Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa melalui Pembelajaran Mood, Understanding, Recall, Detect, Elaborate, and Review
DOI:
https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i1.531Keywords:
Kemampuan Berpikir Kreatif, Model Pembelajaran MURDER, kuasi eksperimen, purposive samplingAbstract
Kemampuan berpikir kreatif merupakan aspek kognitif yang penting dalam pembelajaran matematika. Peningkatan kemampuan tersebut perlu didukung oleh model pembelajaran yang tepat yang salah satunya adalah model pembelajaran Mood, Understanding, Recall, Detect, Elaborate, and Review (MURDER). Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis pencapaian dan peningkatan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa yang mendapatkan pembelajaran MURDER dengan konvensional, serta mengetahui interpretasi peningkatan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa dari kedua kelas. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuasi eksperimen. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling dengan mengambil sampel sebanyak dua kelas di Institut Pendidikan Indonesia. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dengan menggunakan uji gain ternormalisasi dan Mann Whitney. Adapun hasil penelitian yaitu Pencapaian dan peningkatan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa yang mendapatkan model pembelajaran MURDER lebih baik dibandingkan dengan konvensional dengan interpretasi peningkatan pada kategori sedang.
References
Birgili, B. (2015). Creative and Critical Thinking Skills in Problem-based Learning Environments. Gifted Education and Creativity, 2(2), 71–80. https://doi.org/10.18200/JGEDC.2015214253
Cohen, L., Manion, L., Lecturer, P., Morrison, K., & Lecturer, S. (2007). Research Methods in Education.
Dettmers, S., Trautwein, U., Lüdtke, O., Goetz, T., Frenzel, A. C., & Pekrun, R. (2011). Students ’ emotions during homework in mathematics : Testing a theoretical model of antecedents and achievement outcomes. Contemporary Educational Psychology, 36(1), 25–35. https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2010.10.001
Febriani, S. & Ratu, N. (2018). Profil Proses Berpikir Kreatif Matematis Siswa dalam Pemecahan Masalah Open-Ended Berdasarkan Teori Wallas. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 39-50.
Filsaime, D. . (2008). Menguak Rahasia Berpikir Kritis dan Kreatif. Jakarta: Prestasi Pustakarya.
Hake. (1999). Analizing. [Online]. Tersedia: http://www.physics.indiana.edu/~sdi/AnalyzingChange-Gain.pdf.
Kaufman, J. C., & Baer, J. (2004). Sure, I’m Creative—But Not in Mathematics!: Self-Reported Creativity in Diverse Domains. Empirical Studies of the Arts, 22(2).
Kim, K. H. (2006). Can We Trust Creativity Tests ? A Review of the Torrance Tests of Creative Thinking ( TTCT ) Can We Trust Creativity Tests ? A Review of the Torrance Tests of Creative Thinking ( TTCT ). Creativity Research Journal, 18, 3–14. https://doi.org/10.1207/s15326934crj1801
Mahmudi, A. & Saputro, B. A. (2016). Analisis Pengaruh Disposisi Matematis, Kemampuan Berpikir Kreatif, dan Persepsi pada Kreativitas terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 205-212.
Sak, U., & Maker, C. J. (2006). Developmental Variation in Children â€TM s Creative Mathematical Thinking as a Function of Schooling , Age , and Knowledge Developmental Variation in Children ’ s Creative Mathematical Thinking as a Function of Schooling , Age , and Knowledge. Creativity Research Journal, 18, 279–291. https://doi.org/10.1207/s15326934crj1803
Sternberg, R. J. (2003). Creative Thinking in the Classroom Creative. Educational Research, 47. https://doi.org/10.1080/00313830308595
Sumartini, T. S. (2017). Pembelajaran Mood , Understand , Recall , Detect , Elaborate, and Review (MURDER) Berbasis Proyek Dalam Pembelajaran Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 397–406.
Williams, G. (2002). Identifying Tasks that Promote Creative Thinking in Mathematics : A Tool. Aukland New Zealand.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.