Etnomatematika: Pengenalan Bangun Datar Melalui Konteks Museum Negeri Sumatera Selatan Balaputera Dewa

Authors

  • Lisnani Musi Charitas Catholic University
  • Zulkardi Sriwijaya University
  • Ratu Ilma Indra Putri Sriwijaya University
  • Somakim Sriwijaya University

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i3.618

Keywords:

Etnomatematika, bangun datar, konteks, Museum Negeri Sumatera Selatan Balaputera Dewa

Abstract

Etnomatematika merupakan integrasi antara kebudayaan dan matematika sebagai salah satu usaha memperkenalkan budaya dan matematika secara bersamaan. Salah satu bentuk etnomatematika misalnya bangun bersejarah di kota Palembang yaitu Museum Negeri Sumatera Selatan Balaputera Dewa. Tujuan penelitian ini yaitu mengeksplorasi hubungan antara matematika dan budaya dalam seni arsitektur pada Museum Negeri Sumatera Selatan Balaputera Dewa dan mengenalkan konsep bangun datar melalui konteks Museum Negeri Sumatera Selatan Balaputera Dewa. Penelitian ini tergolong deskriptif kualitatif dengan studi pustaka. Subjek penelitian adalah salah seorang petugas Museum. Data dikumpulkan menggunakan prinsip etnografi melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data berupa hasil wawancara dan dokumentasi yang dikaitkan dengan kebudayaan dan matematika. Hasil penelitian ini yaitu eksplorasi hubungan antara matematika dan budaya, terutama dalam seni arsitektur pada Museum Negeri Sumatera Selatan Balaputera Dewa dan adanya konsep matematika yaitu bangun datar dari eksplorasi Museum Negeri Sumatera Selatan Balaputera Dewa.

References

Afriansyah, E. A. (2014). Addition and Substraction Numbers up to 10 through PMRI for SD/MI Level Students. International Postgraduate Colloqium of Research in Education 3rd IPCoRE.

Afriansyah, E. A., & Dahlan, J. A. (2017). Design Research in Fraction for Prospective Teachers. the 5th SEA-DR (South East Asia Development Research) International Conference 2017 (SEADRIC 2017). Advances in Social Science. Education, 100, 91-97.

Brandt, A., & Chernoff, E. (2015). The Importance of Ethnomathematics in the Math Class. Ohio Journal of School Mathematics, 71(71), 31–37.

Cahirati, P. E. P., Makur, A. P., & Fedi, S. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika yang Menggunakan Pendekatan PMRI. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 227-238.

Dewita, A., Mujib, A., & Siregar, H. (2019). Studi Etnomatematika tentang Bagas Godang sebagai Unsur Budaya Mandailing di Sumatera Utara. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 1-12.

Ditasona, C. (2018). Ethnomathematics Exploration of the Toba Community: Elements of Geometry Transformation Contained in Gorga (Ornament on Bataks House). Journal of Physics: Conference Series, 335, 012042.

Fitriani, S., Somakim, Hartono, Y. (2018). Eksplorasi Etnomatematika pada Budaya Masyarakat Jambi Kota Seberang. Journal of Medives, 2(1), 137–144.

Haris, D., & Putri, R.I.I. (2011). The role of context in third graders’ learning of area measurement. Journal on Mathematics Education, 2(1), 55–66.

Haryanto, Nusantara, T., Subanji, & Rahardjo, S. (2017). Ethnomathematics In Arfak (West Papua-Indonesia): Numeracy of Arfak. International Journal of Scientific & Technology Research, 6(09), 325–327.

Khalil, M., Farooq, R. A., Cakiroglu, E., Khalil, U., & Khan, M. D. (2018). The development of mathematical achievement in analytic geometry of grade-12 student through geogebra activities. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology education, 14(4), 14531463.

Lisnani & Asmaruddin, S.N. (2018). Desain Buku Ajar Matematika Bilingual Materi Bangun Datar Menggunakan Pendekatan PMRI Berkonteks Kebudayaan Lokal. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 345–356.

Lisnani. (2020). Developing Teaching Materials Two-Dimensional Figure-Based on Palembang Local Cultural Context. Journal of Physics: Conference Series, 1470, 012063.

