Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Sikap Siswa terhadap Model Pembelajaran Kooperatif Tipe AIR dan Probing-Prompting

Authors

  • Gina Nur Azizah STKIP Garut
  • Rostina Sundayana STKIP Garut

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i3.420

Keywords:

Pemecahan masalah matematis, AIR, Probing-Prompting

Abstract

Matematika masih dianggap sulit bagi kebanyakan siswa. Hal itu menyebabkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa masih rendah. Salah satu penyebabnya adalah penerapan model pembelajaran yang kurang tepat. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji perbedaan pencapaian dan kualitas peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis serta sikap siswa antara siswa yang mendapatkan model pembelajaran kooperatif tipe Auditory Intellectually Repetition (AIR) dengan tipe Probing-Prompting. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen. Instrumen yang digunakan berbentuk soal uraian, angket, dan lembar observasi. Materi yang digunakan adalah Persamaan Linear Dua Variabel (PLDV). Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII di SMPN 2 Garut tahun ajaran 2015/2016 dengan sampel kelas yang dipilih yaitu kelas VIII-D dan kelas VIII-E dengan jumlah masing-masing 36 siswa. Dari hasil penelitian, diperoleh kemampuan awal dan kemampuan akhir siswa menghasilkan pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematis yang sama, namun peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis pada kelas AIR mendapatkan peningkatan yang sedang, sedangkan pada kelas Probing-Prompting mendapatkan peningkatan yang tinggi. Adapun sikap siswa terhadap kedua model pembelajaran menghasilkan respon yang sama yaitu tergolong baik.

References

Mahmud, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: CV. Pustaka Setia, 2011.

H. E. T. Ruseffendi, Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA, Bandung: PT. Tarsito Bandung, 2006.

W. Susilawati, Belajar dan Pembelajaran Matematika, Bandung: CV. Insan Mandiri, 2014.

H. Hendriana dan U. Soemarmo, Penilaian Pembelajaran Matematika, Bandung: PT. Refika Aditama, 2014.

U. Soemarmo, Berpikir dan Disposisi Matematik serta Pembelajarannya. Bandung: Jurusan Pendidikan Matematika FPMIPA UPI, 2013.

D. Arradian, (2015, Juni). Ajarkan Bahasa Matematika Mudah [Online]. Tersedia: http://www.koran-sindo.com/read/994672/152/ajarkan-bahasa-matematika-mudah-1430189249.

R. Keswara, (2015, Juli). Pembelajaran matematika di Indonesia masuk peringkat rendah [Online]. Tersedia: http://nasional.sindonews.com/read/804091/15 pembelajaran-matematika-di-indonesia-masuk-peringkat-rendah-1384111047. [16, 2013.

Rusman, Model-Model Pembelajaran, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2012.

M. Huda, Model-model Pengajaran dan Pembelajaran, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013.

Sihalolo, 2012

Downloads

Published

2016-09-30

How to Cite

Nur Azizah, G., & Sundayana, R. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Sikap Siswa terhadap Model Pembelajaran Kooperatif Tipe AIR dan Probing-Prompting. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 305–314. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i3.420

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

<< < 23 24 25 26 27 28 

You may also start an advanced similarity search for this article.