self concept siswa setelah mendapatkan model pembelajaran concept attainment termasuk dalam kategori baik.

Downloads

Published

2015-05-30

How to Cite

Sumartini, T. S. (2015). Mengembangkan Self Concept Siswa Melalui Model Pembelajaran Concept Attainment. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 48–57. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v4i2.328

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.