Maryati, M., & Prahmana, R.C.I. (2018). Ethnomathematics: Exploring the activities of designing Kebaya Kartini. Jurnal MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 6(1), 11–19.

Mulyani, E., & Natalliasari, I. (2020). Eksplorasi Etnomatematik Batik Sukapura. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 131-142.

Muslim, S. K., & Prabawati, S. R. (2020). Studi Etnomatematika terhadap Para Pengrajin Payung Geulis Tasikmalaya. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 59-70.

Nisiyatussani, Ayuningtyas, V., Fathurrohman, M., & Anriani, N. (2018). Geogebra Applets Design and Development for Junior High School Students to Learn Quadrilateral Mathematics Concepts. Journal on Mathematics Education, 9(1), 27-40.

Ogunkunle, R.A., & George, N.R. (2015). Integrating ethnomathematics into secondary school mathematics curriculum for effective artisan creative skill development. European Scientific Journal, 11(3), 386–397.

Prabawati, M.N. (2016). Etnomatematika masyarakat pengrajin anyaman rajapolah kabupaten tasikmalaya. Infinity Journal, 5(1), 25–31.

Prahmana, R.C.I., Kusumah, Y.S., & Darhim. (2017). Didactic trajectory of research in mathematics education using research-based learning. Journal of Physics: Conference Series, 893, 012001.

Rahmatina, D. (2017). Penggunaan perangkat pembelajaran geometri ruang berbasis ICT untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 57-68.

Rahmiati, R., Musdi, E., & Fauzi, A. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 267-272.

Risdiyanti, I., & Prahmana, R.C.I. (2017). Ethnomathematics: Exploration in Javanese culture. Journal of Physics: Conference Series, 943, 012032.

Rosa, M. & Orey, D. C. (2016). Humanizing Mathematics through Ethnomodelling. Journal of Humanistic Mathematics, 6(2), 1–21.

Sari, E. F. P., Somakim, & Hartono, Y. (2018). Etnomatematika pada Kebudayaan Rumah Adat Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan. Journal of Medives, 2(1), 137–144.

Sarumaha, Y. A., Putri, R. I. I., & Hartono, Y. (2018). Percentage Bar: A Model for Helping Fifth Grade Students Understand Percentages. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 155-166.

Sundawan, M. D., Irmawan, W., & Sulaiman, H. (2019). Kemampuan Berpikir Relasional Abstrak Calon Guru Matematika dalam Menyelesaikan Soal-Soal Non-Rutin pada Topik Geometri Non-Euclid. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 319-330.

Supiyati, S., Hanum, F., & Jailani. (2019). Ethnomathematics in Sasaknese Architecture. Journal on Mathematics Education, 10(1), 47–58

Suryaningrum, C. W., Purwanto, Subanji, & Susanto, H. (2020). Semiotic Reasoning Emerges in Constructing Properties of A Rectangle: A Study of Adversity Quotient. Journal on Mathematics Education, 11(1), 95-110

Utami, R. P. (2018). 5 Tempat Paling Bersejarah di Palembang, Jembatan Ampera, Benteng Kuto Besak hingga Tugu Belido. Tersedia: https://palembang.tribunnews.com/2018/11/06/5-tempat-paling-bersejarah-di-palembang-jembatan-ampera-benteng-kuto-besak-hingga-tugu-belido.

Van de Walle, J. A., Karp, K. S., & Williams, J. M. (2010). Elementary and Middle School Mathematics. Boston: Pearson.

Zulkardi & Putri, R. I. I. (2006). Mendesain Sendiri Soal Kontekstual Matematika. Prosiding Konferensi Nasional Matematika XIII. Semarang.

Downloads

Published

2020-09-30

How to Cite

Lisnani, Zulkardi, Putri, R. I. I., & Somakim. (2020). Etnomatematika: Pengenalan Bangun Datar Melalui Konteks Museum Negeri Sumatera Selatan Balaputera Dewa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 359–370. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i3.618

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 17 18 19 20 21 22 

You may also start an advanced similarity search for this article.