Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Dengan Menggunakan Media Domat

Authors

  • Imas Komariah SMP Negeri 2 Tarogong Kidul
  • Rostina Sundayana STKIP Garut

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i3.455

Keywords:

Aktivitas belajar, Domino Matematika, Learning Activities, Domino Mathematics

Abstract

Sebagian besar siswa SMP menganggap bahwa matematika merupakan mata pelajaran yang sulit dipelajari dan membosankan. Salah satu penyebabnya adalah karena matematika bersifat abstrak serta pemilihan metode pembelajaran yang kurang tepat. Hal ini menjadi tantangan bagi para guru matematika untuk dapat menggunakan media pembelajaran yang dapat melibatkan siswa secara aktif belajar matematika, sehingga para siswa merasa senang belajar matematika. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan media permainan DOMAT dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IX-A SMP Negeri 2 Tarogong Kidul. Adapun hasil penelitian ini adalah pada siklus I belum menunjukkan tercapainya indikator keberhasilan yang ditetapkan, yaitu jumlah siswa yang aktif sebanya 75% (27 orang). Artinya, pelaksanaan tindakan pada siklus pertama belum berhasil dan harus dilanjutkan ke siklus berikutnya dengan perbaikan tindakan yang dianggap menjadi penyebab ketidakberhasilan. Pada siklus II sudah menunjukkan tercapainya indikator keberhasilan yang sudah ditetapkan, yaitu jumlah siswa yang aktif pada setiap pertemuan 75%. Artinya, pelaksanaan tindakan pada siklus II sudah berhasil. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan media permainan domat merupakan salah satu cara atau strategi untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika.

Most junior high school students consider that math is a difficult subject to learn and bore. One reason is that mathematics is abstract and the choice of less precise learning method. It is a challenge for math teachers to be able to use instructional media that can involve students actively learning math, so that students feel happy learning math. The purpose of this classroom action research is to find out whether the use of DOMAT game media can improve the learning activity of grade IX-A students of SMP Negeri 2 Tarogong Kidul. The result of this study is that in cycle I has not shown the achievement of the established success indicators, i.e. the number of active students is 75% (27 people). That is, the implementation of the action in the first cycle has not been successful and should proceed to the next cycle with the improvement of the action considered to be the cause of the unsuccessfulness. In the second cycle has shown the achievement of a predetermined success indicator, i.e. the number of students who are active at each meeting 75%. That is, the implementation of action in cycle II has been successful. Thus, it can be concluded that the use of domat game media is one way or strategy to increase student activity in learning mathematics.

References

Djamarah, S.B., Zain, A. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Kemp, J.E. dan Dayton, D.K. (1985). Planning and producing instructional media (5th ed). New York: Harper & Row Publisher Cambridge.

Mulyono, A.M. (2001). Kamus Besar Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka

Ruseffendi, E. T. (1992). Pengantar Kepada Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Saefudin, A. (2012). Penerapan Metode Permainan Menggunakan Kartu Kosakata dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa V SD. AbstrakPenelitian FKIP UNS Surakarta. Diakses dari: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdkebumen/article/view/284. [2 Oktober 2016]

Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Bandung: Refika Aditama.

Sundayana, R. (2014). Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.

Suyitno, A. (2001). Pendidikan Matematika I. Semarang : F Mipa Unnes

Tedjasaputra, M. (2007). Bermain Mainan dan Permainan. Jakarta : Grasindo.

Downloads

Published

2017-05-30

How to Cite

Komariah, I., & Sundayana, R. (2017). Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Dengan Menggunakan Media Domat. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 323–332. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i3.455

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

<< < 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.