Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematik melalui Pendekatan Problem Posing dalam Pembelajaran Matematika di SMA

Authors

  • Deddy Sofyan STKIP Garut
  • Sukanto Sukandar Madio STKIP Garut

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i1.432

Keywords:

Problem Posing, Pemecahan Masalah, Komunikasi Matematika

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa SMA dalam pemecahan masalah dan komunikasi matematik melalui pendekatan problem posing dalam pembelajaran matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa di salah satu SMA Negeri di Kabupaten Garut. Sampel penelitian dipilih secara acak berdasarkan kelas, sampelnya adalah kelas XII IPA 1 yang mendapat pembelajaran menggunakan pendekatan problem posing dan siswa kelas XII IPA 3 yang mendapat pembelajaran konvensional. Simpulan hasil penelitian ini adalah bahwa dalam pembelajaran matematika di SMA: 1. Kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang mendapatkan pendekatan problem posing lebih baik dibandingkan dengan konvensional, 2. Tidak terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematik antara siswa yang mendapatkan pendekatan problem posing dengan konvensional, 3. Tidak terdapat kaitan yang signifikan antara kemampuan pemecahan masalah matematik dengan kemampuan komunikasi matematik pada siswa yang mendapatkan pendekatan problem posing.

References

Abu-Elwan, R. (2000). Effectiveness of Problem Posing Strategies on Perspective Mathematics Teachers’ Problem Solving Performance. [Online] Tersedia http://math.unipa.it/~grim/AAbuElwan1-6. [7 September 2007].

Brown, S., & Walter, M. I. (1990). The Art of Problem Posing. Philadelphia, PA: Franklin Institute Press.

English, L. D. (1997). Promoting a Problem-posing Classroom, Teaching Children Mathematics, 3, pp. 172-179.

Herman, T. (2006). Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematika Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Disertasi pada PPS Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung: Tidak Diterbitkan.

Hulukati, E. (2005). Mengembangkan Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP melalui Model Pembelajaran Generatif.. Disertasi pada PPS Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung: Tidak Diterbitkan.

Kadir (2010). Penerapan Pembelajaran Kontekstual Berbasis Potensi Pesisir Sebagai upaya Peningkatan kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Komunikasi Matematika, dan Keterampilan Sosial Siswa SMP. Disertasi. Bandung: SPS UPI.

Lin, P.J. (2004). Suporting Teachers On Designing Problem-Posing Task As A Tool Of Assessment To Understand Students’ Mathematical Learning. Proceedings of the 28th Conference of the International Group for the Psychology of Mathematics Education, 2004 Vol 3 pp 257–264 Taiwan: National Hsin-Chu Teachers College.

Lin,C., Huang, H. (2007). The Comparison of Problem-based Learning (PmBL) Model and Project-based Learning (PtBL) Model. International Conference on Engineering Education – ICEE 2007 (September 3 – 7, 2007). http://www.ineer.org/Events/ICEE2007/papers/179.pdf. [online]. Tersedia. 9-9-2010.

Lubienski, S.T. (2000). Problem Solving as Means Towards Mathematics for All: An Exploratory Llok Through a Class lens. Journal for Research in Mathematics Education. 31 94), 454-482.

NCTM - National Council of Teachers of Mathematics (2000). Principles and standards for school mathematics. Reston, VA: NCTM.

Nurjanah (2009). Problem Posing Approach in Mathematics In Acceleration Class At SMAN 1 Sumedang Through Lesson Study. Disajikan pada the 2nd International Conference on Lesson Study (ICLS). UPI: FPMIPA

Ruseffendi, E.T. (1998). Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non-Eksakta Lainnya. Semarang: IKIP Semarang Press.

Silver, E.A., Mamona-Downs, J., Leung. S.S., & Kenny, P.A. (1996). Posing Mathematical Problems In A Complex Task Environment: An Exploratory Study. Journal For Research In Matematics Education, 27 (3), 293-309.

Silver, E. A. & Cai, J. (1996). An analysis of arithmetic problem posing by middle school students. Journal for Research in Mathematics Education, Vol27(5), pp.521-539.

Sriraman, Pantazi, dan Pittalis, et.al (2005). An Empirical Taxonomy of Problem Posing Processes. ZDM 2005 Vol. 37 (3). Cyprus: Departement of Education University of Cyprus.www.umt.edu/math/reports/sriraman/Int_reviews_Preprint_Cyprus_Sriraman.pdf. online. 20 juni 2011.

Downloads

Published

2017-01-31

How to Cite

Sofyan, D., & Sukandar Madio, S. (2017). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematik melalui Pendekatan Problem Posing dalam Pembelajaran Matematika di SMA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 93–104. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i1.432

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

<< < 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.