Analisis Miskonsepsi Siswa SMP pada Materi Operasi Hitung Bentuk Aljabar

Authors

  • Herikeu Meidia Sari IPI Garut
  • Ekasatya Aldila Afriansyah IPI Garut

DOI:

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i3.626

Keywords:

kemampuan pemahaman konsep, miskonsepsi, operasi hitung bentuk aljabar, metode kualitatif

Abstract

Rendahnya kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi operasi hitung bentuk aljabar menjadi salah satu permasalahan yang ditemui saat belajar materi Aljabar. Banyak miskonsepsi yang ditemukan pada materi operasi hitung bentuk aljabar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk miskonsepsi yang dialami siswa pada materi operasi hitung bentuk aljabar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Cibatu kelas VII-H yang berjumlah sebanyak 32 siswa dengan 3 siswa dipilih secara purposive sampling untuk dijadikan partisipan pilihan. Teknik analisis data secara deskriptif melihat hasil jawaban siswa, hasil wawancara, serta dokumentasi menggunakan model Miles and Huberman, sehingga triangulasi data terpenuhi. Dari hasil penelitian ditemukan beberapa miskonsepsi yang dialami siswa pada materi operasi hitung bentuk aljabar yang dikategorikan dalam empat jenis, diantaranya miskonsepsi generalisasi, miskonsepi notasi, miskonsepsi pengartian huruf dan misonsepsi aplikasi aturan. Diketahuinya keempat miskonsepsi ini diharapkan guru-guru dapat lebih waspada saat mengajar materi aljabar terhadap keempat miskonsepsi ini.

References

Afriansyah, E. A. (2012). Design Research: Konsep Nilai Tempat pada Penjumlahan Bilangan Desimal (Doctoral dissertation, Tesis yang tidak dipublikasikan berasal dari Beasiswa DIKTI dengan program IMPoME (International Master Program on Mathematics Education). Universitas Sriwijaya Palembang–Universitas UTRECHT Belanda).

Afriansyah, E. A. (2013). Design Research: Mengukur Kepadatan Bilangan Desimal. In Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi (Vol. 1).

Afriansyah, E. A. (2014). Addition and Substraction Numbers up to 10 through PMRI for SD/MI Level Students. International Postgraduate Colloqium of Research in Education 3rd IPCoRE.

Afriansyah, E. A. (2015). Students' Misconception in Decimal Numbers. In International Seminar on Teacher Education 1st ISTE UIN Suska Riau.

Afriansyah, E. A. (2016). Enhancing Mathematical Problem Posing via Realistic Approach. International Seminar on Mathematics. Science, and Computer Science Education MSCEIS.

Afriansyah, E. A., Puspitasari, N., Luritawaty, I. P., Mardiani, D., & Sundayana, R. (2019, December). The analysis of mathematics with ATLAS. ti. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1402, No. 7, p. 077097). IOP Publishing.

Clement, J. (1982). Algebra word problem solutions: Thought processes underlying a common misconception. Journal for research in mathematics education, 16-30.

Efendi, M. A. (2017). Miskonsepsi Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) pada Pokok Bahasan Bentuk Aljabar. (Skripsi). Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Herutomo, R. A. (2017). Miskonsepsi Aljabar: Konteks Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 1-8.

Herutomo, R. A., & Saputro, T. E. M. (2014). Analisis Kesalahan dan Miskonsepsi Siswa Kelas VIII pada Materi Aljabar. Edusentris, Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran, 1(2), 134-145.

Iryani, I., Tandililing, E., & Hamdani, H. (2018). Remediasi Miskonsepsi Siswa dengan Model Pembelajaran Children Learning in Science (CLiS) Berbantuan Simulasi PhET. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(4).

Jumadi, S., & Hamdani, H. (2018). Menggali Miskonsepsi Siswa SD tentang Tata Surya Secara Lisan dalam Bahasa Dayak Suaid. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(5).

Muntikoh, N. (2017). Strategi pembelajaran pencapaian konsep dalam pembelajaran matematika untuk meminimalisasi miskonsepsi matematika siswa (Bachelor's thesis).

Nurmawanti, I., & Sulandra, I. M. (2020). Exploring of Student’s Algebraic Thinking Process through Pattern Generalization using Similarity or Proximity Perception. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 191-202.

Pendidikan, B. S. N. (2006). Standar isi. Jakarta: BSNP.

Ramadhani, W. H., Hartoyo, A., & Mirza, A. (2015). Miskonsepsi Siswa Pada Materi Operasi Pada Bentuk Aljabar Kelas VII SMP Haebat Islam (Doctoral dissertation, Tanjungpura University).

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Alfabeta.

Utami, R. (2017). Analisis Miskonsepsi Siswa dan Cara Mengatasinya pada Materi Bentuk Aljabar Kelas VII-C SMP Negeri 13 Malang. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 37-44.

Wahyuni, T. N., Yusmin, E., & Suratman, D. (2016). Miskonsepsi Siswa pada Penjumlahan dan Pengurangan Bentuk Akar di Kelas X SMKN 1 Pontianak (Doctoral dissertation, Tanjungpura University).

Downloads

Published

2020-09-30

How to Cite

Sari, H. M., & Afriansyah, E. A. (2020). Analisis Miskonsepsi Siswa SMP pada Materi Operasi Hitung Bentuk Aljabar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 439–450. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i3.626

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

<< < 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.